indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
21 Instansi di Kota Jambi Beri Layanan Terpusat di Mall Pelayanan Publik Waspada Kebakaran, Damkar dan Penyelamatan Tanjab Barat Himbau Warga Lakukan Ini Kebun Tercemar Limbah PDAM, Warga Talang Makmur Ngadu ke Wakil Rakyat Polres Bungo Buka Bengkel Gratis Layani Pelanggar Knalpot Brong 75 Peserta Mengikuti USPK Paket B, Erham : Ijazah Bisa Digunakan Untuk Melanjutkan Pendidikan Formal

Home / Muaro Jambi

Rabu, 20 Januari 2021 - 22:17 WIB

Bupati Muaro Jambi Hadiri ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’ Desa Senaung 

FOTO : Bupati Muara Jambi Menghadiri 'Sedekah Payo, Turun ke Umo' Desa Senaung, Rabu (20/01/21)

FOTO : Bupati Muara Jambi Menghadiri 'Sedekah Payo, Turun ke Umo' Desa Senaung, Rabu (20/01/21)

MUARO JAMBI – Bupati Hj. Masnah Busro, Rabu (20/01/21) menghadiri prosesi ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’ bersama Gabungan Kelompok Tani dan masyarakat Desa Senaung, Jaluko Muaro Jambi.

Acara diiringi dengan pembacaan burdah dan do’a, dilanjutkan dengan turun ke sawah memulai pembajakan lahan sebagai tanda dimulainya masa tanam.

Bahkan kegiatan ini sudah menjadi budaya dan adat-istiadat turun-temurun, Masyarakat Muaro Jambi di Desa Senaung melalui Gabungan Kelompok Tani Maju Bersama Desa Senaung melakukan ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’, bertujuan memohon kepada Tuhan agar diberi selamat dan kelancaran dalam melakukan pertanian, serta sebagai bentuk gotong-royong masyarakat dalam bertani.

Dalam sambutannya Ketua Gapoktan Maju Bersama Desa Senaung, Sayuti Dahlan, menyampaikan; harapannya agar Gabungan Kelompok Tani yang dipimpinnya diberi bantuan berupa penambahan unit Alsintan, pembasmi hama, dan alat penunjang lainnya.

BACA JUGA :  Buka Pelatihan Bintalsik Karyawan PT MSR, Ini Harapan Danrem Gapu

Sementara, Kades Senaung, Bustami, menyampaikan aspirasi nya, agar di desanya dibangun infrastruktur penunjang pertanian, seperti perbaikan irigasi, dan jalan masuk lahan persawahan. Ia juga berharap kepada Bupati agar dapat menambah jalur listrik untuk penerangan jalan di desanya.

Menanggapi aspirasi dua tokoh masyarakat Desa Senaung itu, Bupati Masnah Busro dalam sambutannya menyampaikan akan menindaklanjuti hal tersebut.

Bupati sangat mengapresiasi atas ke kompakan masyarakat Desa Senaung yang bahu-membahu membangun Desa.

“Berterima kasih dan luar biasa bangga. Ini merupakan tradisi dan adat istiadat kita sejak dulu, ketika hendak ke sawah menanam padi melakukan do’a bersama agar diberi kemudahan dalam bertani serta hasil panen yang melimpah. Hal ini juga bentuk kekompakan masyarakat, bahu-membahu membangun Desa Senaung. Datuk Kades nanti segera laporkan (mengirim surat) kepada saya apa saja yang dibutuhkan. Nanti akan saya utus ke lapangan dinas terkait dan saya yang akan meninjaunya langsung,” pungkas Masnah.

BACA JUGA :  Bupati Masnah Lantik Ketua dan Pengurus PKK Desa se Kecamatan Sungai Gelam

Penghujung acara dilanjutkan dengan makan ‘merawang’ (red-makan bersama) dengan tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat RT.10 Desa Senaung.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Muaro jambi,Ketua MUI, Camat Jambi luar kota,Perankat desa dan Lembaga adat.(AD)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

65 Kepala Sekolah di Kabupaten Muaro Jambi Mengikuti Workshop Program Kejar Mutu

Muaro Jambi

Wakapolda Jambi Tinjau Serbuan Vaksinasi Massal di Tangkit

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Berikan Pengamanan Natal di 65 Tempat Ibadah

Muaro Jambi

Sejumlah Kendaraan Mudik Diputar Balikan di Pos Penyekatan Polres Muaro Jambi

Muaro Jambi

Bersama Anggota Koramil, Kapolres Muaro Jambi Rayakan HUT TNI Saat Pelaksanaan Vaksinsi

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Siapkan 178 Personil Gabungan Untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Gelar Vaksin Door to Door ke Kantor-Kantor

Muaro Jambi

BPBD Muaro Jambi Imbau Warga Tetap Waspada dengan Kondisi Cuaca Saat Ini