LIVE
Wakil Bupati Tanjab Barat hadiri Acara Puncak Festival Candi Muaro Jambi Buat Kaget Pelanggan Warung, Kapolres Bungo Mendadak Jadi Karyawan Racik Teh Telur Buat Pengunjung Pangdam I/BB Kunjungi Satgas Pamtas Yonif 131/Brs di Papua Al Haris Akan Jadikan Eks Arena MTQ Rumah Adat Berciri Khas 11 Kabupaten/Kota Gubernur, Jangan Ada Mafia Tanah Ditubuh ATR/BPN

Home / Berita OPD / Kesehatan

Sabtu, 2 Februari 2019 - 04:19 WIB

Dinkes Tanjab Barat Intensifkan Penanggulangan Wabah DBD

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Guna menekan kasus demam berdarah (DBD) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Dinas Kesehatan Tanjab Barat melakukan berbagai langkah dan upaya. Mulai dari sosialisasi, poging hingga pemberian abate di rumah warga secara gratis.

Itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Tanjab Barat dr. Hj Andi Pada, M.Kes melalui Kepala Bidang Kepala Pencegahan dan Pengendalian Penyekit dr. Johanes Jamarnaek S yang menyebutkan beberapa kegiatan dilakukan pihaknya terkait penanganan kasus demam berdarah (DBD) di wilayah Tanjab Barat.

Sejak dari kemarin, lanjut dia pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya melakukan fogging dipemukiman warga Jalan Nelayan Kel.Tungkal IV Kota dan Jalan Andalas dalam Kota Kuala Tungkal, Tanjab Barat.

“Kegiatan kita hari ini, Jum’at (01/02/19) pemberian abate untuk memberantas jentik dan ini diberikan langsung ke rumah rumah penduduk oleh petugas kita,” ungkap Johanes.

Hal itu pun hingga kini terus dilakukan berulang kali. Bahkan, jika ada kasus warga terserang DBD, respon petugas secara spontan melakukan PE sampai melaksanakan fogging agar masyarakat jauh dari penyakit akibat dari nyamuk bervirus ini.

Menurut dia, kegiatan pemberian abate ini secara gratis tanpa dipungut biaya dari masyarakat.

“Kegiatan pemberian abate itu dinamakan 1R1J (1Rumah 1Jumantik),” sebutnya.

Terkait penanggulangan DBD itu, Johanes juga mengajak masyarakat selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan masing- masing. Tujuannya agar perkembangbiakan nyamuk tidak mudah, jika lingkungan bersih tentu akan indah dan nyaman.

“Diharapkan masyarakat mau gotong royong, minimal menjaga kebersihan rumah sendiri,” sarannya. (IS)

Editor : Tim Redaksi

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Antisipasi VIRUS CORONA Mausk Indonesia, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Perketat Pengawasan Bersama Petugas Karantina PLBN Motaain

Kesehatan

Kunjungi Balita Gizi Buruk di RS Daud Arif, Kapolres Tanjabbar Berikan Tali Asih Bhayangkara

Kesehatan

RSUD KH Daud Arif Capai Akreditasi Paripurna Bintang Lima

Kesehatan

Warning Terbaru WHO Soal Bahayanya Rokok Elektrik

Advetorial

BKAD Tanjab Barat Gelar Sosialisasi Ranperda APBD Perubahaan Tahun Anggaran 2019

Berita OPD

Bappeda Sosialisasikan Aplikasi e-Musrenbang Bagi Operator Desa dan Kecamatan

Advetorial

Bupati Safrial Terima Sertifikat Eliminasi Malaria dari Menteri Kesehatan RI

Kesehatan

Wujudkan Pilkada Sehat, Pemkab Tanjabbar Siapkan Perda Sanksi Tidak Menggunakan Masker