by

Bupati Imbau Lapisan Masyarakat Jaga Suasana Kondusif Selama Ramadhan

= 494

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Memasuki bulan suci Ramadhan 1439H/2018M yang telah ditetapkan pemerintaj dimulai jatuh pada Kamis 17 Mei 2018 esok.

Bupati Tanjab Barat DR. Ir. H. Safrial, MS menghimbau semua pihak para alim ulama, da’i, tokoh masyarakat, dan para pemuda dapat menjaga harmonisasi dan suasana kondusif di lingkungan masing-masing, demi tercapainya iklim yang aman dan nyaman selama Ramadhan.

Kasat Pol PP Kabupaten Tanjab Barat Syamsul Juhari membenarkan prihal Imbauan Bupati Tanjab Barat itu. Menurutnya imbauan tersebut dituangkan dalam surat imbauan Bupati Nomor : 300/1223/Pol.PP/2018 tanggal 14 Mei 2018.

“Tujuannya guna memelihara kondusifitas bulan suci Ramadan agar umat Islam dapat melaksanakan ibadan dengan khusuk dan tenang,” ungkap Syamsul Juhari, Selasa malam (15/05/18).

Menurutnya salah satu upaya mewujudkan sotuasi yang kondusif di daerah adalah dengan memperkuat dan menjalin silaturrahmi intensif sesama masyarakan.

Beberapa poin imbauan Bupati itu kata Syamsul, diantaranya agar pengelola atau pemilik tempat hiburan umum seperti warung remang-remang/kafe tempat karaoke dan sejenisnya menutup akitifitasnya agar tidak menimbulkan keresan warga selama bulan suci ramadhan,

“Kemudian pula pemilik rumah makan atau warung makan agar ditutup, dan jika membuka agar ditutup dengan tirai,” urainya.

Selanjutnya masyarakat dilarang menjual, menyalakan dan membunyikan petasan/kembang api. Pasalnya dapat mengganngu ketenanghan bahkan bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Kepada masyarakat Kabupaten Tanjab Barat yang tidak menjankan ibadah puasa, Bupati berharap agar dapat menunjukkan toleransi yang tinggi. Menghormati dan menghargai umat Islam yang akan melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan.

“Mari kita jaga kerukunan yang sudah ter bina selama ini sambil tetap waspada terhadap berbagai ancaman yang dapat mengganggu indahnya kebersamaan yang telah terbina baik,” ucap Syamsul. Apalagi lanjut Syamsul saat ini banyak sekali informasi yang berkembang terkadang sangat jauh dari fakta yang sebenarnya,” tukasnya.

Editor : Tim Redaksi

Comments on Facebook

Berita Terbaru