by

Rabies Ganas Yang Jangkiti Anjing Liar Di Tanjab Barat

-Investigasi-552 views
= 1278

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Drh. Juliandi, Dinas Perkebunan dan Peternakan kabupaten Tanjab Barat katakan bahwa virus rabies yang sering menjangkiti anjing liar di kabupaten Tanjab Barat merupakan rabies ganas.

Hal ini kata dia diketahui dari beberapa kasus gigitan yang dialami warga beberapa waktu lalu.

Penyakit Rabies merupakan penyakit Zoonosa yang sangat berbahaya dan ditakuti karena bila telah menyerang manusia atau hewan akan selalu berakhir dengan kematian.

“Virus rabies yang sering menjangkiti anjing di daerah kita merupakan rabies ganas. Karena dampaknya anjing menjadi liar dan ganas menyerang orang atau hewan yang ada di dekatnya,” ungkap drh Juliandi, Kamis (29/03/18).

Juliandi menerangkan rabies sendiri ada dua jenis yakni rabies ganas dan rabies jinak. Ciri yang ganas cenderung ingin menyerang orang dan menerkam. Sedangkan rabies jinak tidak akan menyerang orang.

“Untuk rabies ganas bila menyerang akan mengigit bagian atas dari tubuh manusia. Diatas pinggang hingga kepala,” kata Juliandi.

Maka dari itu, Juliandi menyarankan agar dengan mengetahui diri anjing liar yang terjangkit rabies harus menghindar. Sebab, bila digigit bagian kepala, maka virus rabies akan cepat menyerang otak.

“Kalau tidak cepat di vaksin maka bisa berdampak buruk pada korban,” tukasnya.

Editor : Tim Redaksi