indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Damkar Cepat Datang, Rumah Warga di Kelapa Gading yang Terbakar Berhasil Dipadamkan Waspada PMK, Polres Bungo Bersama Dinas Peternakan Suntik Vitamin ke Hewan Ternak Bupati Masnah Resmikan Gedung Pelayanan Administrasi Terpadu Kantor Camat Sungai Gelam Bupati Masnah Lantik Ketua dan Pengurus PKK Desa se Kecamatan Sungai Gelam Kemenag Bantu Pembangunan Masjid dan Mushala Melalui SIMAS, Ini Syaratnya

Home / Pendidikan

Senin, 4 November 2019 - 08:51 WIB

Disdikbud Tanjab Barat Apresiasi Diseminasi Program PINTAR di Muara Papalik

FOTO : Dok. Tanoto

FOTO : Dok. Tanoto

MUARA PAPALIK – Diseminasi Program PINTAR Tanoto Foundation terus disebarluaskan. Kali ini Pengawas SD dengan Pengurus K3S Muara Papalik Tanjab Barat mendiseminasikan Program PINTAR melalui dana mandiri. Pelatihan tersebut berupa praktik baik modul 1 Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) Tanoto Foundation, yakni pembelajaran aktif, budaya baca, manajemen berbasis sekolah (MBS), pemantauan sekolah, dan rencana tindak lanjut (RTL).

Hal itu dikatakan Kabid GTK Dinas Pendidikan Tanjab Barat, Saparuddin. Dimana guru dan kepala sekolah yang mendampingi mampu mendorong kompetensi yang dimiliki siswa. Guru juga harus siap menghadapi perubahan pola mengajar yang tetap mengacu pada kurikulum 2013.

“Kalau diberi nilai 1 – 10, Kec. Muara Papalik sudah berhasil mendapat nilai terbaik, yaitu nilai 10 karena sudah berhasil mendiseminasikan Program PINTAR Tanoto Foundation dengan dana mandiri. Dengan keberhasilan ini, saya juga sudah mendorong Kecamatan lain untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Kec. Muara Papalik,” ujarnya Sabtu (02/11/2019) usai melihat pelatihan diseminasi praktik baik Tanoto Foundation yang diikuti 99 guru, kepala sekolah, dan komite sekolah se Kec. Muara Papalik.

Untuk bisa menghadapi tantangan kedepannya, sambung Saparuddin, maka guru dan kepala sekolah dilatih agar siswa memiliki kompetensi keterampilan dan berkarakter sesuai dengan Program PINTAR Tanoto Foundation seperti di sekolah mitra.

“Sebagai kepala sekolah, harus bisa mengukur kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Keberhasilan suatu pendidikan terletak pada keterampilan kepala sekolah dalam mempraktikkan penyebarluasan praktik baik kepada guru dan diterapkan kepada siswa,” ujarnya.

Sementara itu, pengawas SD Kec. Muara Papalik, Salimin mengungkapkan, Program PINTAR Tanoto Foundation telah mengajarkan bagaimana pembelajaran aktif yang memiliki manajemen berbasis sekolah, disertai budaya literasi dan peran serta masyarakat.

“Setelah pelatihan ini siswa lebih aktif menyampaikan gagasan dan lebih senang belajar. Lalu meningkatkan nilai prestasi yang sejalan dengan karakter siswa agar mampu menyelesaikan semua pembelajaran, kami bersyukur mendapatkan pelatihan dari Tanoto Foundation,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Pendidikan

19 Siswa Tanjab Barat Akan Ikuti Uji Kesehatan dan Fisik di PEM Akamigas Cepu

Pendidikan

Cerita Para Dosen dan Guru di Jambi Belajar Membuat Big Book, Mengaku Awalnya Sulit

Daerah

Meriahkan HUT RI ke-75, Forum BBDR Pupuk Nasionalisme Siswa Melalui Lomba Virtual

Tebo

Guru MTs di Tebo Antusias Ikuti Pelatihan Program PINTAR

Pendidikan

Hasil Rapid Test Tenaga Pendidik SD Kartika II-4 YKJ Korem 042 Gapu Non Reaktif

Pendidikan

Nyaris 4 Bulan Guru Honorer Belum Gajian Begini Penjelasan Dikbud Tanjab Barat

Pendidikan

Dikbud Keluarkan Surat Mengenai Kegiatan BDR dan Kegiatan Akhir Semester, Begini Isinya

Advetorial

KKG Profesional Hasilkan Guru Produktif