YTUBE
Perintahkan Menembak, Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka Kematian Brigadir J Kapolres Tanjab Timur Pimpin Pembaretan Tradisi Penyambutan 23 Baja Jual Bendera, Wanita Asal Bandung Mencari Peruntungan di Tanjabbar Mobil Ayla Vs Honda Brio Beradu, Tak Hanaya Lecet Pengemudi Alami Luka Hari Jadi Kabupaten Tanjab Barat ke 57, Dinkes Hadir Melayani Masyarakat

Home / Muaro Jambi

Rabu, 1 Juni 2022 - 10:12 WIB

Diisolasi, Sapi Positif PMK di Muaro Jambi Kini Membaik

Kepala Disbunak Muaro Jambi, H. Amri saat melakukan pengecekan kesehatan sapi yang terjangkit PMK bersama Tim Unit Respon Cepat di Desa Bukit Subur, Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (31/05/22). FOTO : Ist

Kepala Disbunak Muaro Jambi, H. Amri saat melakukan pengecekan kesehatan sapi yang terjangkit PMK bersama Tim Unit Respon Cepat di Desa Bukit Subur, Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (31/05/22). FOTO : Ist

MUARO JAMBI – Satu ekor sapi milik peternak di Kabupaten Muaro Jambi yang sebelumnya dinyatakan positif tertular Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), saat ini kondisinya membaik.

Peternak dibantu petugas PPL dan dokter hewan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Muaro Jambi telah memberikan vitamin dan obat anti virus kepada sapi yang tertular virus PMK tersebut.

Sapi betina yang terjangkit penyakit PMK ini berada di Desa Bukit Subur, Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muaro Jambi.

Sapi indukan berusia 3 tahun itu saat ini menjalani isolasi bersama satu ekor anaknya di lahan perkebunan sawit yang jauh dari hewan ternak lainnya.

Kepala Disbunak Muaro Jambi, H. Amri mengatakan, awalnya ada enam ekor sapi yang terindikasi PMK di wilayah Sungai Bahar group, Muaro Jambi.

BACA JUGA :  Dari Puncak, AHY Minta Seluruh Kader Demokrat Persiapkan Upaya Raih Kemenangan di 2024

Kata H. Amri setelah diambil sampel air liur nya, dan diuji di laboratorium di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, diketahui hanya satu ekor sapi yang positif PMK.

“Positif satu ekor dari enam ekor yang diambil sampel,” kata Kepala Disbunak Muaro Jambi, H. Amri saat melakukan pengecekan kesehatan sapi yang terjangkit PMK bersama Tim Unit Respon Cepat di Desa Bukit Subur, Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (31/05/22).

Amri berujar, pihaknya terus melakukan komunikasi, edukasi dan memberikan informasi kepada peternak untuk dapat mewaspadai penularan virus PMK pada hewan ternak.

“Alhamdulillah berdasarkan keterangan dari dokter hewan kita, hewan ternak sapi di Desa Bukit Subur ini sudah membaik dan sehat,”ungkap Amri.

Hal senada juga diungkapkan oleh dokter hewan Disbunak Muaro Jambi, drh. Ari Kianto.

BACA JUGA :  Kapolres Bungo Tindak Tegas Bintara yang Lakukan Tindakan Berlebihan Terhadap Junior

“Setelah diobatin dan diisolasi selama 10 hari ini, sudah mengalami peningkatan kesehatan,” ujar drh. Ari Kianto.

Ia menjelaskan, untuk mencegah penyebaran virus PMK agar tidak meluas, peternak diharapkan bisa lebih selektif dalam menjual dan membeli hewan ternak.

“Saran kami untuk peternak, agar menjaga lalu lintas ternak sementara ini, untuk tidak mengeluarkan sapi atau memasukan sapi. Karna jika mengeluarkan sapi beresiko untuk menularkan ke tempat yang lain,”jelasnya.

Meski mulai sehat dan membaik, namun sapi yang terjengkit virus PMK di wilayah Kecamatan Bahar Selatan tersebut masih harus menjalani isolasi hingga 10 hari kedepan.

“Kita lihat lagi perkembangannya, mungkin bisa 20 hari kita isolasi terlebih dahulu. Untuk sementara dipisahkan dari ternak-ternak yang lain, biar ternak yang lain tidak terjangkit PMK.(*/Val)

Share :

Baca Juga

Muaro Jambi

Masnah Serahkan Tropi Juara Game Mobile Legends Bupati Cup Milenial 2022

Muaro Jambi

80 Truk Batu Bara Ditilang Satlantas Polres Muaro Jambi

Muaro Jambi

Ivan Wirata Tunjuk Sartono Ketua Fraksi Golkar di DPRD Muaro Jambi

Muaro Jambi

Wabup Muaro Jambi Dampingi Ketua IMI Lepas Touring Sumatra Tribute Jambi-Medan

Muaro Jambi

DPDes BKPRMI Desa Penyengat Olak Periode 2022-2024 Dilantik

Muaro Jambi

TMMD ke 110 Kodim 0415/Batanghari Resmi Ditutup

Muaro Jambi

Tradisi Bersih Kubur Sambut Ramadhan Punya Makna Tersendiri Bagi Warga Desa Senaung

Muaro Jambi

Ketua DPRD Muaro Jambi Hadiri Kunjungan Pamitan Danrem 042/Gapu