YTUBE
Kapolsek Muara Tembesi Terima Penyerahan Senpi Rakitan dari Warga Melalui Pokir, Jamal Wujudkan Penantian KUB Sapat Jaya Seberang Kota Miliki Pompong Didukung Penuh Bea Cukai Jambi, PT CLB Ekspor Madu ke Singapura dan Malaysia Bupati Tanjabbar Sebut Penetapan UMK Perlu Mempertimbangkan Keberlangsungan Usaha Polres Merangin Amankan 13 Pelaku PETI dan 1 Unit Excavator

Home / Pendidikan

Senin, 4 November 2019 - 08:51 WIB

Disdikbud Tanjab Barat Apresiasi Diseminasi Program PINTAR di Muara Papalik

FOTO : Dok. Tanoto

FOTO : Dok. Tanoto

MUARA PAPALIK – Diseminasi Program PINTAR Tanoto Foundation terus disebarluaskan. Kali ini Pengawas SD dengan Pengurus K3S Muara Papalik Tanjab Barat mendiseminasikan Program PINTAR melalui dana mandiri. Pelatihan tersebut berupa praktik baik modul 1 Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) Tanoto Foundation, yakni pembelajaran aktif, budaya baca, manajemen berbasis sekolah (MBS), pemantauan sekolah, dan rencana tindak lanjut (RTL).

Hal itu dikatakan Kabid GTK Dinas Pendidikan Tanjab Barat, Saparuddin. Dimana guru dan kepala sekolah yang mendampingi mampu mendorong kompetensi yang dimiliki siswa. Guru juga harus siap menghadapi perubahan pola mengajar yang tetap mengacu pada kurikulum 2013.

“Kalau diberi nilai 1 – 10, Kec. Muara Papalik sudah berhasil mendapat nilai terbaik, yaitu nilai 10 karena sudah berhasil mendiseminasikan Program PINTAR Tanoto Foundation dengan dana mandiri. Dengan keberhasilan ini, saya juga sudah mendorong Kecamatan lain untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Kec. Muara Papalik,” ujarnya Sabtu (02/11/2019) usai melihat pelatihan diseminasi praktik baik Tanoto Foundation yang diikuti 99 guru, kepala sekolah, dan komite sekolah se Kec. Muara Papalik.

BACA JUGA :  Kepsek SMAN 1 Bantah Tidak Lunas Uang Komite Tidak Ikut Ujian 

Untuk bisa menghadapi tantangan kedepannya, sambung Saparuddin, maka guru dan kepala sekolah dilatih agar siswa memiliki kompetensi keterampilan dan berkarakter sesuai dengan Program PINTAR Tanoto Foundation seperti di sekolah mitra.

BACA JUGA :  Tak Lunas Uang Komite Pelajar SMK di Muaro Jambi Ujian di Luar Kelas, Edi Purwanto ; Kita Akan Panggil Disdik

“Sebagai kepala sekolah, harus bisa mengukur kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Keberhasilan suatu pendidikan terletak pada keterampilan kepala sekolah dalam mempraktikkan penyebarluasan praktik baik kepada guru dan diterapkan kepada siswa,” ujarnya.

Sementara itu, pengawas SD Kec. Muara Papalik, Salimin mengungkapkan, Program PINTAR Tanoto Foundation telah mengajarkan bagaimana pembelajaran aktif yang memiliki manajemen berbasis sekolah, disertai budaya literasi dan peran serta masyarakat.

“Setelah pelatihan ini siswa lebih aktif menyampaikan gagasan dan lebih senang belajar. Lalu meningkatkan nilai prestasi yang sejalan dengan karakter siswa agar mampu menyelesaikan semua pembelajaran, kami bersyukur mendapatkan pelatihan dari Tanoto Foundation,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Namita Eni Oktavia Sukses Selesaikan Kuliah di UIN STS Jambi dengan Nilai Memuaskan

Pemerintahan

Amir Sakib Hadiri Pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi

Pendidikan

K3S dan KKG di Tanjab Barat Harap Dinas Pendidikan Diseminasi Program PINTAR

Pendidikan

Kapolda Jambi Berikan Pembekalan Kepada 309 Siswa Diktukba SPN Jambi

Pendidikan

Universitas Jambi Kembali Luluskan 1.119 Wisudawan

Pendidikan

Belajar Tatap Muka, Sekolah di Tanjab Barat Tunggu Himbauan Pemkab

Kota Jambi

Wali Kota Jambi Sidak Pelaksanaan Relaksasi Bidang Pendidikan Hari Pertama Tahun Ajaran Baru

Pendidikan

BREAKING NEWS : 16 Kepsek SD dan SMP di Tanjab Barat di Mutasi