LIVE
Satgas TMMD Ke-112 Kodim 1002/HST Gelar Penyuluhan Pertanian Besok DPRD Tanjab Barat Akan Gelar Vaksinasi 1.000 Dosis Bupati Kolaka Timur Disebut Terjaring OTT KPK Semangat Satgas TMMD Ke-112 Kodim HST Bangun Jembatan Pedesaan Tegas! Bupati Tanjabbar Minta Perusahaan dalam Forum TJSLP Jujur dan Terbuka

Home / Muaro Jambi

Rabu, 20 Januari 2021 - 22:17 WIB

Bupati Muaro Jambi Hadiri ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’ Desa Senaung 

FOTO : Bupati Muara Jambi Menghadiri 'Sedekah Payo, Turun ke Umo' Desa Senaung, Rabu (20/01/21)

FOTO : Bupati Muara Jambi Menghadiri 'Sedekah Payo, Turun ke Umo' Desa Senaung, Rabu (20/01/21)

MUARO JAMBI – Bupati Hj. Masnah Busro, Rabu (20/01/21) menghadiri prosesi ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’ bersama Gabungan Kelompok Tani dan masyarakat Desa Senaung, Jaluko Muaro Jambi.

Acara diiringi dengan pembacaan burdah dan do’a, dilanjutkan dengan turun ke sawah memulai pembajakan lahan sebagai tanda dimulainya masa tanam.

Bahkan kegiatan ini sudah menjadi budaya dan adat-istiadat turun-temurun, Masyarakat Muaro Jambi di Desa Senaung melalui Gabungan Kelompok Tani Maju Bersama Desa Senaung melakukan ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’, bertujuan memohon kepada Tuhan agar diberi selamat dan kelancaran dalam melakukan pertanian, serta sebagai bentuk gotong-royong masyarakat dalam bertani.

BACA JUGA :  Danrem 042/Gapu Hadiri Peresmian Kenaikan Status Rumkit Bratanata Jambi

Dalam sambutannya Ketua Gapoktan Maju Bersama Desa Senaung, Sayuti Dahlan, menyampaikan; harapannya agar Gabungan Kelompok Tani yang dipimpinnya diberi bantuan berupa penambahan unit Alsintan, pembasmi hama, dan alat penunjang lainnya.

Sementara, Kades Senaung, Bustami, menyampaikan aspirasi nya, agar di desanya dibangun infrastruktur penunjang pertanian, seperti perbaikan irigasi, dan jalan masuk lahan persawahan. Ia juga berharap kepada Bupati agar dapat menambah jalur listrik untuk penerangan jalan di desanya.

BACA JUGA :  148 PNS di Tanjabbar Masuk Masa Pensiun, Paling Banyak Tenaga Guru

Menanggapi aspirasi dua tokoh masyarakat Desa Senaung itu, Bupati Masnah Busro dalam sambutannya menyampaikan akan menindaklanjuti hal tersebut.

Bupati sangat mengapresiasi atas ke kompakan masyarakat Desa Senaung yang bahu-membahu membangun Desa.

“Berterima kasih dan luar biasa bangga. Ini merupakan tradisi dan adat istiadat kita sejak dulu, ketika hendak ke sawah menanam padi melakukan do’a bersama agar diberi kemudahan dalam bertani serta hasil panen yang melimpah. Hal ini juga bentuk kekompakan masyarakat, bahu-membahu membangun Desa Senaung. Datuk Kades nanti segera laporkan (mengirim surat) kepada saya apa saja yang dibutuhkan. Nanti akan saya utus ke lapangan dinas terkait dan saya yang akan meninjaunya langsung,” pungkas Masnah.

BACA JUGA :  TNI Buka Pendaftaran Calon Perwira Prajurit Karir 2021 Lulusan D4-S1, Ini Persyaratan dan Ketentuannya

Penghujung acara dilanjutkan dengan makan ‘merawang’ (red-makan bersama) dengan tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat RT.10 Desa Senaung.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Muaro jambi,Ketua MUI, Camat Jambi luar kota,Perankat desa dan Lembaga adat.(AD)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Akses Jalan Kabupaten Rusak Parah, Warga Sungai Gelam Tagih Janji Politik Bupati dan DPRD

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Bagikan Ratusan Paket Takjil Kepada Masyarakat

Muaro Jambi

Minta Usut Tuntas Kasus Kades Bertam, Ketua PWM datangi Polres Muaro Jambi

Muaro Jambi

Danrem 042 Gapu Pimpin Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Misa Jumat Agung di Polres Muaro Jambi

Daerah

Silaturrahmi ke Tribun Jambi, Danrem Ajak Media Sinergi Perangi Penyebaran Covid-19

Muaro Jambi

Pemkab Muaro Jambi dan Batanghari Lakukan Kerjasama

Muaro Jambi

319 Kendaraan Diputarbalik di Pos Sekat Mudik Tempino

Muaro Jambi

Tim Sahabat Haris-Sani Terbentuk di Muaro Jambi