by

Apresiasi Pembecak, Bupati Safrial Berikan Bonus Jutaan Rupiah Pemenang Lomba Balap Becak Kayuh

-Advetorial-271 views
= 277

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Bupati Tanjab Barat H. Safrial mengharapkan keberadaan transportasi tradisional becak kayut tetap dipertahankan oleh masyarakat Kuala Tungkal Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjab Barat.

Menurut beliau dalam sejarahnya, becak merupakan angkutan manusia dan barang termasuk paling lama dan paling tua di Kuala Tungkal sudah turun temurun hingga sekarang. Selain ramah lingkungan becak juga bagian dari kearifan lokal.

“Dari dulu becak ini sudah ada di Kuala Tungkal, selain murah, ramah lingkungan dan pemiliknya juga bermanfaat sebagai alat olahraga,” ungkap Bupati H. Safrial di sela menyakisakan Balap Becak Kayuh yang dilaksanakan Dinas Perhubungan, Minggu (12/8/18).

Karena itu secara pribadi Bupati memberikan bonus tersendiri bagi abang becak peserta lomba. Mereka masih mempertahankan becak sebagai bagian dari usaha mereka.

“Saya apresiasi kepada masyarakat yang masih mempertahankan becak mereka,” ujar Bupati.

Diceritakan Bupati H. Safrial, Jika dilihat sebagai fenomena budaya, tentu Pemerintah akan merasa berkewajiban untuk melestarikan jenis angkutan becak. Sebab bagaimanapun modernnya transportasi masa kini, becak tetap saja merupakan bagian dari “nenek moyang transportasi.

“Sejarah zaman kolonial dan zaman kemerdekaan tidak akan terlepas dari peranan becak di dalam menggerakkan mobilitas masyarakat,” tukas Bupati.

Editor : Tim Redaksi

Print Friendly, PDF & Email