YTUBE
Buntut Kasus Kematian Brigadir J, 83 Polisi Diperiksa Terkait 35 Direkom Patsus Respon Arahan Kapolri, Polda Jambi Berantas Semua Perjudian Koreografer Belanda Arno Schuitemaker Pukau Penikmat Seni di Jambi dalam Karya “If You Could See Me Now” Pembinaan Karakter, Siswa Muslim dan Non Muslim di SMPN 2 Dapat Perlakuan Sama Garuda Putih FC Rebut Juara III Turnamen Sepakbola Antar Instansi HUT RI ke-77

Home / Muaro Jambi

Jumat, 22 April 2022 - 01:25 WIB

Bupati Masnah Dampingi Kajati Resmikan Rumah Gena RJ di Desa Bulit Baling

MUARO JAMBI – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jambi Sapta Subrata didampingi Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro kembali meresmikan Rumah Restorative Justice untuk wilayah Kabupaten Muaro Jambi.

Serioni peresmian berlangsung di Rumah Adat Melayu Desa Bukit Baling, Komplek Perkantoran Bukit Cinto Kenang, Kecamatan Sekernan, Kab Muaro Jambi, Kamis (21/04/22).

Hadir dalam kegiatan ini, Kajari Muaro Jambi Kamin, Kapolres Muaro Jambi AKBP Yuyan Priatmaja, Dandim 0415/Jambi, Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono, Kepala OPD, Para Camat, Para Kepala Desa se wilayah Muaro Jambi.

Kajati Jambi Sabta Subrata mengatakan, program Restorative Justice bertujuan untuk membantu masyarakat menyelesaikan permasalahan hukum, baik pidana maupun perdata sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Kejaksaan RI Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restorative.

BACA JUGA :  Kasrem 042/Gapu Hadiri Peluncuran 7 Pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

“Permasalahan yang kecil seperti maling sandal, atau perkara yang kerugiannya dibawa Rp 2 juta, kemudian baru pertama kali melakukan, bukan resedivis dan ancamannya dibawah 5 tahun, supaya dapat diselesaikan ditingkat bawah. Antara korban dan pelaku ataupun keluarga bisa berdamai. Atau bisa juga diselesaikan ditigkat desa. Program RJ ini tujuannya untuk menciptakan kondisi yang rukun dan damai ditengah masyarakat,” ujarnya.

Masnah Busro menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Kajati Jambi yang meresmikan Rumah Restorative Justice dan nantinya akan disebut Gena RJ.

“Dengan adanya Gena RJ ini, permasalahan pencurian yang ancaman hukuman dibawa Lima Tahun, atau pencurian Sandal ataupun bentrok antar desa, kiranya jangan dulu langsung bawa ke tingkat kepolisian atau kejaksaan. Hendaknya diselesaikan dulu ditingkat desa masing masing,” ungkap Masnah.

BACA JUGA :  Garuda Putih FC Rebut Juara III Turnamen Sepakbola Antar Instansi HUT RI ke-77

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Muaro Jambi Kamin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kajati Jambi yang sudah meresmikan Rumah Restorative Justice Kabupaten Muaro Jambi di Komplek Perkantoran Bukit Cinto Kenang Bukit Baling Kecamatan Sekernan Muaro Jambi.

“Mudah mudahan tempat ini dapat dimanfaatkan secara optimal, dan semua perkara bukan hanya langsung ke tingkat pengadilan tapi bisa diselesaikan sedini mungkin dengan keadilan kemasyarakatan. Tujuan kita bukan untuk memenjarakan semua orang, akan tetapi dengan adanya RJ ini dapat dipilah pilah mana yang patut untuk diselesaikan tingkat bawa, atau dilanjutkan ke tingkat pengadilan,” tandas Kajari.(Adv)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Tinjau Malam Natal, Kapolres Apresiasi Gerai Vaksin di Gereja GPIB Imenuel Mestong

Muaro Jambi

Safari Ramadhan di Desa Kemingking Dalam, Wabup Muaro Jambi Sampaikan Permohonan Maaf

Muaro Jambi

Polda Jambi Resmi Sita Aset PT DHD Terkait Kasus Investasi Lele

Muaro Jambi

Reses ke Mendalo Indah, Ivan Wirata Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Covid-19

Pasien Sembuh di Jambi Terus Meningkat, Hari Ini 9 Orang

Muaro Jambi

9 Hari Dirawat Isolasi, Begini Kondisi Kesehatan Bupati Masnah

Muaro Jambi

Pemkab Muaro Jambi dan Batanghari Lakukan Kerjasama

Muaro Jambi

Kapolsek Jaluko Tinjau Lokasi Kegiatan Hari Lingkungan Hidup di Desa Senaung