by

Sosialisasi Karhutla Timdu ke 3 Desa Di Batang Asam, Ini Yang Disampaikan Kalaksa BPBD Tanjab Barat

= 307

LINTASTUNGKAL.COM, BATANG ASAM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat melaksanakan sosialisasi Karhutla menyasar masyarakat di Desa Suban, Desa Sungai Ari, Desa Muara Danau, Kecamatan Batang Asam, Jumat (20/07/18). Desa ini dalam areal kawasan HPT dan TNBT.

Sosialisasi dilakukan bersamaan dengan kegiatan patroli dipimpin langsung Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanjab Barat Drs. H. Kosasih bersinergi dengan Satgas Darat Tim Terpadu Karhutla yang di dalamnya ada TNI dan Polri serta Masyatakat.

Kalaksa BPBD Kabupaten Tanjab Barat Drs. H. Kosasih didampingi Pasi Ops Kodim 0419/Tanjab Kapten Inf. A. Taufiq A, mengatakan patroli dan sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengantisipasi dan mengurangi resiko bencana di daerah tersebut khususnya dalam hal mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan seiring dengan Sukses Asiang Game 2018.

“Agar sosialisasi dapat langsung bertatap muka dengan masyarakat banyak, maka kita bersinergi langsung turun ke desa, bersama koramil dan polsek dan pihak perusahaan setempat,” terang Kosasih, Kepala BPBD Tanjab Barat, Minggu (26/07/18).

Dalam sosialisasi itu, mengingatkan warga agar tidak melakukan pembakaran saat membuka atau membersihkan lahan dan sepakat menjaga ketertiban dan ketentraman.

“Apabila ada melihat titik api, warga juga kita minta segera melakukan upaya pemadaman, sehingga kebakaran tidak meluas,” terang Kosasih.

Kosasih menambahkan, sepanjang musim panas ini pihaknya bersama tim terkait akan terus melakukan sosialisasi dan patroli karhutla.

Menurutnya sosialisasi ini perlu disampaikan agar pada saat tibanya musim kemarau, masyarakat tidak melakukan pembakaran.

“Sosialisasi seperti ini akan terus dilakukan ke beberapa desa lain yang terindikasi rawan karhutla. Sehingga diharapkan tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan. Karena kebakaran dapat menibulkan asap yang tentunya merugikan kita semua,” tukasnya.

Tim yang turut dalam kegiatan ini terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Polhut KPH unit 16 Tanjab Barat, Manggala Agni Bukit Tempurung, RPK PT WKS dan RHM dan unsur Kecamatan.

Editor : Tim Redaksi

Print Friendly, PDF & Email