by

Begini Desain dan Ketentuan Baliho dan Spanduk Caleg yang Disepakati KPU Tanjab Barat dan Parpol Pemilu 2019

-Berita-226 views
= 290

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Peimpinan Partai Politik telah menyepakati aturan teknis dan desain Alat Peraga Kampanye (APK) berupa Baliho dan Sanduk Caleg Pemuli 2019.

Kesepakatan itu dibuat putskan dalam rapat KPU dengan para pimpinan parpol, Pawaslu dan instansi terkait lainnya di Kantor KPU Kabupaten Tanjab Barat, Kamis (11/10/18).

Aturan itu berupa pengadaan alat peraga kampanye, aturan penyebaran alat peraga kampanye caleg, isi dan ukuran baliho spanduk kampanye caleg, hingga isi dan desain baleho spanduk.

Begitupun dengan zonasi pemasangan baleho atau spanduk telah disepakati juga harus dipedomani.

Ketua KPU Khairuddin, S.Sos mengatakan, sesuai kesepakatan itu menyetujui bahwa Baliho kampenye berukuran 4 x 5 meter horizontal, spanduk 1,5 x 5 meter horizontal.

“Untuk APK baliho KPU menyediakan sebanyak 10 buah dan spanduk 16 buah. Namun itu KPU hanya memfasilitasi cetak APK saja,” katanya.

Hairuddin menambahkan caleg dibolehkan menambah Alat Peraga Kampanye (APK) selain yang difasilitasi oleh KPU Kab. Tanjab Barat. Isi dari APK tersebut berupa foto dan jabatan pengurus Parpol, Foto Tokoh, Visi dan Misi, Jargon tidak boleh berupa Provokatif, sara.

“Tidak boleh membawa nama atau foto calon DPD RI, nama Capres dan Cawapres, kalau yang bersangkutan merupakan salah satu caleg atau Capres atau Cawapres tapi dimunculkan adalah jabatan pengurus Parpol,” tegasnya.

Jumlah Penambahan APK dibuat oleh Parpol dengan Desain sendiri dan harus memuat nama dan foto Caleg dalam jumlah 1 Dapil itu dan tidak boleh masing masing caleg membuat spanduk atau baleho yang memuat 1 gambar untuk 1 caleg.

Untuk Parpol peserta pemilu terdiri dari :

  1. Baliho paling banyak 5 buah di desa/Kel atau sebutan lain.
  2. Spanduk paling banyak 10 buah di desa/kelurahan atau sebutan lain .
  3. Billboard atau Videotron paling banyak 2 buah di Kab/Kota.

“Perlu diperhatikan pemasangan APK dengan mempertimbangkan etika, estetika, kebersihan dan Keindahan kota atau kawasan setempat sesuai dengan ketentuan Perundang undangan,” imbuhnya.

Hadir dalam rapat kemarin KPU Provinsi Jambi Apnizal, S.PT, Kapolres Tanjab Barat AKBP. ADG Sinaga, S.IK, Ketua Bawaslu Hadi Siswa, S.Pd.I, serta pimpinan parpol peserta Pemilu 2019.

Editor : Tim Redaksi

Print Friendly, PDF & Email