LIVETV
Danrem 042/Gapu Pimpin Sertijab Dandim 0415/Jambi Peringatan Maulid Nabi, Dandim 1002/HST : Teladani Sifat Rasulullah SAW Kronologi Kecelakaan Maut yang Menewaskan Seluruh Penumpang Kijang LGX di Bungo Kemenag Hadiah untuk NU, Haedar Nashir : Narasi Radikal Personil Gabungan Polres Tanjab Barat Lakukan Pemeriksaan Penumpang Antar Pulau




Home / Berita

Kamis, 6 Desember 2018 - 01:15 WIB

Dishub Tanjab Barat Gelar Operasi Penertiban ODOL

FOTO : Dokumentasi Operasi ODOL Dishub Tanjab 2018

FOTO : Dokumentasi Operasi ODOL Dishub Tanjab 2018

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjab Barat menggelar razia penertiban kendaraan dengan nama Operasi Over Dimension dan Over Load (ODOL) di Kuala Tungkal.

Kepala Dinas Perhubungan Drs. H. Endang Surya, MM melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat Junaidi Tanjung, S.Sos.I mengatakan Operasi ODOL untuk menertibkan kendaraan yang melebihi berat muatan (over load) dan melebihi dimensi kendaraan maupun ukuran standar (over dimension) serta melewati masa berlaku KIR.

BACA JUGA :  Personil Gabungan Polres Tanjab Barat Lakukan Pemeriksaan Penumpang Antar Pulau

“Operasi ODOL sudah dimulai kemarin tanggal 3 hingga hari ini 06 Dsesmber 2018 terakhir,” kata Junaidi Tanjung kepada lintastungkal, Kamis (05/12/18) pagi.

Operasi digelar dengan menggandeng tim dari Satlantas Polres Tanjab Barat dan Denpom II/2-2 Kuala Tungkal.

“Di lapangan tugas dilaksanakan sesuai tupoksi masing-masing. Khusus Dishub terkait KIR atau kelaikan jalan kendaraan, Over Dimensi dan Over Loda. Polisi terkait surat kendaraan SIM dan lainnya,” terangnya.

BACA JUGA :  Hadiri Maulid di Manunggal 2, Bupati : Kita Perlu Pahaman Agama yang Utuh

Dijelaskan Tanjung, operasi ODOL juga bertujuan untuk mengetahui kendaraan yang tidak layak jalan, seperti masa uji telah habis masa berlakunya, serta panjang mobil, lebar, tinggi dan muatan kendaraan yang tidak memenuhi aturan perundang-undangan No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan.

“Operasi penertiban ODOL ini juga bertujuan menciptakan keselamatan di Jalan dan untuk mencegah kerusakan infrastruktur Jalan. Dan pada akhirnya berdampak pada aspek keselamatan di jalan raya,” sebutnya.

BACA JUGA :  Anwar Sadat Resmi Friendly Match Tenis Lapangan Silaturrahmi SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Tanjab Barat

Tanjung mencontohkan, sebuah truk sesuai standard seharusnya memiliki panjang 9 meter, namun ditambah baknya menjadi 12-15 meter.

”Inikan over dimensi, kalau dudah over dimensi ujungnya over kapasitas. I i bahaya nanti dapat mengakibatkan kecelakaan dan mengancam keselamatan bagi penumpang maupun pengaedara itu sendiri,” tandasnya.

Editor : Tim Redaksi

Share :

Baca Juga

Berita

Jadwal Tes SKD CPNS 2019 Akan Diumumkan Besok

Berita

Satgas Karhutla Kodim 0419 Tanjab Rutin Gelar Patroli dan Sosialisasi di Wilayah Rentan Karhutla

Berita

Kafilah Tanjab Barat Meriahkan Pawai Ta’aruf MTQ Ke 49 Provinsi Jambi di Bungo

Berita

Mulai Esok, Pemkab Tanjabbar Mulai Gelar Safari Ramadhan Ke Kecamatan

Berita

Dua Unit Rumah di Legok Danau Sipin Kota Jambi Ludes Terbakar

Berita

Ini Nama-Nama Calon Anggota PPK Yang Dinyatakan Lulus Tes Wawancara

Berita

Sudahkah Anda Sensus Penduduk 2020 Online, Hari Ini Terakhir

Berita

Besok, Gubernur Jambi Akan Salurkan Bansos JPS di Tanjab Barat