Published On: Wed, Mar 9th, 2016

Melihat Rencana Bentuk Ekowisata Mangrove Pangkal Babu

= 10325

Destinasi pariwisata Tanjung Jabung Barat akan bertambah seiring bila rencana Pemerintah Tanjung Jabung Barat terealisasi dilaksanakan pengembangan Ekowisata Wisata Mangrove, di kawasan Pantai Pangkal Babu, Desa Tungkal I, Kecamatan Tungkal Ilir, berjarak lebih kurang sekitar 15 km dari pusat kota Kuala Tungkal.

Kawasan Pantai Pangkal Babu yang dikenal dengan Mangrove dan Pasr putihnya telah cukup lama dikenal sebagai tempat yang sangat potensial dijadikan kawasan wisata bahari, tidak sedikit kalangan yang meyakini itu.

Tidak hanya pada peningkatan ekonomi masyarak dan PAD bagi Pemkab, wajah Kota Kuala Tungkal dengan sendirinya juga akan terjadi peningkatan, seiring dengan berjuluk kota wisata nantinya.

Master plan pengembangan ekowisata mangrove sudah jadi, tinggal diimplementasikan saja.

Menurut program pengembangan ekowisata mangrove seperti yang telah direncanakan dalam master plan itu tidak hanya untuk kepentingan pariwisata saja melainkan juga sebagai upaya penyelamatan lingkungan pantai dari ancaman abrasi.

Selain itu, juga memunculkan ikon wisata terpadu yang baru yang nantinya diharapkan bisa menumbuh kembangkan sektor perekonomian masyarakat.

Dalam master plan tersebut, kawasan ekowisata mangrove nantinya akan dibuat berbagai fasilitas pendukung, seperti pembuatan menara pandang, dermaga, jalan setapak menggunakan kayu berupa geladak terapung (floating deck), gazebo, tempat parkir, toko cindera mata, pelataran pentas seni outdoor, homestay, serta resto terapung dan berbagai bentuk permainan wisata. Mungkin saja sedikit banyak memiliki kemiripan seperti Ekowisata manrove yang sudah ada di Bali.

Dengan demikian wisatawan yang datang ke Kuala Tungkal mempunyai alternatif lokasi kunjungan baru, selain yang sudah ada selama ini yakni Ancol Beach, Wterfront City, wisata belanja PJ, dan objek wisata Tahunan seperti Festival Arakan Sahur, Festival Takbir Dua Hari Raya dan Haul Syekh Abdul Kadir Jailani. Menyusul pula akan penyempurnaan yang sudah ada tersebut. Yang selama ini masih dinilai belum memberikan nilai tambah yang signifikan bagi daerah.

Berikut master plan yang telah diilustrasikan kedalam sebuah video. Namun kali ini kami hanya menampilkan dalam bentuk rancangan gambar.

Salam Redaksi

PANGKAL BABU 6

PANGKAL BABU 9

PANGKAL BABU 12

PANGKAL BABU 11

PANGKAL BABU 10

PANGKAL BABU 8

PANGKAL BABU 7

PANGKAL BABU 4

PANGKAL BABU 3

PANGKAL BABU 2

PANGKAL BABU 1

About the Author

-

Comments on Facebook

Skip to toolbar