Alhamdulillah, Jambi Sudah Punya Labor Uji Swab Covid-19 Untuk 2 Wilayah

  • Whatsapp
Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah, Selasa (26/05/20)

JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi kina sudah bisa melakukan pemeriksaan atau uji Swab sendiri untuk mendeteksi pasien Covid-19 di dua tempat yakni RSUD Raden Mattaher dan RSUD H. Hanafi Muaro Bungo.

Untuk Jambi wilayah Timur dilakukan di RSUD Raden Mattaher sementara wilayah Barat nanti akan dilakukan di RS Hanafie Bungo.

Berita Lainnya

“Alhamdullilah kita sudah bisa melakukan pemeriksaan swab mendeteksi virus Covid-19 sendiri,” kata Johansyah dalam pres rilisnya, Selasa (26/05/20).

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi selaku Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi ini mengatakan laboratorium RS Raden Mattaher dan RSUDĀ  H. Hanafi Bungo tersebut sudah di SK kan oleh Kementerian Kesehatan RI.

“Pada Selasa 26 Mei 2020 Tim Laboratorium RSUD RadenĀ Mattaher telah melakukan Swab terhadap pasien terduga Covid-19 dengan TCM (alat test cepat molekuler) dari Program TBC menggunakan Cathrige yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan,” katanya.

Dengan ini, kedepannya pemeriksaan uji swab pasien akan bisa dilakukan di Provinsi Jambi baik itu pada Pasien ODP, PDP dan rapid test refaktif.

“Tetapi untuk pengumuman positifnya kita tetap harus menunggu verifikasi dari pusat dimana sistem pelaporan kita menggunakan Sistem Informasi Tuberculosis (SITB) secara online dan nanti akan diverifikasi oleh Pos Kedaruratan Kesehatan Masyarakat atau Public Health Emergency Operating Center (PHEOC) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” terangnya.(*)

Berita terkait