by

Tabuhan Alat Musik Tradisional Festival Arakan Sahur Menggema Di Kota Kuala Tungkal

= 620

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Malam ini, di kota Kuala Tungkal Kabupaten Tanjab Barat kembali terdengar suara tetabuhan alat musik tradisional disertai lantunan shalawat dan puji-pujian dan lagu Islami Festival Arakan Sahur begitu terasa menghiasi malam pertama Bulan Suci Ramadhan 1439H/2018M, Rabu malam (16/05/18).

Seperti biasanya, Festival Arakan Sahur tahun 2018 ini diikuti oleh remaja dan anak-anak dan orang tua dari utusan masjid, sekolah sanggar ataupun yayasan yang berhimpun dalam kelompok atau regu-regu.

Sekitar pukul 22.30 WIB iring-iringan Festival Arakan Sahur dilepas oleh Bupati Tanjab Barat DR. Ir. H. Safrial, MS di halaman rumah jabatan Bupati.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemoda dan Olahraga Kabupaten Tanjab Barat, Oto Riyadi, SE melalui Kabid Pariwisata Mardius, SE mengatakan pada Festival Arakan Sahur diikuti 16 grup.

Banyaknya anggota dalam satu grup atau tim tak terbilang hanya saja tidak dibenarkan memakai kendaraan roda empat dan alat musik elektronik dan pengeras suara.

Lomba ini sendiri lanjutnya dilaksanakan oleh Pemkab Tanjab Barat untuk memeriahkan setiap datangnya bulan suci Ramadhan. Selain itu pula dimaksudkan untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan tali silaturrahmi antar sesama warga.

“Sekaligus untuk melestarikan tradisi yang telah berlangsung pada tahun-tahun sebelumnya, karena begerakan sahur ini sudah ada sejak jaman dahulu,” ujarnya.

Disamping itu kegiatan seperti ini, sambungnya, diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas generasi muda dalam berkarya dan ibadah.

“Intinya jangan dilihat dari lombanya tapi diniatkan untuk beribadah dengan membangunkan masyarakat sekitar sini untuk sahur,” tambahnya.

Terakhir, Mardius menyampaikan apresiasinya atas antusias keikutsertaan peserta yang berasal dari berbagai utusan dan generasi muda dalam kegiatan itu.

Pasalnya kata dia sebelumnya banyak cuitan di medsos jika festival arakan sahur tahun ini akan sepi dari tahun sebelumnya akiabat adanya pengurangan kategori juara.

“Alhamdulillah ini juga cukup ramai. Mudah-mudahan kedepan lebih banyak lagi yang melaksanakan kegiatan seperti ini,” pungkasnya.

Editor : Tim Redaksi

Comments on Facebook

Berita Terbaru