LIVE TV
Turut Memajukan Cabor Taekwondo Tanjab Timur, PetroChina Bantu Peralatan Latihan PWI Sumut Kecam Penembakan Pemred Media Lokal Medan Bikin Resah Warga, Polisi Akan Bidik Pinjol Ilegal Pembelajaran Tatap Muka di Tebing Tinggi Akan Dilaksanakan Dengan Aturan Ketat Tanjabbar Kembali Berlakukan Jam Malam, Prokes Diperketat

Home / Advetorial

Selasa, 22 Oktober 2019 - 21:54 WIB

Bupati Safrial Tebar 30 Ribu Benih Ikan Air Tawar di Lubuk Larangan Tantang Sakti

FOTO : Bupati Safrial Pada Acara Menebar 30 Ribu Benih Ikan Air Tawar di Lubuk Larangan Tantang Sskti, Desa Suban Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jangung Barat, Selasa (22/10/19)

FOTO : Bupati Safrial Pada Acara Menebar 30 Ribu Benih Ikan Air Tawar di Lubuk Larangan Tantang Sskti, Desa Suban Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jangung Barat, Selasa (22/10/19)

BATANG ASAM – Bupati Tanjab Barat Dr. Safrial lakukan penebaran 30 ribu benih ikan (Restocking) di kawasan Lubuk Larangan Tantang Sskti, Desa Suban Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jangung Barat, Selasa (22/10/19).

Benih ikan Kapiat atau lempam (Barbonymus schwanenfeldii) tersebut bersumber dari bantuan balai perikanan budidaya air tawar Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (Sungai Gelam, Jambi).

Bupati Safrial mengatakan Restocking merupakan salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum yang dianggap telah mengalami penurunan stock ikan khas lokal sebagai akibat dari tingkat pemanfaatan yang berlebihan.

BACA JUGA :  Tanjabbar Kembali Berlakukan Jam Malam, Prokes Diperketat

“Tujuan Restocking ini ialah untuk meningkatkan stock populasi ikan di perairan umum, melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, meningkatkan produksi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujar Safrial.

Penyebaran juga dimaksudkan untuk mengakomodasi ketergantungan masyarakat Batang Asam yang masih menjadikan ikan sebagai lauk utama sehari-hari.

Bupati Tanjab Barat ini berharap ada kerjasama yang baik antara instansi dan stakeholder terkait dalam menjaga perairan umum/sungai yang ada sehingga terjadi keseimbangan alam dan lingkungan yang semakin terjaga.

“Pada kesempatan ini saya berpesan kepada instansi terkait agar dapat melaksanakan kegiatan restocking ini secara rutin demi pelestarian sumber daya ikan dan dalan rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengkonsumsi ikan,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Kembali ke Zona Merah, Wabup Hairan Gelar Rapat Bersama Satgas Covid-19

Lanjut Safrial, pihaknya juga mengimbau para nelayan agar menggunakan alat tangkap ramah lingkungan, jangan sampai benih yang sudah ditebar ini mati karena aktivitas tangkapan.

“Jangan lagi ada yang pakai setrum, nanti seluruh nelayan kami kumpulkan agar diberi pemahaman cara tangkap yang baik,” pungkasnya.

Hadir pada kegiatan ini Staf Ahli Bupati Ir. H. Erwin selaku Kadis Perikanan dan Kelautan, Camat Batang Asam Dian Ismail Paripyrna, S.Sos dan undangan lainnya.#

Share :

Baca Juga

Advetorial

Pangdam II/Sriwijaya Serahkan Kawasan Terpadu SAD Ke Pemkab Sarolangun

Advetorial

Polres Tanjab Barat Resmi Canangkan Zona Integritas Menuju WBS dan WBBM

Advetorial

Wabup Amir Sakib Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Di Gang Kelinci

Advetorial

Bupati Sampaikan Nota Keuangan dan Raperda APBD Tahun Anggaran 2019

Advetorial

Bupati Tanjabbar Bersama Danlanal Palembang Lakukan Patroli Perairan Kuala Tungkal

Advetorial

Pemkab Tanjab Barat Berhasil Raih WTP Atas LHP LKPD 2018

Advetorial

Safrial Minta Pembangunan Pelabuhan di Tanjab Barat Masuk Agenda Pembangunan Nasional ke Dirjen Laut Kemenhub RI

Advetorial

Bupati Safrial Resmikan Pembukaan MTQ Kabupaten Ke 48 Di Kecamatan Senyerang