Published On: Sat, Sep 23rd, 2017

Polres Tanjabbar Gandeng BPDB Gelar Simulasi Latihan Penanggulangan Karhutla

= 298

Kapolres AKBP ADG Sinaga, S.IK Memberikan Arahan Kepada Seluruh Personila ynag Mngikuti Simulasi,di Mapolres Tanjabbar, Sabtu (23/9/17)

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Jajaran Polres Tanjabbar terus meningkatkan pengetahuan dan kecakapan personil tentang penggunaan peralatan penanggulangan karhutla.

Dengan menggandeng BPDB Kabupaten Tanjabbar, Kapolres memberikan simulasi latihan penggunaan alat-alat pemadam kepada personil Sabhara dan Bhabinkamribmas jajaran Polres Tanjab Barat di Mapolres Tanjabbar, Sabtu (23/9/17) pagi.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Tanjab Barat AKBP A.D.G. SINAGA, S.IK, diikuti Waka Polres Tanjab Barat KOMPOL HENRI AGUS BATUBARA, Kabagops KOMPOL R.P NAINGGOLAN, Kasat Binmas IPTU J. SITEPU, seluruh anggota Sabhara dan anggota BKTM Jajaran Polres Tanjab Barat. Kemudian Kepala BPBD Kab. Tanjab Barat. Ir. H. Erwin beserta 20 anggota.

Kegiatan dimulai dengan briefeing dan arahan Kapolres Tanjab Barat kepada anggota yang mengikuti kegiatan dan arahan kepala BPBD Tanjab Barat.

Kapolres AKBP ADG Sinaga, S.IK mengungkapkan dalam giat ini para Bhabinktibmas dan Sabhara memperagakan tata cara penggunaan alat maupun pemadaman apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan diwilyahnya masing-masing serta dapat memahami apa yang harus dilakukan apabila adanya ditemukan titik api diwilayahnya.

“Untuk mengatasi kejadian-kejadian tak terduga itu dibutuhkan latihan tim pertolongan kebakaran secara kontinyu agar lebih sigap, cepat dan tepat dalam melakukan penyelamatan target di lapangan,” jelasnya.

Menurut Kapolres bahwa bancana kebakaran merupakan bagian dari bencana sosial yang sering terjadi secara tiba-tiba, karenanya pula peru kesiapan penangannya jika seketika itu pula terjadi.

Sementara Kepala BPDB H. Erwin, sangat apresiasi simulasi yang digelar Polres Tanjabbar melibatkan personil BPDB. Menueutnya simulasi  ini untuk meningkatkan sumber daya manusia penanggulanagan bencana khususnya bencana kebakaran saat ini masih sangat terbatas.

Keberadaan para petugas penanggulangan kebakran sangatlah dibutuhkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat untuk senantiasa sigap dan tanggap dalam penanggulangan bencana kebakaran yang akhir-akhir ini sering terjadi di daerah ini.

“Personil penanggulangan bencana baik itu dari unsur pemerintah (BPDB), swasta maupun masyarakat yang ada relatif terbatas, dengan adanya anggota BKTM dan sabhara di setiap Kecamatan tentu sangat membantu BPDB,” katanya.

Adapun materi simulasi terkait tata cara penggunaan alat – alat yang digunakan oleh Tim BPBD. Penerapan penggunaan alat oleh anggota Polres yang mengikuti pelatihan sekaligus simulasi pemadaman kebakaran

Sementara alat-alat yang digunakan tim BPBD dalam kegiatan latihan ini diantaranya Mesin sibahura 1 unit, Mesin apung kawasaki 1unit, Mbung air portebel 2 kapasitas 1000 liter/per tabung, Selang 2 1/5 inci panjang 30 m 5 gulung, selang 1 1/5 inci panjang 30 m 2 gulung, Nojel 1 1/5 sebanyak 2 unit, Nojel 2 1/5 sebanyak 2 unit, Y konektor sebanyak 2 unit, Mobil R4 BPBD 1 unit.

Kegiatan selesai pukul 11.45 Wib berjalan aman dan lancar ditututp dengan doa bersama.

Editor : Tim Redakasi

About the Author

-

Comments on Facebook

Skip to toolbar