by

Semarakan Tahun Islam, Disdikbud Gelar Festival Habsyi Berhadrah dan Hadrah Tradisi

-Seni Budaya-202 views
= 247

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Dalam upaya terus menggelorakan nuansa religius di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan Kabupaten Tanjab Barat dalam menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah.

Pemkab Tanjab Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan Islami Festival Habsyi Berhadrah dan Hadrah Tradisi.

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib di Eks Gedung Runtuh kota Kuala Tungkal, Kamis malam (13/09/18).

Wakil bupati Drs. H. Amir Sakib dalam sambutannya menyambut baik even tersebut. Menurut Wabup Kesenian Habsyi berhadrah adalah kesenian dari Timur tengah yang datang ke indonesia melalui proses yang panjang melalui pedagang Timur tengah yang selanjutnya menjadi budaya lokal kita. Tak terkecuali di Kabupaten Tanjab Barat.

“Kita ini perlu melestarikan dan pengembangan seni-seni yang bersifat Islami, karena daerah kita keislamannya sangat tinggi,” kata saat memberikan sambutan membuka kegiatan.

Wabup membeberkan melalui kesenian Hadrah dan Habsyi dapat membentengi generasi muda dari pengaruh negatif pergaulan.

“kita prihatin atas peredaran narkoba saat ini untuk itu ini adalah salah satu antisipasi pemuda pemuda kita dalam menjalankan kegiatan positif,” ujar Wabup Amir Sakib

Kedepan Wabup ingin OPD terkait dan sanggar-sanggar seni yang ada agar mampu menggali seni seni yang ada. Sehingga masyarakat kita bisa terhibur dengan kegiatan kegiatan yang bermanfaat dan positif

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. M. Yusuf , M.Pd mengatakan kegiatan sebagai sarana melestarikan hadrah tradisi dan dan Habsyi berhadrah yang sudah menjadi tradisi turun temurun di masyarakat Kabupaten Tanjab Barat

Acara diselenggarakan ini dari tanggal 13 s/d 18 September 2018, diikuti 25 grup dari Habsyi berhadrah dan 14 grup Hadrah tradisi yang berasal dari Pesantren dan organisasi.

Editor : Tim Redaksi