by

Pemkab Tanjab Barat Peringati HUT ke-99 Damkar

-Advetorial, SKPD-475 views
= 1256

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Pemkab Tanjab Barat menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT ke-99 Pemadam Kebakaran di halaman Kantor Bupati, Selasa (05/03/18).

Upacara dipimping oleh Bupati Tanjab Barat DR. Ir. H. Safrial, MS dihadiri Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib, jajaran FKPD diantaranya Kapolres Tanjab Barat AKBP ADG Sinaga, S.IK, Ketua PA Kuala Tungkal Senen, S.Ag, MH, Sekda Drs. H. Drs. H. Ambok Tuo, MM, pejabat eselon II dan II serta seluruh PNS, TNI dan Polri kemudian staf honorer kemudian Regu Pemadam Yayasan Budi Luhur dengan pakaian dinasnya dan regu masing-masing.

Tema peringatan HUT ke 99 ini adalah “Optimalisasi Peran Pemadam Kebakaran dalam Menghadirkan Perlindungan Masyarakat Menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2018”.

Bupati Tanjab Barat H. Safrial mengawali samutan Mendagri menyampaikan sejarah singkat hadir dan lahirnya pemadam kebakaran di Indonesia.

Safrial juga mengatakan bahwa petugas damkar dapat jadi garis terdepan dan terus siaga. Tugs yang dijalankan aalah tugas mulia dan ibadah.

“Pemadam kebakaran sebagai aparatur pemerintah harus memiliki kesigapan, tugas saudara merupakan tugas mulia bagi masyarakat banyak,” ungkap Safrial.

Dikesempatan ini Bupati juga mengucapkan terima kasih atas seluruh jasa dari pemadam kebakaran, yang telah berjuang dan mengabdi bagi keselamatan banyak orang.

“Saudara-saudara di sini hadir paling depan di saat warga sedang menghadapi marabahaya, memberikan apa yang dimiliki untuk menyelematkan orang lain. Menjadi garda terdepan lanjutkan tradisi perjuangan kita,” ucap Bupati H. Safrial.

Walaupun terkadang nama dari pemadam kebakaran jarang diingat, namun kata H. Safrial memastikan bahwa jasa petugas damkar akan dicatat sebagai amal.

Tidak hanya sebatas itu, sesuai tema HUT. Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019. Negara mengharapkan Petugas damkar dapat membantu kelancarannya demikian pula pengamanan selama pelaksanaan Asian Games yang akan berlangsung Agustus mendatang di Palembang dan Jakarta.

“Pemadam kebakaran harus bekerja keras agar perhelatan internasional dan Pilkada/Pilpres ini dapat berjalan lancar tanpa terganggu asap kebakaran hutan dan lahan,” pungkas Bupati mengakhiri sambutan Mendagrinya.

Ditempat yang sama usai upacara, Kepala Dinas Pemadam dan Penyelamatan, Iswardi, SE menyampaikan jika pihaknya akan berupaya menjaga amanah yang diembankan.

Iswardi berharap, dengan bertambahnya usia ini, damkar bisa lebih mengoptimalkan profesionalisme pelayanan kepada masyarakat. Sebab, lanjutnya, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tak hanya dilakukan dalam bentuk perlindungan dan penyelamatan, tapi juga memberikan edukasi pemahaman tentang bahaya kebakaran maupun kebencanaan lainnya.

“Kami harus siap setiap saat masyarakat membutuhkan, karena kami adalah pelayan masyarakat, bukan dilayani masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Tim Redaksi

Print Friendly, PDF & Email