YTUBE
Ketua Dewan Pers Beri Kesempatan SMSI Mendaftarkan Seluruh Anggotanya untuk Diverifikasi Mantap! Briket Pelepah Pinang Rengas Lestasi Desa Teluk Kulbi Resmi Kantongi HKI MTQ ke XXVII di Kelurahan Tungkal III, Lurah : Sarana Motivasi Membumikan Al -Qur’an di Tanjabbar Liga Santri, Ponpes KH Abdul Satar Saleh Menang Telak Lawan Ponpes Manarulhuda Darqis 134 Desa di Tanjab Barat Sudah Miliki Da’i Desa

Home / Muaro Jambi

Jumat, 24 September 2021 - 08:09 WIB

Al Haris ke Mendikbudristek, Pemprov Komitmen Jadikan Candi Muaro Jambi Mendunia

Gubernur Al Haris Bersama Mendikbudristek Nadem Makarim Ketika Mengunjungi Candi Muaro Jambi di Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (22/9/21). FOTO : ISTIMEWA

Gubernur Al Haris Bersama Mendikbudristek Nadem Makarim Ketika Mengunjungi Candi Muaro Jambi di Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (22/9/21). FOTO : ISTIMEWA

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan, semenjak dirinya dilantik menjadi Menteri, dirinya sudah diingatkan oleh Dirjen Kebudayaan, untuk datang ke Muaro Jambi.

“Alhamdulilah sekarang baru bisa hadir di Kabupaten Muaro Jambi, dikarenakan Covid-19 selama ini sangat mengganggu semua aktifitas kita. Setelah saya datang ke Candi Muaro Jambi akhirnya saya mengerti kenapa selama ini, pak Dirjen Kebudayaan terus mengajak saya untuk datang kesini, setelah dilihat betapa terpukaunya melihat situs yang berada di Candi Muaro Jambi, ini sangat luar biasa, juga pencerahannya juga sangat luar biasa,” ujar Nadiem.

Dijelaskan Nadiem ada beberapa konsep yang sangat unik di candi ini, salah satunya adalah pusat pendidikan ini adalah kampus yang berdiri sudah beberapa ratusan tahun yang lalu, yang kedua ini adalah kampus yang merdeka artinya murid murid datang dari berbagai negara seperti Cina, India untuk belajar dan menekuni ilmu yang berbagai macam lima prodia.

BACA JUGA :  Calon Kades se Kecamatan Senyerang Nyatakan Sikap Deklarasi Pilkades Damai

“Interaksi situs-situs di Indonesia cukup kuat dan juga interaksi situs-situs diluar Indonesia seperti di India yang ternyata situsnya banyak mirip dengan situs yang ada di Muaro Jambi serta luasnya juga sangat luas, dengan luasnya lokasi Candi ini tentunya kami akan memperjuangkan anggarannya di pusat, dengan situasi saat ini Covid-19 semua anggaran sudah terpusat untuk Covid,” ujar Menteri.

Nadiem mengatakan bahwa dirinya akan memperjuangkan anggaran untuk Candi Muaro Jambi.

“Nantinya saya akan menghadap Presiden dan akan menceritakannya semuanya apa yang saya lihat hari ini tentang situs situs di Candi Muaro Jambi, dan apa potensi yang bisa dijadikan realita di Candi ini. Harapan kita bersama candi Muaro Jambi bisa mendapatkan consensus, bahwa Muaro Jambi di jadikan salah satu area prioritas destinasi wisata, dengan tentu waktu yang begitu panjang,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Apresiasi Program JMS, Pauzan Berharap Siswa Mengerti dan Patuh Hukum

Pada kesempatan tersebut Gubernur bersama Mendikbudriste mengelilingi kawasan Candi Kedaton dengan mengendarai becak motor (bentor).

Mendikbudristek dan Gubernur juga sempat memainkan alat musik tradisional Muaro Jambi Sambawi (Bujang Gondang) oleh Maestro.

Usai itu dilanjutkan Diskusi dengan komunitas Seniman dan Budayawan dan menyaksikan MoU antara Dirjenbud dengan Bupati Muaro Jambi.(*)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

DLH Muaro Jambi Dukung Gerakan Sungai Batanghari Bersih

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Tahun 2022

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Gelar Vaksin Door to Door ke Kantor-Kantor

Muaro Jambi

Penuhi Janjinya, Ivan Wirata Berhasil Upayakan Jalan KM 14 Agar Terbebas dari Banjir

Muaro Jambi

Bupati Masnah Dampingi Kajati Resmikan Rumah Gena RJ di Desa Bulit Baling

Muaro Jambi

Ketua DPRD Muaro Jambi Pimpin Rapurna Mengenai APBD Tahun Anggaran 2022

Muaro Jambi

Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di Muaro Jambi Dimulai

Muaro Jambi

Langgar Jam Operasional, 4 Truk Batu Bara Ditilang