by

Hadapi Seleksi CPNS 2018; Calon Pelamar Diminta Latihan CAT, Ini Alamatnya

-Berita-246 views
= 248

KUALATUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Hampir seluruh daerah pada Penerimaan CPNS tahun 2018 menginginkan yang lulus seleksi ini adalah putra putri daerah masing-masing. Hal itu mengingat sedikitnya formasi yang diberikan untuk daerah. Tak terkecuali di Kabupaten Tanjab Barat.

Namun rekrutmen CPNS 2018 Pemerintah membuka secara nasional calon pelamar siapa dan dari mana saja bisa ikut tes pada ketersedian formasi di daerah yang diinginkan. Sehingga menimbulkan banyak kekhawatiran pemda, putra putri daerah justu tak tercover alias tersingir.

Untuk menyikapi hal tersebut Pemkab Tanjab Barat akan melayangkan surat ke MenPANRB dan BKN agar pelamar CPNS daerah itu menyertakan KTP. Hal itu diungkapkan oleh Sekda Tanjab Barat Drs. H. Drs. H. Ambok Tuo, MM saat konferensi pers mengumumkan jumlah formasi CPNS Kabupaten Tanjab Barat 2018 di ruang kerjanya, Senin (10/09/18).

Sementara, Kepala BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat, Drs. Encep Jarkasih menyarankan agar para pelamar CPNS lebih banyak melakukan latihan atau tryout baik terkait CAT maupun cara pendaftaran.

“Karena pendaftaran CPNS tahun ini dilakukan secara online, demikian juga saat tes menggunakan Sistem Computes Asissted Test (CAT),” kata Encep Jarkasih, Rabu (12/09/18).

Encep menjelaskan Soal CAT CPNS dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan 3 jenis bidang pengujian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Waktu pengerjaan ujian TKD sistem CAT biasanya adalah 90 menit.

“Pembobotannya dari 3 kategori tersebut bisa dilihat pada Peraturan MenPANRB Nomor 37 Tahun 2018,” bebernya.

Dikarenakan proses seleksi CPNS sekarang ini berbasis sistem CAT, maka mau tidak mau para calon peserta minimal wajib mengetahui apa dan bagaimana sistem CAT bekerja.

Terkait latihan atau tryout CAT, lanjut Encep, sebenarnya BKN telah menyediakan layanan simulai tes CAT secara gratis di laman cat.bkn.go.id

Atau juga bisa latihan dihalamaan Latihan CAT CPNS

“Tidak ada salahnya untuk mempelajari bagaimana mekanisme kerja dari sistem CAT ini,” tandasnya.

Editor : Tim Redaksi

Print Friendly, PDF & Email