LIVE TV
Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran, Wabup Temukan Banyak Absen ASN Bolong Bupati dan Pj Gubernur Tinjau Balai Adat dan Pos Pelayanan Ops Ketupat di Terminal Pembengis Wabup Hairan Dampingi Pj Gubernur Tinjau Pos Penyekatan Mudik Perbatasan Jambi-Riau di Batang Asam Danrem 042/Gapu Dampingi Pj Gubernur Tinjau Pos Penyekatan Jambi-Riau Cegah Covid-19 Pascar Libur Idul Fitri, Warga BTN Permata Hijau Gotong Royong Penyemprotan Disinfektan

Home / Nasional

Rabu, 3 Juni 2020 - 02:34 WIB

BPS Buka Lowongan 247 Ribu Petugas Sensus

KUALA TUNGKAL – Badan Pusat Statistik (BPS) berencana membuka lowongan sebanyak 247 ribu untuk petugas sensus penduduk tahun 2020 ini.

Petugas tersebut nantinya bekerja menyebarkan formulir dan mendata masyarakat yang belum melakukan sensus penduduk secara online yang telah berakhir 31 Mei 2020 kemarin.

“BPS akan melakukan penyempurnaan tata kelola. Kita akan merekrut 247 ribu orang yang akan melibatkan pengurus RT,” ujar Suhariyanto Kepala BPS melalui diskusi online, Jakarta, Selasa (02/06/20).

Suhariyanto mengatakan, sensus tatap muka akan dilakukan apabila Virus Corona berlalu pada September 2020. Petugas nantinya akan mendatangi masyarakat dengan membawa kuesioner didampingi oleh petugas RT setempat.

BACA JUGA :  Hingga Lebaran Kedua, 700 Kendaraan Mengarah ke Jambi Diputar Balik

“Pada September 2020, nanti petugas sensus akan didampingi oleh ketua RT berkeliling ke rumah tangga untuk membagikan kuesioner secara offline. Jadi tidak akan ada wawancara tetapi kita minta masyarakat mengisi kuesioner yang dibagikan dan akan diambil kembali petugas sensus,” jelasnya.

Lebih lanjut, Suhariyanto menjelaskan, sensus penduduk secara online yang diselenggarakan dari 15 Februari hingga 30 Mei 2020 pukul 12.12 WIB hanya diikuti oleh 51,6 juta jiwa dari total 270 juta penduduk Indonesia. Jumlah tersebut hanya sekitar 19,05 persen.

BACA JUGA :  Wabup Hairan Dampingi Pj Gubernur Tinjau Pos Penyekatan Mudik Perbatasan Jambi-Riau di Batang Asam

“Dengan mempertimbangkan ini adalah sensus online pertama di Indonesia saya harus bilang bahwa kepedulian masyarakat Indonesia ke data sangat luar biasa,” tutupnya.

**Artikel ini telah terbit di liputan6.com dengan judul : Siapa Minat, BPS Buka Lowongan 247 Ribu Petugas Sensus.

Share :

Baca Juga

Nasional

Satu Pegawai KPU Positif Covid-19

Nasional

Satgas Pamtas YONIF R 142/KJ dan Jajaran Pos di Perbatasan RI-Timor Leste Silaturrahmi Idul Fitri via Vicon

Nasional

DPR dan Pemrintah Sepakat Pilkada Serentak Digelar 9 Desember 2020

Advetorial

Kodim 0419/Tanjab Kirim Kontingen Panahah Kejuaraan Piala Panglima TNI Open 2019

Nasional

Resmi BKN Tunda Pelaksanaan SKB CPNS 2019, Sampai Kapan?

Nasional

Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Jatuh pada Hari Rabu atau Kamis?

Nasional

583 Perwira Lulusan Diktukpasus TNI AD Dilantik

Nasional

Satgas Yonif Raider 142 KJ Dorong Logistik ke Pos Garis Depan Perbatasan Indonesia-Timor Leste