LIVE
Kejar KKB Pimpinan Lamek Taplo, TNI Pertebal Pasukan di Distrik Kiwirok Dansatgas TMMD ke-112 Kodim 1002/HST Tinjau Perbaikan Jembatan Panglima TNI : Apresiasi Warga Jambi Pengetatan PPKM Level IV Berhasil Turunkan Kasus Covid-19 Link Twibbon Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Ke 50 Tahun 2021 Ini Agenda Kunker Kemendikbudristek Dua Hari di Jambi

Home / Berita

Kamis, 1 November 2018 - 08:28 WIB

Bawaslu Tanjab Barat Copot 56 Alat Peraga Kampanye Langgar Aturan

FOTO : APK Spanduk Yang Ditertibkan Oleh Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

FOTO : APK Spanduk Yang Ditertibkan Oleh Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

KUALA TUNGKAL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanjung Jabung Barat menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) pemilu yang menyalahi aturan perundang-undangan.

Haingga saat ini sedikitnya 56 Alat Peraga Kampanye (APK) yang ditertibkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanjab Barat.

Ketua Bawaslu Tanjab Barat, Hadi Siswa, S.Pd.I mengatakan sejak dimulainya masa kampanye pada 23 September 2018 lalu, pihaknya telah menertibkan 56 APK yang melanggar aturan baik berupa baliho maupun spanduk.

BACA JUGA :  Sekda : Rapor Merah Siap-Siap Non Job

Ia mengatakan, sebelum dilakukan penertiban, Bawaslu terlebih menyampaikan edaran kepada masing-masing partai politik terkait penertiban alat peraga kampanye.

“Ada 56 APK yang sudah kita turunkan secara berguyur oleh pengawas kecamatan di seluruh Kecamatan,” terang Hadi Siswa dikonfirmasi,” Kamis (01/11/18).

Menurut Hadi penertiban Ini komitmen Bawaslu Tanjab Barat, bahwa kewenangan badan pengawasan pemilu tingkat Kabupaten sampai kecamatan dan kelurahan yakni mengawasi dan juga mencegah dan menindak pelanggaran-pelanggaran.

BACA JUGA :  Bupati dan Forkopimda Ikuti Dialog Intraktif Penanganan COVID-19 dengan Kapolri dan Panglima TNI

“Atribut yang ditertibkan adalaah yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada dan letaknya berada di bahu jalan, pohon, dan tiang listrik, juga tak sesuai desain,” kata Hadi.

Hadi juga menegaskan bahwa dalam PKPU 23/2018 Pasal 32 dan 33, APK yang dipasang adalah yang difasilitasi KPU, dan APK tambahan partai politik. Desain dan materinya paling sedikit memuat visi, misi dan program.

BACA JUGA :  ASN Dikerahkan Jumsih di Kawasan WFC, Wabup : Agar Lebih Indah dan Tertata

Ada pun jumlah APK tambahan sesuai kesepakatan beberapa waktu lalu (11/10/18). KPU, Bawaslu dan seluruh Parpol, maksimal 5 baliho dan 10 Spanduk untuk dipasang di desa atau kelurahan. Demikian pula zonais pemasangannya.

“Ukurannya sendiri sudah jelas 4×5 baliho dan 1,5×5 spanduk, begitupun zona pemasangannya sudah disepakati,” pungkasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Berita

Sebanyak 94 Karyawan PT LPPPI di Rapid Tes, Ini Hasilnya

Berita

BREAKING NEWS; Mutasi Polri: Kapolda Jambi Diganti

Advetorial

Pencanangan BBGRM, Safrial; Tanamkan Semangat Gotong Royong Pada Anak Sejak Dini

Berita

Sepanjang 2019, Curat Menempati Kasus Paling Menonjol di Wilayah Hukum Polres Tanjabbar

Berita

Swab 46 Medis Negatif, IGD RS KH Daud Arif Kembali Dibuka Hari Ini

Berita

Waspada, Gelombang Pesisir Timur Berpotensi Ketinggian 2,5 Meter

Berita

Pemerintah Tetapkan Tarif Maksimal Rapid Tes 150 Ribu

Berita

HUT Bhayangkara ke 74, Polres Tanjabbar Gelar Bakti Sosial Kesehatan Donor Darah