YTUBE
Sampaikan Aspirasi, Puluhan Nelayan Tanjab Barat Duduk Bersama di Rumah Ahmad Jahfar Maling HP dan Tabung Gas Elpiji 3 Kilogram, Dua Pemuda di Tanjab Barat Diamankan Polisi Pengumuman PPPK Guru Diundur, Guru Honorer Tanjabbar Kecewa Lahan di Betara Terbakar, PetroChina Sigap Bantu Pemadaman Api 10 Fakta Aborsi Maut Ibu dan Bayi di Kamar Hotel Kuala Tungkal

Home / Advetorial

Selasa, 22 Oktober 2019 - 21:54 WIB

Bupati Safrial Tebar 30 Ribu Benih Ikan Air Tawar di Lubuk Larangan Tantang Sakti

FOTO : Bupati Safrial Pada Acara Menebar 30 Ribu Benih Ikan Air Tawar di Lubuk Larangan Tantang Sskti, Desa Suban Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jangung Barat, Selasa (22/10/19)

FOTO : Bupati Safrial Pada Acara Menebar 30 Ribu Benih Ikan Air Tawar di Lubuk Larangan Tantang Sskti, Desa Suban Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jangung Barat, Selasa (22/10/19)

BATANG ASAM – Bupati Tanjab Barat Dr. Safrial lakukan penebaran 30 ribu benih ikan (Restocking) di kawasan Lubuk Larangan Tantang Sskti, Desa Suban Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jangung Barat, Selasa (22/10/19).

Benih ikan Kapiat atau lempam (Barbonymus schwanenfeldii) tersebut bersumber dari bantuan balai perikanan budidaya air tawar Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (Sungai Gelam, Jambi).

Bupati Safrial mengatakan Restocking merupakan salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum yang dianggap telah mengalami penurunan stock ikan khas lokal sebagai akibat dari tingkat pemanfaatan yang berlebihan.

BACA JUGA :  Penilaian Kualatas Pelayanan Publik Lima OPD Tanjabbar : PTSP Tertinggi, Dinsos Terendah

“Tujuan Restocking ini ialah untuk meningkatkan stock populasi ikan di perairan umum, melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, meningkatkan produksi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujar Safrial.

Penyebaran juga dimaksudkan untuk mengakomodasi ketergantungan masyarakat Batang Asam yang masih menjadikan ikan sebagai lauk utama sehari-hari.

Bupati Tanjab Barat ini berharap ada kerjasama yang baik antara instansi dan stakeholder terkait dalam menjaga perairan umum/sungai yang ada sehingga terjadi keseimbangan alam dan lingkungan yang semakin terjaga.

“Pada kesempatan ini saya berpesan kepada instansi terkait agar dapat melaksanakan kegiatan restocking ini secara rutin demi pelestarian sumber daya ikan dan dalan rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengkonsumsi ikan,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Resmikan Aktivasi Jargas, Bupati Anwar Sadat Berharap Bisa Mengurai Antrian Gas Elpiji 3 Kilogram

Lanjut Safrial, pihaknya juga mengimbau para nelayan agar menggunakan alat tangkap ramah lingkungan, jangan sampai benih yang sudah ditebar ini mati karena aktivitas tangkapan.

“Jangan lagi ada yang pakai setrum, nanti seluruh nelayan kami kumpulkan agar diberi pemahaman cara tangkap yang baik,” pungkasnya.

Hadir pada kegiatan ini Staf Ahli Bupati Ir. H. Erwin selaku Kadis Perikanan dan Kelautan, Camat Batang Asam Dian Ismail Paripyrna, S.Sos dan undangan lainnya.#

Share :

Baca Juga

Advetorial

Upacara Peringatan HUT ke 74 TNI Korem 042 Gapu Dibarengi Demontrasi Pembebasan Sandra

Advetorial

Bupati Anwar Sadat Apresiasi Polres Tanjab Barat Dalam Penanganan Karhutla

Advetorial

Ini Harapan Safrial Dari Assessment Manajerial Calon Sekda

Advetorial

Amir Sakib Hadiri Peresmian Gedung BPS Merangin dan Tanjab Barat

Advetorial

Bupati Tanjab Barat Pimpin Rakor Implementasi SAKIP Bersama OPD dan Camat

Advetorial

Wabup Hairan : Pemilu 2024, Wilayah Rawan Konflik dan No Signal jadi Atensi Pemkab

Advetorial

Wabup, Panwascam Baru Dilantuk Harus Punya Jiwa Netral dan Proaktif

Advetorial

Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Dishub Dirikan 2 Posko Terpadu