by

Semarak, Ratusan Warga Antusias Ikut Lomba Panjat 53 Batang Pinang

-Advetorial-428 views
= 457

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Pemkab Tanjung Jabung Barat melalui Dinas Parpora menggelar hiburan Lomba Panjat Batang Pinang sebanyak 53 batang di Jalan menuju Pelabuhan Roro, Desa Tungkal I, Kecamatan Tungkal Ilir, Minggu (12/08/18).

Lomba ini dalam rangka memeriahkan dua momen sangat bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Tanjabbar. Yakni Hari Jadi ke-53 Kabupaten Tanjabbar dan HUT Kemerdekaan RI ke-73.

Meski cuaca sedang trik terlihat ribuan lebih pengunjung padati area sekitar lokasi untuk menyaksikan lomba panjat batang pinang berdiri tegak, licin dan bergelantung ratusan hadiah, tersebut.

Bupati Tanjabbar DR. Ir. H. Safrial, MS didampingi istri Hj. Cici Halimah, SE membuka loma sekaligus menyaksikan kegiatan ini. Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib beserta istri dan jajaran Forkompimda Jum’at (11/8/17) pukul 16.00 WIB.

Bupati mengatakan, lomba panjat batang pinang tersebut diharapkan dapat menggelorakan semangat generasi muda dan masyarakat dalam mengisi pembangunan di daerah itu. Sebab kata dia panjat pinang bagian dari olahraga tradisional.

Selain itu lanjutnya, dibalik lomba panjat pinang ini terkandung makna filosofis bahwa untuk mencapai sesuatu tujuan diperlukan persatuan, kebersamaan dan kekompakan.

“Kegiatan seperti ini sangat sesuai dengan suasana HUT Kabupaten Tanjab Barat dan HUT RI yang penuh akan semangat kebersamaann rasa nasionalisme yang menggelora,” kata Bupati H. Safrial.

Sementara, Kadis Parpora Oto Riadi, SE selaku Ketua Panitia, menyebutkan panitia menyediakan 53 batang pinang beserta aneka hadiahnya berasal dari sponsor dan partisipasi OPD terkait.

Dijelaskannya, ada sebanyak 53 batang pinang yang disediakan oleh panitia, merupakan simbol tahun usia Kabupaten Tanjab Barat.

“Dari 53 batang itu, 45 untuk kategori dewasa dan 8 batang untuk anak-anak. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang. Jika tidak mumpuni bisa ditambah jadi 7 orang,” terang Oto Riyadi.

Udin, seorang peserta lomba berujar lomba yang digelar secara masal 53 batang pinang itu merupakan sebuah hiburan tersendiri bagi dirinya dan masyarakat Kabupaten Tanjab Barat.

“Kami ikut memeriahkan HUT Tanjab Barat dan HUT RI, karena panjat pinang seperti ini hanya ada saat Agustusan saja,” katanya.

Editor : Tim Redaksi

Print Friendly, PDF & Email