Published On: Sat, Jan 21st, 2017

Kecamatan Tungkal Ilir Akan Mekarkan Kelurahan Menjadi Desa

IKLAN TMMD 1
= 745
Camat Tungkal Ilir Drs. H. M. Yunus. Foto Diambil Kamis (19/1/17)

Camat Tungkal Ilir Drs. H. M. Yunus. Foto Diambil Kamis (19/1/17)

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Pemerintah Kecamatan Tungkal Ilir tahun 2017 mulai menyiapkan langkah memekarkan sejumlah kelurahan menjadi desa. Hal itu dilakukan untuk peningkatan dan pemerataan pelayanan publik guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Tahun ini kita mulai merancang memekarkan dari Delapan kelurahan dan Dua desa menjadi beberapa desa yang baru,” kata Camat Tungkal Ilir Drs. H. M. Yunus di ruang kerjanya kemarin, Kamis, (19/1/17).

BACA JUGA : Beberapa Desa dan Kelurahan Akan Dimekarkan

Dijelaskannya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa membolehkan kelurahan dimekarkan atau dirubah statusnya menjadi desa. Selain itu ada juga Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 yang mengatur pelaksanaan Undang-Undang di atas juga memperbolehkan hal yang sama.

“Sekarang bukan hanya desa yang berpeluang menjadi keluraharan, melainkan juga sebaliknya kelurahan bisa menjadi desa, meskin bedara di dalam kota,” kata Yunus.

BACA JUGA : Bupati Intruksikan SKPD Bentuk dan Manfaatkan TP4D

Namun pemekaran dimaksud kata Yunus, tidak serta dilakukan begitu saja, melainkan bagi kelurahan harus memiliki persyaratan yang memungkinkan untuk dirubah statusnya seperti pemekaran Kelurahan dan desa sebelumnya.

Kelurahan mana saja yang akan dimekarkan, Yunus belum menyebutkan, Ia menyampaikan, pihaknya saat ini baru akan melaksanakan pengumpulan data mulai dari RT hingga lurah dan kades serta study kelayakan Kelurahan mana yang sudah patut dan memenuhi persyaratan untuk dimekarkan. “Sekiranya nanti memenuhi persyaratan admisnstrsi dan layak untuk dimekarkan, baru kita sampaikan ke Pemkab,” sebutnya.

BACA JUGA : Kawasan Jalan Sirwijaya Dilarang Dirikan Tenda Untuk Hajatan

Di antara syarat-syaratnya adalah karaktristik penduduk yang ada di suatu kelurahan itu harus mendukung. Misalkan saja jika di kelurahan tersebut masih banyak pendudukunya bekerja di laut, ladanng atau pun kebun seperti yang ada di pedesaan.

Demikian juga dengan jumlah penduduk, rentang kendali dan dalan sebagainya itu dapat merubah status suatu kelurahan menjadi sebauh desa.

BACA JUGA : Dewan Apresiasi Terobosan Bupati Jadikan Pemulung TKK

“Yang paling utama adalah karaktristik penduduknya, baru kemudian ada juga rentang kendali, letak geografis dan lainnya. Dan saya rasa menajdi desa lebih baik ketimbang jadi kelurahan karena desa itu sekarang memiliki otoritas sendiri dalam membangun desanya masing-masing,” terangnya.” katanya.

Delapan kelurahan di Kecamatan Tungkal Ilir yakni Kelurahan Tungkal Harapan, Kelurahan Tungkal IV Kota, Kelurahan Tungkal III, Kelurahan Tungkal II, Kelurahan Sungai Nibung, Kelurahan Sriwijaya, Kelurahan Patunas, Kelurahan Kampung Nelayan. Dan dua desa, yaitu Desa Tungkal I dan Desa Teluk Sialang.

Editor : Tim Redaksi

Tinggalkan komentar!!!

IKLAN TMMD 1 IKLAN DPRD 1 TAHUN SAFRIAL AMIR SAKIB

About the Author

Profile photo of admin

-

Comments on Facebook

PENGUMUMAN LELANG JABATAN
Skip to toolbar