Published On: Mon, Feb 6th, 2017

SMKN 1 Kuala Tungkal Khawatirkan Listrik Padam Saat Pelaksanaan UNBK

= 552
Sejumlah Siswa SMK N 1 Kuala Tungkal Ikuti Try-Out Hadapi UNBK yangakan di Gelar April Mendatang, Foto diambil Senin (06/2/17)

Sejumlah Siswa SMK N 1 Kuala Tungkal Ikuti Try-Out Hadapi UNBK yangakan di Gelar April Mendatang, Foto diambil Senin (06/2/17)

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hanya menyisakan waktu kurang lebih 3 (tiga) bulan, yakni akan digelar pada April 2017 mendatang. Kendati beberapa persiapan telah dilakukan sekolah penyelanggara, Pemadaman Listrik menjadi hal yang diwaspadai.

Pasalnya, pengoperasian Komputer untuk pelaksanaan UNBK sangat bergantung pada arus listrik. Seperti server, jaringan internet dan lain sebagainya. Jika listrik padam semuanya akan terganggu.

BACA JUGA : 12 SMP dan 5 SMA Tanjabbar Siap Laksanakan UNBK

“Untuk itu pihak sekolah sudah menyiapkan genset sendiri untuk server. Mudah-mudahan saja pada saat pelaksanaan UNBK tidak mati lampu lebih dari satu Jam,” ungkap Bambang Saprianto S.Kom, Koordinator Pelaksanaan UNBK SMK Negeri 1 Kuala Tungkal,  Senin (06/2/17).

Intinya kata guru lulusan Sarjana Komputer ini, kalau terjadi pemadaman listrik, server dan jaringan internet jangan mati.”Kalau Klien mati, tidak masalah karena nanti bisa di restore di server. Dan dilanjutkan diserver. Makanya kita jaga kalau bisa UPS di server kapasitasnya besar arusnya. Supaya nahan atau Back-up nya lama,” terangnya.

BACA JUGA : Ini Daftar Nama-Nama Staf PNS Tanjab Barat Yang Dimutasi

Kendati demikian persiapan yang dilakukan pihak SMKN 1 telah menyiapkan 3 (tiga) buah lab. Dimana masing-masing lab di isi 40 unit Komputer. “Tiga ruangan inilah yang dikhususkan untuk pelaksanaan UNBK,” katanya.

Dari 120 unit Komputer ini didukung 5 (lima) server, diantaranya 3 (tiga) inti dan 2 (dua) cadangan. “Nanti ada 342 siswa yang menggunakan komputer ini,” bebernya.

Selain untuk siswa SMKN 1, ada juga sekolah lain yang menginduk di Sekolahnya. Seperti SMA Negeri 1, SMA PHI, SMP Negeri 3. “Pelaksanaan UNBK ini dilaksanakan bergantian. Pertama SMK, lalu SMA, kemudian baru SMP,”bebernya.

Sementara untuk pematangan siswa, kata Bambang, pihak SMK Negeri 1 sudah melaksanakan Try-Out begitu juga dengan SMA yang mengiduk di SMK.”Jadi Aplikasi Tryout kita samakan dengan Aplikasi Ujian Nasional. Dengan begitu diharapkan siswa tidak gugup lagi dengan akses fitur-fitur UNBK,” pungkasnya. (abs)

Editor : Tim Redaksi 

UNBK B LLT

About the Author

Profile photo of admin

-

Comments on Facebook

IKLAN LEBARAN BUPATI
Skip to toolbar