by

Diprediksi Pilkades Serentak Di 15 Desa Bakal Lebih Seru dari Tahun Sebelumnya

= 234

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Diprediksi Pemilihan Kepala Desa (Plkades) Serentak Gelombang II Tahun 2018 di 15 Desa 8 Kecamatan se Kabupaten Tanjab Barat yang bakal digelar 28 November 2018 akan lebih seri dan banyak peminat dari tahun sebelumnya. Hal itu menyusul dicabutnya salah satu aturan Pilkades serentak tentang domisili bagi para calon kades.

Kepala Bidang Pemdes Dinas PMD Kabupaten Tanjab Barat, Drs. Agues Mamun mengatakan dengan dicabutnya item tersebut, maka tahun ini setiap warga negara Indonesia diperbolehkan mencalonkan sebagai calon Kades di desa manapun di seluruh Indonesia.

Menurutnya persyaratan domisili bagi calon kades tersebut calon kades yang harus warga desa atau paling lama satu tahun berdomisili di desa, menjadi permasalah krusial.

“Dengan dicabutnya peraturan tersebut diharapkan tidak menimbulkan masalah pada proses pencalonan hingga pelaksanaan Pilkades,” ungkap Agoes Mamun, Rabu (11/07/18).

Agues memaparkan, saat ini Pilkades sudah masuk tahapan pembentukan panitia tertanggal 2-11 Juli ‎2018 oleh BPD desa masing-masing yang akan melaksanakan Pilkades,

“Untuk tahapan pertama pembentukan panitia ini bersifat pleksibel, jadi untuk desa yang belum melakukan pembentukan panitia masih dapat melakukan pembentukan susulan,” terangnya.  ‎

Namun kata Agoes, untuk Pelaksanaan pemilihan tidak bersipat pleksibel dan setiap desa harus sudah siap melalaui tahapan pertama,” timpalnya.  ‎

Dalam Ppelaksanaan Pilkades, Pemkab Tanjab Barat melalui Dinas PMD hanya menyiapkan regulasi dan menitoring pengawasan pelaksanaan disamping bantuan pembiayayaan.

Agoes menuturkan Pilkades serentak 2018 ini terdapa di 15 Desa yang tersebar di 8 kecamatan. Sesuai SK peserta Pilkades kata dia, setiap desa minimal 2 calon maksimal 5 calon.

“Namun hingga saat ini dari 15 desa yang akan melaksaanakan Pilkades belum semua menyerahkan laporan pembentukan tahapan pertama,” katanya.

15 desa yang akan Pilkades diantaranya Desa Pematang Pau Kecamatan Tungkal Ulu, Desa Purwodadi dan Desa Kelagian Kecamatan Tebing Tinggi.

Kemudian Desa Sungai Penoban Kecamatan Batang Asam, Desa Pulau Pauh dan Desa Lampisi kecamatan Renah Mendalo. Untuk Kecamatan Muara Papalik dua desa, yakni Desa Bukit Indah dan Desa Kemang Manis.

Sedangkan di Kecamatan Merlung ada 4 desa yakni, Desa Penyabungan, Tanjung Paku, Bukit Harapan dan Desa Lubuk Terap.

Sementara di Kecamatan Betara ada dua desa diantaranya, Desa Terjun Gajah dan Desa Pematang Lumut. Dan Kecamatan Kuala Betara hanya Desa Sungai Dungun.   ‎

Editor : Tim Redaksi

Comments on Facebook

Berita Terbaru