LIVETV
Polres Muaro Jambi Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Firman Shantyabudi Resmikan Mako Polairud Polda Jambi Ini Aturan Terkait Natal dan Tahun Baru Terhadap Sekolah 163 CPNS Tanjab Barat Terima SK Pengangkatan PNS Sarifudin Mengingatkan BLT Tidak Dimanfaatkan Untuk Mengambil Keuntungan

Home / Kesehatan

Kamis, 19 September 2019 - 13:12 WIB

Dari Agustus, 478 Balita di Tanjab Barat Terserang ISPA

KUALA TUNGKAL – Dari Laporan Bulanan Program Dengendalian ISPA dari 16 pukesmas se Tanjab Barat, per bulan Agustus 2019. Dinas Kesehatan Tanjab Barat mencatat sebanyak 478 balita terserang ISPA.

Dihawatirkan, dengan makin pekatnya kabut asap yang melanda wilayah Tanjab Barat dan sekitarnya selama sebulan terahir, jumlah penderita ispa husuanya balita akan terus bertambah.

Kabid P2PL Dinas Kesehatan Tanjab Barat dr. Johannes didampingi tim ahli Junaidi, SKM memaparkan, jumlah penduduk balita se Tanjab Barat banyak 32.834 jiwa. Data itu diambil dari bulan Agustus.

BACA JUGA :  Warga Desa Sungai Bertam Serbu Vaksinasi Massal

“Di bulan Agustus memang penderita ISPA hususnya balita mencapai 478 jiwa. Dan semua sudah mendapat penanganan dari Pukesmas terdekat,” paparnya.

Disebutkan untuk penderita ISPA bayi urang dari 1 tahun sebanyak 55 berjenis kelamin laki laki, dan perempuan 66 bayi. Sedangkan balita berusia 1 tahun sampai kurang dari 5 tahun sebanyak 164 laki laki dan perempuan 193 dengan total keseluruhan mencapai 478 orang.

BACA JUGA :  Peduli Kesehatan Warga, Polres Muaro Jambi Turunkan Water Cannon Semprot Jalan Berdebu

“Untuk usia diatas 5 tahun, laki laki 401 perempuan 425 total 826. Dan kemungkinan jumlah ini akan bertambah mengingat kondisi kabut asap makin hari makin pekat,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk bulan September 2019 pihaknya baru menerima laporan mingguan pengendalian ISPA. Dan data rinci akan diserahkan pada ahir bulan.

“Untuk laporan bulan September minggu pertama sebanyak 913 dan minggu ke dua 894 , dengan total 1.807 penderita ISPA. Untuk rincianya belum kita terima,” tambahnya.

BACA JUGA :  Warga Desa Sungai Bertam Serbu Vaksinasi Massal

Ia menghimbau, kesadaran masyarakat husuanya orang tua sangat berperan penting mencegah ISPA terhadap anak. Dengan membatasi aktifitas anak di luar ruangan, selaku mengunakan masker, dan mengkonsumsi makanan bergizi.

“Pencegahan bisa dilakukan. Melalui kesadaran dan pengawasan masyarakat hususnya orang tua sangat berperan dalam mengantisipasi kondisi ini,” tutupnya. (Her)

Editor : Tim Redaksi

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Antisipasi Covid-19, Kapolres Tanjabbar Sosialisasi PHBS di TK Kemala Bhayangkari

Investigasi

RSUD Daud Arif Musnahkan Obat-obatan Kedaluwarsa Senilai Rp 370 Juta

Kesehatan

Penderita HIV Aids di Tanjab Barat Tercatat 94 Kasus

Kesehatan

Dinkes Tanjab Barat Tetap Waspada dengan Kasus DBD 

Kesehatan

Polisi Peduli Masyarakat, Polres Tanjab Barat Adakan Sunatan Massal dan Pengobatan Gratis

Kesehatan

Penderita DBD Di Tanjab Barat Meningkat

Kesehatan

Andi Pada ; Ambulance Air Atasi Kendala Rujuk Pasien Wilayah Pesisir

Kesehatan

Wujudkan Herd Immunity di Lingkungan Ponpes, Polres Bersama Nakes Vaksin Para Santri