Published On: Wed, Jan 11th, 2017

Panas Trik: 1,5 Hektar Lahan di Desa Muntialo Terbakar

Share This
Tags
= 576
FOTO : Kebakaran Lahan di RT.09 Desa Muntialo, tepatnya di blakang Bumi perkemahan Muntialo, Kecamatan Betara, Minggu Malam, Senin (09/1/17)

FOTO : Kebakaran Lahan di RT.09 Desa Muntialo, tepatnya di blakang Bumi perkemahan Muntialo, Kecamatan Betara, Minggu Malam, Senin (09/1/17)

LINTASTUNGKAL.COM, BETARA – Trik Panas yang bersengatan pekan terakhir, meangkibatkan kembali terjadi kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sekitar 1,5 hektar lahan semak belukar dan kebun sawit di RT.09 Desa Muntialo, tepatnya di blakang Bumi perkemahan Muntialo, Kecamatan Betara hangus terbakar.

BACA JUGA : Persitaj Berada Di Posisi Ketiga Klasemen Grup A

Status lahan semak belukar dan kebun sawit tersebut belum diketahui pemiliknya tersebut kini masih membingungkan. “Kebakaran diperkirakan terjadi Minggu (08/1) malam sekitar pukul 20.45 Wib, berada dititik kordinat hospot CO.E1.005700 – E103.37814°,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Tanjabbar Ir. H. Erwin, Senin (09/1).

BACA JUGA : Puluhan Ribu Jamaah Hadiri Haul Syekh Abdul Kadir Jailani Di Kuala Tungkal

Dijelaskan, kebakaran lahan tersebut pertama kali diketahui oleh warga Desa Muntialo, sekitar pukul 20.45 Wib. Langsung melapor ke BPBK, kemudian BPBK Tanjung Jabung Barat berkoordinasi dengan Kodim 0419/Tanjab.

Mendapatkan informasi tersebut, Tim Reaksi Cepat (TRC) Gabungan Karlahut yang terdiri dari 10 personel TNI dan 20 personil BPBK langsung turun ke lokai untuk melakukan pemadaman api yang telah menghanguskan lahan semak dan kebun sawit itu.

BACA JUGA : Gubernur: Tantangan Yang Mengincar Generasi Kita Terus Meningkat

“Dengan peralatan seadanya, api baru akhirnya api berhasil dijinakkan oleh sekira tim gabungan sekitar pukul 00.30 diini hari.

Informasi yang dihimpun Kasdim 0419/Tanjab Mayor Inf Firdaus dan Kepala BPBK Ir. H. Erwi turun langsung memimpin proses pemadaman api.

Kasdim Mayor Inf Firdaus mengungkapkan, Lambatnya pemadaman, TRC mengalami kendala yang dihadapi dilapangan, dikarenakan Peralatan yang terbatas. Lokasi tidak bisa di jangkau kendaraan roda empat. Untuk lokasi yang terbakar berupa semak yang kering sehingga api dengan mudah menjalar,” tandas Mayor Inf Firdaus.

LANJUT BACA : Bupati Pimpin Upacara HUT Bank 9 Jambi Ke 45 Kantor Cabang Kuala Tungkal

Terkait penyebab kebakaran dan kepemilikan lahan, kata Dia masih dalah lidik pihak Kepolisian, “Masih dalam lidik Polisi,” pungkasnya.

Editor : Tim Redaksi

kebakaran-muntialo-a

kebakaran-muntialo-b

About the Author

Profile photo of admin

-

Comments on Facebook

IKLAN LEBARAN BUPATI
Skip to toolbar