by

Jelang Ramadhan, Ikatan Pemuda Desa Kemuning Lakukan Perbaikan Rumah Janda

-Advetorial-497 views
= 1123

LINTASTUNGKAL.COM, BRAM ITAM – Menjelang masuk bulan suci Ramadhan 1439 H, Ikatan Pemuda Desa Kemuning (IPDK) bersama masyarakat setempat melaksanakan perbaikan rumah seorang janda bernama Tuiyah (65) di RT 04 Dusun Permata Indah Desa Kemuning, Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjab Barat.

Kepala Desa Kemuning Santoso, SE yang ikut dalam kegiatan ini mengatakan perbaikan dilaksanakan selama 2 hari Sabtu-Minggu (12-13/05/18) kemarin meliputi bagian dapur, membuatkan teras dan WC.

“walaupun dengan dana yang minim. Tapi alhamdulillah bisa terlaksana. Cuma Listrik yang belum karena danaya tidak mencukupi,” kata Kades Kemuning, Santoso, SE.

Santoso menuturkan, bahwa Tuiyah (65) telah menjanda lebih kurang 7 tahun. Beliau juga yang menderita gangguan pendengaran. Dan anak beliau bernama DAUT (30) tahun yang kadang-kadang mengalami gangguan jiwa.

“Pada tahun lalu sempat dirawat di RSJ Jambi,” bebernya.

Menurt Santoso lagi, kegiatan perbaikan rumah Tuiyah tersebut seharusnnya dilaksanakan tahun 2017 lalu. Namun dikarenakan dananya belum mencukupi jadi baru sekarang bisa direalisasikan.

“Perbaikan ini sumber dananya berasal dari sumbangan pemuda, sumbangan masyarakat dan prangkat desa yang dikumpulkan,” ujarnya.

Menurut Santoso, pihak Pemdes Kemuning sudah 3 tahun berturut-turut mengusulkan ke pemerintah daerah. Tapi sampai saat ni belum ada program bedah rumah yang keluar. Padahal kata dia sudah berkali-kali pemda melalui kecamatan minta data rumah tidak layak huni.

“Karena itulah pemuda berinisiatif melaksanakan perbaikan melalui swadaya,” katanya.

Sementara Ketua Ikatan Pemuda Desa Kemuning, Ahmad Sahruni, berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan oleh IPDK yang beranggotakan 40 orang pemuda.

“Yang penting mendapat dukungan dari aparat desa dan masyarakat. Karena kegiatan ini bersifat sosial dan ibadah,” katanya.

Ia menuturkan kegiatan rutin Ikatan Pemuda Desa Kemuning ialah yasinan bulanan, menghimpun sumbangan untuk kegiatan sosial dan KaS.

Editor : Tim Redaksi