LIVETV
Kunjungi RS DKT Jambi, Ini yang Disampaikan Menko PMK Muhajir Makmurkan Masjid, BKPRMI Jambi Luar Kota Gelar Yasinan Bulanan Rutin Danrem 042/Gapu Dampingi Menko PMK Sambangi RS Dr. Bratanata Jambi Ulil Amri, Anggota DPRD Muaro Jambi Aktif Kunjungi Kegiatan Vaksinasi PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Jaluko Periode 2020-2023 Dikukuhkan

Home / Daerah / Investigasi

Sabtu, 13 Juli 2019 - 19:07 WIB

Danrem 042 Gapu Sayangkan Pembantaian Kelompok SMB Pimpinan Muslim Terhadap Satgas Karhutla

Danrem 042/Garuda Putih Jambi, Kolonel Arh Elphis Rudy

Danrem 042/Garuda Putih Jambi, Kolonel Arh Elphis Rudy

JAMBI – Kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) Jambi yang dipimpin Muslim kembali membuat ulah. sebelumnya kelompok SMB bentrok dengan pemilik IUP HTR di Desa Belanti Jaya, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari Jambi dan menganiaya kepala desa, kali ini justru menyasar terhadap Satgas Terpadu Karhutla yang baru memadamkan kebakaran lahan di area yang dibakar kelompok SMB.

Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy saat dikonfirmasi awak media, Sabtu malam (13/7/2019) mengatakan bahwa Satgas Karhutla Terpadu yang terdiri dari gabungan TRC Damkar PT.WKS, Personel Polri, Babinsa dan Tim Satgas monitoring Karhutla Korem 042/Gapu, pada hari Jum’at tanggal 12 Juli 2019 memadamkan kebakaran seluas kurang lebih 10 hektar di dua lokasi yang diindikasikan sengaja dibakar oleh kelompok SMB, karena beberapa kelompok SMB berusaha mencegah pemadaman tersebut. Pemadaman tersebut dilakukan karena dikuatirkan dapat meluas ke daerah lain dan menjadi bencana kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA :  Makmurkan Masjid, BKPRMI Jambi Luar Kota Gelar Yasinan Bulanan Rutin

Diceritakan Danrem, pada hari Sabtu, tanggal 13 Juli 2019 sekita 60 orang dari kelompok SMB dipimpin Muslim merangsek masuk ke Distrik VIII untuk mencari Tim pemadam yang memadamkan api”. Pada saat kedatangan kelompok SMB, Anggota Satgas monitoring Karhutla Korem dan Anggota Polri melihat adanya kemungkinan kelompok tersebut akan melakukan pembakaran lahan lagi karena membawa senjata rakitan dan senjata tajam dan alat-alat lainnya, berusaha melakukan komunikasi untuk mencegah dan menghimbau kelompok tersebut dan bahwa pembakaran dapat berdampak luas, namun kelompok SMB tersebut marah dan melakukan pemukulan terhadap TRC Damkar dan karyawan PT.WKS yang ada dilokasi dan mengakibatkan banyak yang terluka.

BACA JUGA :  Melawan Hendak Ditangkap, Tahanan Kabur Dihadiahi Timah Panas

“Pemukulan SMB tersebut juga sempat mengenai 2 orang personel Satgas Monitoring Karhutla Rem 042/Gapu yang mengakibatkan lebam dan lecet,” bebernya.

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Dalam Sebulan Lebih, Polres Tanjabbar Amankan 18 Pelaku Peyalahgunaan Narkoba

Provinsi Jambi

Lantik Mantan Kapolda Jambi Sebagai Komisaris, Gubernur Harap PT. JII Bisa Sumbangkan PAD

Covid-19

Hasil Swab 3 PDP di Tanjabbar Dinyatakan Non Covid-19

Kerinci

Malam Ramadhan Pertama, Satu Rumah Hangus Terbakar

Kota Jambi

Danrem 042/Gapu Serahkan Koleksi Harimau Sumatera yang Sudah Diawetkan ke Museum Siginjei Jambi

Covid-19

25 PDP di Jambi Menunggu Hasil Swab

Kota Jambi

DPRD Kota Jambi Sumbangkan 2 Miliar Untuk Penanganan Covid19

Provinsi Jambi

Jelang Idul Fitri, Pj Gubernur Jambi Sidak Pasar Angso Duo