LIVE TV
Turut Memajukan Cabor Taekwondo Tanjab Timur, PetroChina Bantu Peralatan Latihan PWI Sumut Kecam Penembakan Pemred Media Lokal Medan Bikin Resah Warga, Polisi Akan Bidik Pinjol Ilegal Pembelajaran Tatap Muka di Tebing Tinggi Akan Dilaksanakan Dengan Aturan Ketat Tanjabbar Kembali Berlakukan Jam Malam, Prokes Diperketat

Home / Muaro Jambi

Rabu, 20 Januari 2021 - 22:17 WIB

Bupati Muaro Jambi Hadiri ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’ Desa Senaung 

FOTO : Bupati Muara Jambi Menghadiri 'Sedekah Payo, Turun ke Umo' Desa Senaung, Rabu (20/01/21)

FOTO : Bupati Muara Jambi Menghadiri 'Sedekah Payo, Turun ke Umo' Desa Senaung, Rabu (20/01/21)

MUARO JAMBI – Bupati Hj. Masnah Busro, Rabu (20/01/21) menghadiri prosesi ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’ bersama Gabungan Kelompok Tani dan masyarakat Desa Senaung, Jaluko Muaro Jambi.

Acara diiringi dengan pembacaan burdah dan do’a, dilanjutkan dengan turun ke sawah memulai pembajakan lahan sebagai tanda dimulainya masa tanam.

Bahkan kegiatan ini sudah menjadi budaya dan adat-istiadat turun-temurun, Masyarakat Muaro Jambi di Desa Senaung melalui Gabungan Kelompok Tani Maju Bersama Desa Senaung melakukan ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’, bertujuan memohon kepada Tuhan agar diberi selamat dan kelancaran dalam melakukan pertanian, serta sebagai bentuk gotong-royong masyarakat dalam bertani.

Dalam sambutannya Ketua Gapoktan Maju Bersama Desa Senaung, Sayuti Dahlan, menyampaikan; harapannya agar Gabungan Kelompok Tani yang dipimpinnya diberi bantuan berupa penambahan unit Alsintan, pembasmi hama, dan alat penunjang lainnya.

BACA JUGA :  PWI Sumut Kecam Penembakan Pemred Media Lokal Medan

Sementara, Kades Senaung, Bustami, menyampaikan aspirasi nya, agar di desanya dibangun infrastruktur penunjang pertanian, seperti perbaikan irigasi, dan jalan masuk lahan persawahan. Ia juga berharap kepada Bupati agar dapat menambah jalur listrik untuk penerangan jalan di desanya.

Menanggapi aspirasi dua tokoh masyarakat Desa Senaung itu, Bupati Masnah Busro dalam sambutannya menyampaikan akan menindaklanjuti hal tersebut.

Bupati sangat mengapresiasi atas ke kompakan masyarakat Desa Senaung yang bahu-membahu membangun Desa.

“Berterima kasih dan luar biasa bangga. Ini merupakan tradisi dan adat istiadat kita sejak dulu, ketika hendak ke sawah menanam padi melakukan do’a bersama agar diberi kemudahan dalam bertani serta hasil panen yang melimpah. Hal ini juga bentuk kekompakan masyarakat, bahu-membahu membangun Desa Senaung. Datuk Kades nanti segera laporkan (mengirim surat) kepada saya apa saja yang dibutuhkan. Nanti akan saya utus ke lapangan dinas terkait dan saya yang akan meninjaunya langsung,” pungkas Masnah.

BACA JUGA :  Kota Kuala Tungkal Mendadak Mati Lampu, Begini Keterangan PLN

Penghujung acara dilanjutkan dengan makan ‘merawang’ (red-makan bersama) dengan tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat RT.10 Desa Senaung.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Muaro jambi,Ketua MUI, Camat Jambi luar kota,Perankat desa dan Lembaga adat.(AD)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Wabup Muaro Jambi Buka TMMD 110 Kodim 0415/BTH

Muaro Jambi

Arogan dan Intimidasi Wartawan, Kades di Muaro Jambi di Polisikan

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Bagikan Ratusan Paket Takjil Kepada Masyarakat

Muaro Jambi

Final Pra Porprov, Tim Sepak Bola Muaro Jambi Tumbangkan Kerinci Lewat Adu Pinalti 3-2

Muaro Jambi

Danrem 042 Gapu Tinjau Lokasi Pelaksanaan Program TMMD Kodim Batanghari

Muaro Jambi

Akses Jalan Kabupaten Rusak Parah, Warga Sungai Gelam Tagih Janji Politik Bupati dan DPRD

Covid-19

Gubernur Jambi Apresiasi Bantuan Penanganan COVID-19 Kepada DISHUT, NGO FFI, BBNTKS dan BKSDA

Muaro Jambi

Terlibat Laka Lantas, Pengendara Sepeda Motor Meninggal di Tempat