by

Hadapi Tes SKD, Calon Taruna STTD Tanjab Barat Dibekali Try Out Computer Assisted Test

-Advetorial-1,396 views
= 2798

LINTASTUNGKAL.COM, JAMBI – Rangkaian kegiatan pembekalan dan pembinaan calon mahasiswa Taruna Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Pola Pembibitan Kabupaten Tanjab Barat secara terpadu tahun 2018 terus berjalan.

Salahsatunya pembekalan berupa bimbel yang langsung dikalborasi dengan latihan Computer Asissted Test (CAT) guna menghadapi seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Senin 14-18 April esok.

Sedikitnya 36 orang calon mahasiswa taruna STTD terdiri dari 25 pria dan 11 wanita mengikuti Tryout Computer Asissted Test (CAT) bertempat di Ruang CAT Kantor UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VII Jambi, Rabu pagi (09/05/18).

Kepala BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat Drs. Encep Jarkasih mengatakan dalam kegiatan pembekalan tes CAT calon taruna ini, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanjab Barat bekerjasama dengan Kantor UPT BKN Regional VII Jambi.

Hal itu kata Encep sebagai tindak lanjut intruksi pak Bupati Tanjab Barat H. Safrial agar para calon taruna diberikan pembekalan secara maksimal menghadapi seluruh tahapan seleksi yang sedang merjalan.

“Ini untuk membekali para calon taruna menghadapi Tes Seleksi Potensi Akademik (SKD) yang akan digelar secara nasional 14-18 Mei ini,” ungkap Encep Jarkasih.

Encep Jarkasih menjelaskan memang salah satu tahapan dalam seleksi calon mahasiswa/taruna STTD adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebagaimana diatur dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB-) No. 22/2018,

Diharapkan dengan tryout ini mereka calon taruna tidak lagi bingung atau tegang saat tes nanti. Dimana kata Encep Jarkasih Ujian system CAT ini dilaksanakan dengan real time dimana para orang tua peserta akan memonitor secara langsung nilai peserta melalui layar monitor.

“Jadi Tes akademi melalui sistem CAT, agar masyarakat mengetahui penerimaan calon taruna ini, sama sekali tidak ada unsur KKN, Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis serta Obyektif. Karena, kita benar-benar mewujudkan clear and clean,” tegasnya.

Selanjutnya para peserta yang memenuhi syarat dan lulus tes SKD mereka berhak untuk mengikuti tes akademi yang akan dilaksanakan dari tanggal 2-6 Juli 2018.

Kepala Kantor UPT BKN Jambi, Muhammad Andri Hfif, ST, MM, mengatakan pihaknya sangat apresiasi Pemkab Tanjab Barat khususnya BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat getol memberikan pendampingan dan bimbel kepada calon mahasiswa Taruna STTD pembibitan hingga tryout CAT di kantornya.

Lanjut Hafif melalui Permen PANRB No. 22/2018, sebagaimana dikatakan Kepala BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat Encep Jarkasih tadi, benar bahwa pemerintah telah menetapkan nilai ambang batas SKD untuk masing-masing kelompok soal. Untuk TWK minimal 75 (tujuh puluh lima), TIU minimal 80 (delapan puluh), dan TKP 143 (seratus empat puluh tiga).

“Jadi para calon taruna STTD dari Tanjab Barat setelah mengikuti simulasi CAT dapat lebih mempersiapkan diri telah dapat mengukur kemampuan sendiri untuk lebiha giat membaca agar pada saat tes SKD lebih mantap nilainya,” tukas Hafif berharap.

Turut mendamping calon taruna kemarin Kabid PKA BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat Iyal Harianto, S.IP, Kasubbid PK M. Efendi, S.Sos.I dan Staf Bidang PKA Misna dan M. Asnawi.

Editor : Tim Redaksi