by

Seru! Puluhan Abang Becak Ikuti Lomba Balap Becak Kayuh Dishub Tanjab Barat

-Advetorial-313 views
= 328

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Dalam memeriahkan HUT ke-53 Kabupaten Tanjabbar dan HUT RI ke-73 tahun 2018. Pemkab Tanjabbar melalui Dinas Perhubungan mengadakan balap becak kayuh, Minggu (12/8/18).

Star pertama Drag Race Becak ini dilepas oleh Bupati Tanjab Barat, DR. Ir. H. Safrial, MS didampingi Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib dan jajaran Forkompimda.

Kepala Dinas Perhubungan, Drs. H. Endang Surya, MM mengatakan lomba kayuh becak ini guna melestarikan kearifan lokal budaya daerah mempertahankan keberadaan transportasi tradisional yang telah lama ada di kota Kuala Tungkal sebelum menjamurnya alat transportasi moderen saat ini.

“Salah satu caranya Pemkab mempertahannkannya menurut kami ya semacam melalui lomba ini,” ujar Endang Surya.

Endang menjelaskan peserta lomba ketangkasan kayuh becak diikuti utusan 8 kelurahan dalam Kecamatan Tungkal Ilir. Seriap kelurahan mengirim 3 peserta, setiap peserta 1 becak terdiri dari 2 orang.

Para pemenang akan mendapat uang tunai jutaan rupiah dan paket sembako, yang disiapkan sponsor dan bonus khusus dari Bapak Bupati H. Safrial.

“Dalam pelaksanan lomba 1 becak terdiri dua estapet atau pengayuh becak, dari Star ke ujung oleh pengayuh 1, kemudian tiba di ujung dilanjutkan oleh pengayuh ke 2 ke garis Finis (star awal),” jelasnya.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

“Khusus lagi kepada spinsor kegiatan ini BNI, BRI, Bank 9 Jambi, Bulog Sub Divre Kuala Tungkal,” tukasnya,

Aksi balap becak ini juga menjadi tontonan menarik bagi ratusan warga yang menyaksikan di lintasan lurus yang berjarak kurang lebih 2 x 300 jalan Jenderal Sudirman depan rumah jabatan Bupati itu.

Pantauan di arena lomba, pemandangan yang cukup lucu pun terlihat saat peserta berusaha beradu cepat berpacu merebut juara di lintasan lurus yang berjarak kurang lebih 2 x 300 meter.

Peserta yang tampak tak biasa mengendalikan becak pun terlihat kesulitan mengayuh untuk saling mendahului becak-becak pesaing.

Gelak tawa pecah tak terelakkan muncul dari Bupati H. Safrial dan Wakil Bupati H. Amir Sakib beserta istri dan jajaran Forkompimda. Tepuk tangan dan teriakan ratusan warga pun meramaikan di sepanjang lintasan saat menyaksikan balapan.

Hiingga berita ini diturunkan, kegiatan balap becak masih berlangsung.

Editor : Tim Redaksi

Print Friendly, PDF & Email