Published On: Tue, Jan 31st, 2017

Satgas Saber Pungli Lakukan Sosialisasikan Pencegahan Pungli Di BP2RD

= 967
Ketua Tim Saber Pungli Tanjabbar Kompol Ilyan Chandra, S.IP Memberikan Sambutan saat Sosialisasi di Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retrebusi Daerah, Selasa (31/1/17)

Ketua Tim Saber Pungli Tanjabbar Kompol Ilyan Chandra, S.IP Memberikan Sambutan saat Sosialisasi di Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retrebusi Daerah, Selasa (31/1/17)

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Gerakan berantas Pungutan Liar (Pungli) di Kabupaten Tanjabbar mulai dikampanyekan oleh Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Hari ini Selasa (31/1/17) pagi sosialisasi digelar di Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retrebusi Daerah.

Hadir dalam kegiatan itu Kadis Penda Yon Heri, SP, ME, Kasi Intel Kejari Ikrar Demarkasih, SH, MH, Plt. Kakan Inspektorat Drs. Winarto dan Kasat Binmas Iptu J. Sitepu dan seluruh pegawai BPJRD Tanjabbar.

BACA JUGA : 12 SMP dan 5 SMA Tanjabbar Siap Laksanakan UNBK

Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Tanjabbar Kompol Ilyan Chandra, S.IP menekankan pentingnya dilakukan sosialisasi pencegahan pungutan liar ini, sebagai gebrakan Tim Saber Pungli untuk memberitahuan kepada seluruh unit-unit pelayanan di wilayah Kabupaten Tanjab Barat bahwa saat ini telah terbentuk Satgas Saber Pungli sebagaimana amanah Perpres Nomor 87 Tahun 2016 dan di Tanjabbar sendiri pembentukan Tim Saber Pungli dibentuk berdasarkan SK Bupati Nomor/700/893/ISP/2016 tanggal 9 Desember 2016.

Ilyan juga mengungkapkan bahwa dalam siklus kehidupan semua kegiatan dari awal lahir sampai kematian di muka bumi ini berpotensi adanya pungli. Seperti contohnya penerbitan akta kelahiran, kemudian menuju sekolah dan memasuki bangku kuliah, mencari pekerjaan, jabatan, izin nikah, sampai mengurus kematian.

BACA JUGA : Bupati Kukuhkan Tim Saber Pungli Kabupaten Tanjabbar

Akan tetapi secara sederhana pungli terjadi oleh adanya dorongaan diantaranya “Greedy” sifat tamak, tak cukup 1 tidak cukup yang ada. Kedua “Opportunty” adanya kesempatan dan ketiga “Need” keinginan yang berlebih.

Masih kata Ilyan, misalnya di sekolah sekolah masih adanya sumbangan-sumbangan yang melalui komite sekolah atau uang bangku. Banyak sumbangan yang memberatkan wali murid. Semua permasalahan tersebut yang menjadi perhatian tim saber pungli.

Wakapolres mengajak seluruhnya untuk sama-sama bekerjasama jangan sampai memberikan celah adanya pungli di masyarakat, serta jika ada indikasi adanya pungli segera langsung dilaporkan.

BACA JUGA : Wakapolres Tanjabbar Pimpin Satgas Tim Saber Pungli

“Target kita agar Kabupaten Tanjab Barat zerro pungli, dengan mengedepankan pokja intelijen dan pencegahan, jika memang ditemukan indikasi pungli baru pokja penindakan yang bertindak,” bebernya.

Untuk itu kata Pria Melati Satu di pundaknya itu mengajak kepada seluruh uniit pelayanan dan semua lapisan masyarakat untuk tidak terlibat pungli, gratifikasi, suap atau pun korupsi. Melainkan harus mengembalikan kepercayaan masyarakat dengan membangun citra baru pelayanan publik yang berkualitas, sederhana, cepat, transparan dan akuntabel.

“Jika melihat ada pungli, laporkan saja Call Center 082269874747 atau ke Sekretariat di Kantor Inspektorat,” tegas Kapolres.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retrebusi Daerah Yon Heri, menyampaikan ucapan terima kasih kantor yang dipimpinnya dijadikan tempat sasaran sosialisai yang pertama oleh Tim Saber Pungli Tanjabbar

 “Kami mengucapkan terima kasih kepada Satgas Saber Pungli Tanjab Barat yang pada hari ini sudah memilih kantor kami sebagai instansi pertama yang dijadikan tempat sosialisasi oleh Saber Pungli, kita berharap dengan adanya sosialisasi saber pungli ini maka pungutan-pungutan liar yang mungkin pernah terjadi di lingkup badan pelayanan pajak ini tidak terjadi kembali,” ujarnya.

Harapan kita agar pungli di lingkup pelayanan pajak bisa zero. “Jadi kita berharap zero pungli di dalam pelayanan pajak di kabupaten Tanjung jabung barat. Dan kita juga berharap Satgas Saber Pungli tetap bekerja sama denga Badan Pengelolaan Pajak dan Retrebusi dalam menghindari terjadinya pungli-pungli,” demikian kata Yon Heri.

Penulis : Roy

Editor : Tim Redaksi 

SOSIALISASI PUNGLI C LT

SOSIALISASI PUNGLI A LT

SOSIALISASI PUNGLI F LT

About the Author

Profile photo of admin

-

Comments on Facebook

IKLAN LEBARAN BUPATI
Skip to toolbar