by

Cuaca Tak Menentu di Perairan, Ini Imbauan Polisi Perairan dan Udara Polres Tanjab Barat

-Berita-451 views
= 1104

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Kepolsian Resor Tanjab Barat melalui Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) menghimbau pengusaha kapal maupun speed boad untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengutamakan keselamatan dalam pelayaran.

Kapolres Tanjab Barat AKBP ADG Sinaga, S.IK melalui Kasat Polairud IPTU Syaiful Anwar mengatakan hal itu. Menurutnya imbauan tersebut terkait musim hujan dan cuaca yang tak menentu yang sedang berlangsung saat ini di wilayah perairan Kabupaten Tanjab Barat dan sekitarnya.

“Kita mengimbau para pemilik kapal, nakhoda dan operator kapal agar selalu memperhatikan prakiraan cuaca. Sebab kondisi semacam ini bisa menimbulkan gelomang esar dan angiin kencang,” ungkap IPTU Syaiful Anwar saat melaksanakan patroli dialogis di kawasan Pelauhan LASDP Kuala Tungkal, Sabtu pagi (17/03/18).

Kasat Polairud juga menyatakan agar kapal tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas. Nakhoda berhak menolak keberangkatan jika mengetahui kapal tidak memenuhi persyaratan kelaikan,” katanya.

Selanjutnya, mengurangi kecepatan ketika memasuki kawasan rawan, para penumpang dilarang duduk di bagian atas kapal dan tidak memaksa ikut berangkat jika kapal sudah tidak sesuai kapasitas.

“Itu semua demi keselamatan bersama selama melakukan pelayaran apakah dalam Kabupaten Tanjab Barat maupun antar Provinsi,” tegas Syaiful Anwar.

Editor : Tim Redaksi