by

Bupati Safrial, Pawai Takbiran Momentum Membangun 3 Ukhuwah di Tanjab Barat

= 293

LITASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Bupati Tanjab Barat DR. Ir. H. Safrial, MS mengungkapkan selain melestarikan tradisi daerah dan agenda rutin Pemkab Tanjab Barat setiap tahunnya. Pelaksanaan Festival Pawai Takbiran Keliling malah Hari Raya Idul Fitri 1439 H adalah sebagai momentuk membanguna dan menguatkan kembali 3 Ukhuwah di daerah itu.

“Ketiga ukhuwah yang dimaksudkan itu ialah Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyan dan Ukhuwah Insaniyah,” ungkap Bupati H. Safrial kepada awak media usai melepas Pawai Takbiran di Halaman Rumah Jabatan Bupati, Kamis (14/06/18).

“Dengan ukhuwah Insaniyah, kita merasa dan mengakui bahwa seluruh umat manusia di dunia adalah saudara kita. Tidak ada perbedaan yang menjadi dasarnya untuk saling bermusuhan, karena tidak ada satu manusiapun yang hidup dalam keabadian,” tutur Bupati.

Menurut Bupati, jika ketiga ukhuwah tersebut dilaksanakan dengan baik niscaya sebuah persatuan dan kesatuan bangsa akan terbina dengan Kabupaten Tanjab Barat ini.

“Oleh karena itu saya tekankan festival takbiran ini tidak semata mengejar juara atau nama bagi sekelompok. Melainkan yang tertemting sebagai ajang silaturahmi dan menjaga ukhuwah yang telah tertanam dan terbina dengan baik di daerah ini,” ujarnya.

Kemudian kita berharap, dengan lantunan gema takbir dan tahmid di malam ini. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan kedamaian dan kesejahteraan di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan Kabupaten Tanjab Barat.

Kepala Disparpora Kabupaten Tanjab Barat Oto Riyadi, SE menyampaikan festival pawai takbiran diikuti 16 grup. Mereka yang menang akan mendapatkan tropi bergilir dan tropi tetap serta uang pembinaan.

“Juara I sebesar Rp 10 juta, juara II Rp 8 juta, Juara III Rp 5 juta dan juara Favorit sebesar 3 juta rupiah,” katanya.

Ia menambahkan para pemenang akan diumumkan esok usai pelaksanaan solat idul fitri di Masjid Agung Al-Istiqamah Kuala Tungkal.

Editor : Tim Redaksi

Comments on Facebook

Berita Terbaru