YTUBE
Kapolsek Muara Tembesi Terima Penyerahan Senpi Rakitan dari Warga Melalui Pokir, Jamal Wujudkan Penantian KUB Sapat Jaya Seberang Kota Miliki Pompong Didukung Penuh Bea Cukai Jambi, PT CLB Ekspor Madu ke Singapura dan Malaysia Bupati Tanjabbar Sebut Penetapan UMK Perlu Mempertimbangkan Keberlangsungan Usaha Polres Merangin Amankan 13 Pelaku PETI dan 1 Unit Excavator

Home / Pendidikan

Selasa, 10 September 2019 - 08:28 WIB

Cerita Para Dosen dan Guru di Jambi Belajar Membuat Big Book, Mengaku Awalnya Sulit

FOTO : Dok. Istimewa Humas Tanoto

FOTO : Dok. Istimewa Humas Tanoto

JAMBI – Kemampuan memahami bacaan bagi siswa kelas awal sekolah dasar yang rendah harus menjadi perhatian semua pihak. Guru dan dosen perlu membuat media yang murah dan mudah dibuat agar siswa di kelas awal sekolah dasar memahami makna isi bacaan.

Hal tersebut diungkapkan fasilitator nasional kelas awal Sekolah Dasar Program PINTAR Tanoto Foundation, Dr. Yeti Heryati yang mengatakan rendahnya kemampuan membaca siswa sangat dipengaruhi metode pembelajaran yang dijalankan guru. Pada umumnya siswa kelas rendah di sekolah dasar diajar membaca dengan cara menghafal.

BACA JUGA :  Tak Lunas Uang Komite Pelajar SMK di Muaro Jambi Ujian di Luar Kelas, Edi Purwanto ; Kita Akan Panggil Disdik

“Anak-anak kita tidak begitu kesulitan mengenali huruf, tapi kalau diminta memaknai isi bacaan, anak-anak kita biasanya lemah,” tutur Yeti, di Jambi, beberapa waktu lalu.

Yeti mengatakan dibutuhkan perubahan metode agar bisa meningkatkan kemampuan membaca. Siswa harus diajar mengenali huruf, mampu membaca kalimat dan mengetahui maknanya sekaligus.

BACA JUGA :  Kepsek SMAN 1 Bantah Tidak Lunas Uang Komite Tidak Ikut Ujian 

“Guru harus merancang media dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Salah satunya dengan pembuatan Big Book,” tegasnya.

Disebut Big Book karena ukurannya jauh lebih besar dari buku umumnya. Big Book berisi kalimat-kalimat sederhana dan gambar-gambar yang mengilustrasikan isi kalimat.

“Karena tulisannya besar-besar dan standar untuk kelas awal, maka siswa jauh lebih gampang mengenali abjad, huruf dan kata,” tukas Yeti.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Hairan : Market Day dan Panen Karya, Wadah Pelajar Menuangkan Imajinasi dan Berwirausaha

Pendidikan

Demo Siswa, Begini Jawaban Plt Kepsek SMK Negeri 1 Tanjab Barat

Pendidikan

Yaakin; Pelibatan Masyarakat Perlu Untuk Majukan Sekolah

Pendidikan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gelar Rakor dan Sosialisasi Persiapan UNBK Tingkat SMP

Pendidikan

Respon Dikbud Muaro Jambi Terkait Permasalahan di SDN 118/IX Pematang Pulai

Pendidikan

Bupati Safrial Imbau Siswa yang Sedang Ujian Nasional, Tak Rayakan Kelulusan Dengan Coret Baju

Pendidikan

Ini 3 Putra Puti Tanjab Barat Yang Dilantik Jadi Taruna STP Jakarta

Pendidikan

Perpisahan, Kepala SMP Xaverius Bangga Hasil Ujian Anak Didiknya Memuaskan