by

DPM-PTSP Lounching Alikasi Pelayanan Perizinan Elektronik APP-e

= 393

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjab Barat Drs. H. Ambok Tuo, MM melaunching Aplikasi Pelayanan Perizinan Elektronik (APP-e) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tanjab Barat, Selasa (31/07/18).

Sekda Tanjab Barat H. Ambok Tuo menyampaikan peluncuran aplikasi APP-e sebagai bukti tekad Pemkab Tanjab Barat dalam mewujudkan pemerintah yang bersih dan melayani atau GOOD Goverment, cepat dan bebas dari pngli.

“Maka berbagai terobosan terus dilakukan, salah satunya dengan membuka layanan perizinan elektronik atau online,” kata Sekda.

Menurutnya melalui DPMPTSP, Pemkab Tanjab Barat terus berupaya melakukan inovasi disisi pelayanan. Salah satu menjadi perhatian adalah pelayanan perizinan yang dirancang secara online yaitu aplikasi online APP-e yang dapat di akses kapan saja dimana saja.

Sementara Kepala DPMPTSP Kabupaten Tanjab Barat, H. Yan Ery, S.Pt, M.Si mengatakan, dibukanya layanan perizinan online ini guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih mudah dalam mengurus izin usaha juga sebagai upaya menekan adanya pungutan liar (Pungli).

Dirinya menambahkan penerapan APP-e tersebut mengacu pada PP No 24 Tahun 2018 ternatng Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau yang lebih dikenal dengan Online Single Submission (OSS).

Kemudian kata Yan Eri, dengan di launching aplikasi perizinan online ini dapat memberikan pelayanan prima dan positif kepada masyarakat dan pelaku dunia usaha serta memperbaiki kualitas pelayanan perizinan dan non perizinan.

“Adanya aplikasi ini dapat mempermudah bagi pelaku usaha maupun investor dari luar daerah dan investor asing dalam mengurus izin tanpa harus datang ke DPMPTSP, cukup masuk ke aplikasi pelayanan perizinan online E-APP,” ujarnya.

Lanjut Yan Eri, dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat, pihaknya juga telah membangun website dengan sistem pengaduan dan survey kepuasan masyarakat.

“Sehingga masyarakat dapat memberikan masukan-masukan atau keluhannya dalam proses perizinan sekaligus memberikan penilaian,” tukasnya.

Peluncuran APP-e dilakukan di Aula DPM-PTSP seiring dengan dimulainya Bulan Layanan Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan ini turut dihadiri kepala OPD, perwakilan perusahaan, masyarakat dan undangan lainnya.

Editor : Tim Redaksi

Print Friendly, PDF & Email