by

Bappeda Gelar Konsutasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJPD 2005-2025

= 299

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengelar Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025.

Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Tanjab Barat, Drs. H. Ambok Tuo, MM di Ruang Rapat Lantai 3 Kantor Bappeda Tanjab Barat, Selasa (02/10/18).

Kosultasi publik ini menghadirkan Narasumber dari Bappeda Provinsi Jambi Nurjanah Pangeran, ST, S.Si, MT, H. Riswandi S.Pi, M.Si, Eka Sutiati, SP, MM, Ady Purwanto dan Dr. Pantun Bukit, M.Si dari Akademisi Universitas Jambi.

Sekretaris Daerah H. Ambok Tuo dalam sambutannya mengatakanKegiatan konsultasi publik Penyusunan Perubahan RPJPD bertujuan untuk penajaman arah kedepan sampai tahun 2025, disesuaikan dengan dinamika perubahan yang ada.

RPJPD adalah suatu perencanaan daerah untuk periode 20 tahun atau 4 kali masa periode RPJMD lima tahun. Demikian pula dengan RPJMD Tanjab Barat tahun 2005-2025 yang mana mempunyai 4 misi. Dicapai melalui penjabaran arah kebijakan guna mewujudkan visi jangka panjang pembangunan daerah yaitu “Tanjung Jabung Barat Maju, Berdaya Saing, Adil dan Sejahtera”.

Sekda juga mengatakan ada dua hal yang membuat RPJPD berubah. Yang pertama untuk mengantisipasi perubahan-perubahan lingkungan startegis yang bergerak 10 tahun ini. RPJPD diharapkan dapat menyesuaikan dengan perubahan lingkungan strategis pada kebijakan pencapaian bernegara.

Yang kedua agar selalu konsisten bahwa RPJPD yang dibuat bukan akhir dari perencanaan, karena harus diturunkan ke RPJMD. RPJPD berdurasi 20 tahun, untuk Kabupaten Tanjab Barat sudah dimulai dari tahun 2005.

Saat ini sudah masa RPJPD Kabupaten Tanjab Barat telah memasuki periode tahap III (tahun 2016-2021). Artinya masih ada sisa 1 kali periode RPJMD yaitu tahap IV (2021-2026).

“Untuk mencapai tujuan yang diinginkan butuh usaha dan kesungguhan dari kita semua baik Pemerintah Daerah, Pemangku Kepentingan, Dunia Usaha, serta Masyarakat karena Tugas ini tidak hanya dibebankan kepada salah satu saja,” tandas Sekda.

Sementara, Kepala Bappeda Tanjab Barat Ir. H. Firdaus Khatab, MM mengatakan acara konultasi publik digelar bertujuan untuk mendapatkan masukan dari Pemangku Kepentingan dalam Penyempurnaan Rancangan Awal Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2005-2025.

Turut hadir dalam acara Ketua DPRD Tanjab Barat Faisal Riza, ST, MM, para Kepala OPD, Camat dan unsur terkait lainnya.

Editor : Tim Redaksi