YTUBE
Kapolres dan Dandim 0417 Kerinci Sidak ke Kantor Pelayanan Publik Samsat Ops Pekat Jelang Nataru, Polda Jambi Sita Puluhan Botol Miras Berbagai Merk Bupati Anwar Sadat Himbau Waspada Terhadap Pemicu Kebakaran Silaturahmi, Bupati Anwar Sadat Ajak Masyarakat Sungai Dualap Kembangkan UMKM Kebakaran di Muara Sabak Timur, AKBP Andi : Kapolsek Siap Bantu Terbitkan Suket

Home / Muaro Jambi

Rabu, 20 Januari 2021 - 22:17 WIB

Bupati Muaro Jambi Hadiri ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’ Desa Senaung 

FOTO : Bupati Muara Jambi Menghadiri 'Sedekah Payo, Turun ke Umo' Desa Senaung, Rabu (20/01/21)

FOTO : Bupati Muara Jambi Menghadiri 'Sedekah Payo, Turun ke Umo' Desa Senaung, Rabu (20/01/21)

MUARO JAMBI – Bupati Hj. Masnah Busro, Rabu (20/01/21) menghadiri prosesi ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’ bersama Gabungan Kelompok Tani dan masyarakat Desa Senaung, Jaluko Muaro Jambi.

Acara diiringi dengan pembacaan burdah dan do’a, dilanjutkan dengan turun ke sawah memulai pembajakan lahan sebagai tanda dimulainya masa tanam.

Bahkan kegiatan ini sudah menjadi budaya dan adat-istiadat turun-temurun, Masyarakat Muaro Jambi di Desa Senaung melalui Gabungan Kelompok Tani Maju Bersama Desa Senaung melakukan ‘Sedekah Payo, Turun ke Umo’, bertujuan memohon kepada Tuhan agar diberi selamat dan kelancaran dalam melakukan pertanian, serta sebagai bentuk gotong-royong masyarakat dalam bertani.

Dalam sambutannya Ketua Gapoktan Maju Bersama Desa Senaung, Sayuti Dahlan, menyampaikan; harapannya agar Gabungan Kelompok Tani yang dipimpinnya diberi bantuan berupa penambahan unit Alsintan, pembasmi hama, dan alat penunjang lainnya.

BACA JUGA :  Hupacara HUT ke-72 Polairud, Kapolda Jambi Tetap Tingkatkan Kemampuan

Sementara, Kades Senaung, Bustami, menyampaikan aspirasi nya, agar di desanya dibangun infrastruktur penunjang pertanian, seperti perbaikan irigasi, dan jalan masuk lahan persawahan. Ia juga berharap kepada Bupati agar dapat menambah jalur listrik untuk penerangan jalan di desanya.

Menanggapi aspirasi dua tokoh masyarakat Desa Senaung itu, Bupati Masnah Busro dalam sambutannya menyampaikan akan menindaklanjuti hal tersebut.

Bupati sangat mengapresiasi atas ke kompakan masyarakat Desa Senaung yang bahu-membahu membangun Desa.

“Berterima kasih dan luar biasa bangga. Ini merupakan tradisi dan adat istiadat kita sejak dulu, ketika hendak ke sawah menanam padi melakukan do’a bersama agar diberi kemudahan dalam bertani serta hasil panen yang melimpah. Hal ini juga bentuk kekompakan masyarakat, bahu-membahu membangun Desa Senaung. Datuk Kades nanti segera laporkan (mengirim surat) kepada saya apa saja yang dibutuhkan. Nanti akan saya utus ke lapangan dinas terkait dan saya yang akan meninjaunya langsung,” pungkas Masnah.

BACA JUGA :  Silaturahmi, Bupati Anwar Sadat Ajak Masyarakat Sungai Dualap Kembangkan UMKM

Penghujung acara dilanjutkan dengan makan ‘merawang’ (red-makan bersama) dengan tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat RT.10 Desa Senaung.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Muaro jambi,Ketua MUI, Camat Jambi luar kota,Perankat desa dan Lembaga adat.(AD)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Polda Jambi dan Polres Muaro Jambi Genjot Vaksinasi Anak dan Lansia

Muaro Jambi

Banyak BUMDes Mati Suri, Kabid PMD : Kepala Desa Kurang Inovasi

Muaro Jambi

Vaksinasi Massal di Desa Penyingat Olak, Polsek Jaluko Bagikan Sembako Kepada 150 Peserta Datang Lebih Awal

Muaro Jambi

Bupati Masnah Dampingi Kajati Resmikan Rumah Gena RJ di Desa Bulit Baling

Muaro Jambi

Majelis Taklim Syubbanul Mubiin Desa Senaung Gelar Syukuran Milad Ke 3

Muaro Jambi

Sekda Berharap Desa Mekar Sari Menang Penilaian Lomba Tingkat Provinsi Jambi

Muaro Jambi

Bantuan Kemanusiaan Polres Muaro Jambi Tiba di Cianjur

Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Gelar Vaksinasi Massal Serentak 8 Desa