by

Tim Sidak Temukan Banyak Pegawai Tinggalkan Kantor Setelah Absen

= 1291

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Tim Terpadu penegakan disiplin pegawai dipimpin Kepala BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat, Drs. Encep Jarkasih dan Kepala Inspektorat H. R. Gatot Suwarso, SH, MM melakukan inspeksi mendadak atau sidak di sejumlah OPD, Jumat (11/05/18).

Sidak dimulai sekitar pukul 07.40 WIB. Tim langsung bergerak menuju sejumlah OPD pelayanan umum yang langsung berhadapan dengan masyarakat diantaranya BPPRD, Dinas KUKM Perindag, Badan Kesbangpol dan Dinas P3AP2KB.

Hasilnya diketahui tingkat kehadiran dari absensi cukup baik dengan absen terisi. Hanya saja tim banyak menemukan pegawai yang yang absen tak berada di tempat alias datang absen dan pergi lagi tampa keterangan.

Kepala BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat, Drs. Encep Jarkasih, diwawancari mengatakan sidak dalam rangka pembinaan dan penegakan disiplin PNS saat jam kerja yang notabennya hari ini hari terjepit pasca libur nasional dan menjelang bulan puasa.

“Hasilnya cukup baik, hanya saja itu tadi masih banyak kita temukan pegawai yang absen pagi tapi tak berada di tempat alias datang absen dan pergi (DAP) tampa keterangan padahal baru jam 08.00 WIB,” ungkap Encep Jarkasih.

Encep juga memastikan pihaknya akan menyampaikan hasil record absensi temuan sidak ke Bupati, tentu akan ada sanksi kepada ASN yang kedapatan membolos hari ini.

“Jadi, kita minta record absensi seluruh SKPD termasuk SPT dan surat izin jika sedang dinas. Berapa orang yang tidak masuk, dan apa alasannya. Apabila ditemui membolos karena Harpitnas (Hari Terjepit Nasional), saya kira perlu diberikan sanksi disiplin,” kata Encep Jarkasih.

Encep Jarkasih juga menegaskan, dari temuan sidak itu meminta agar kepala OPD lebih optimal lagi melakukan pembinaan kepada pegawainya.

“Boleh keluar, asal seizin atasan atau sepengetahuan atasan langsung. Jadi saat kita cek tidak lagi seperti hari ini, ditanya kemana stafnya tak tahu,” tukasnya.

Pantauan media ini saat mengikuti sidak, terlihat para pegawai yang mendengar sidak kembali ke kantor dengan tergesa-gesa. Sejumlah Aparatur Sipil Negara yang saat itu berada di mejanya beralasan bahwa rekan mereka yang ditanyakan tak ditempat ada yang olahraga, sarapan dan antar anak sekolah.

Seperti diketahui, libur nasional jatuh kemarin hari, Kamis (10/05). Adapun hari ini Jumat (11/05 red) pemerintah tidak menetapkan cuti bersama. Dengan kata lain, hari Jumat ini diapit oleh dua masa libur, yakni libur akhir pekan (Sabtu-Minggu) dan libur Kenaikan Yesus Kristus.

Editor : Tim Redaksi