indexexchange.com, 192806, RESELLER, 50b1c356f2c5c8fc smaato.com, 1100042823, RESELLER, 07bcf65f187117b4 opera.com, pub5766157273984, DIRECT, 55a0c5fd61378de3 pubmatic.com, 158565, RESELLER, 5d62403b186f2ace yahoo.com, 58935, RESELLER, e1a5b5b6e3255540 appnexus.com, 13227, RESELLER
    LIVETV
Kepedulian Demokrat, Jamal Berikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Kampung Nelayan Peringati May Day ke-30 KSBSI Jambi Gelar Baksos Sembako Kodim 0415/Jambi Laksanakan Vaksiansi Massal Booster Soal Rehab Rumah Korban Kebakaran Sekda : Kita Akan Konsultasikan dengan BPKP Tinjau Progres TMMD ke-113, Tim Wasev Mabes TNI AD Hadir di Bukit Indah dan Sungai Muluk

Home / Pendidikan

Selasa, 12 Februari 2019 - 01:59 WIB

Geliat Literasi di Sekolah Dasar di Tanjung Jabung Barat

FOTO : Siswa siswi SDN 005/V Kuala Tungkal Membaca Buku Bacaan di pojok baca di kelas IV, Selasa, (12/2/2019)

FOTO : Siswa siswi SDN 005/V Kuala Tungkal Membaca Buku Bacaan di pojok baca di kelas IV, Selasa, (12/2/2019)

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Setelah mendapatkan pelatihan dari Tanoto Foundation tentang budaya baca, geliat literasi dan budaya baca di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah menampakkan hasilnya. Beberapa sekolah sudah mulai aktif menggerakkan program literasi di sekolahnya.

Salah satu sekolah tersebut adalah SDN 005/V Kuala Tungkal Provinsi Jambi. Program tersebut bernama pojok literasi di kelas IV.

Syahril, wali kelas IV SDN 005/V tampak senang ketika usulan program pojok literasinya disambut positif oleh paguyuban wali murid kelas IV.

”Orang tua selaku wali murid kelas IV mendukung penuh program pojok literasi ini,” tukas Syahril yang juga ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Kuala Tungkal ini, Selasa, (12/2/2019).

Syahril mengaku awalnya agak ragu untuk menyampaikan usulan pojok literasi ini kepada orang tua siswa, takut tidak diterima usulannya.

Namun setelah menyampaikan melalui musyawarah paguyuban orang tua siswa kelas IV, akhirnya mereka menyetujui usulan Syahril.

”Lega rasanya,” ungkap Syahril penuh syukur.

Kini, setelah pojok literasinya sudah ada, para siswanya sudah memanfaatkan keberadaan pojok literasi untuk membaca buku, kegiatan membaca 15 menit di awal belajar juga sudah dilaksanakan. Bahkan di saat jam istirahat, ada anak-anak yang masih membaca buku.

Syahril mengaku melakukan ini setelah mendapatkan inspirasi dari pelatihan yang digelar program PINTAR Tanoto Foundation.

”Hal yang paling berkesan bagi saya adalah ketika materi unit budaya baca, itu sangat menginspirasi sekali,” ujarnya.
Ke depan, Syahril akan mengajak wali kelas lainnya untuk melakukan hal yang sama yaitu mengadakan pojok literasi. Bahkan pihaknya ingin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Tanjab Barat juga mendiseminasikan program PINTAR, salah satunya adalah budaya baca.

Training Specialist Tanoto Foundation Provinsi Jambi, Fitria Hima Mahligai mengaku keberadaan pojok baca di kelas ini bisa menjadi solusi alternatif dalam menjalankan program literasi.

”Praktik baik ini bermula dari hal kecil bisa menjadi besar, praktik baik berupa pojok baca di SDN 005/V Kuala Tungkal ini bisa membawa dampak positif bagi perkembangan literasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Pemkab bisa mencontoh keberadaan pojok baca ini agar disebarluaskan ke sekolah lainnya,” tegasnya.

Editor : Tim Redaksi

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Yaakin; Pelibatan Masyarakat Perlu Untuk Majukan Sekolah

Pendidikan

Tingkatkan Prestasi Siswa, Fasilitator Lokal Program STEP Siap Kembangkan Potensi Sekolah

Kota Jambi

Belajar Tak Lagi Menyeramkan di Masa Pandemi, Siswa di Jambi Belajar Jadi Graham Bell

Advetorial

Bupati Tanjab Barat Buka Seleksi Tes Calon Taruna STP Rayon Daerah

Pendidikan

Pauzan Najri Harapkan Ini Usai Deklarasi dan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak di SMPN 2 Kuala Tungkal

Pendidikan

Berikut Jumlah Kouta Catar STTD 2021 untuk 4 Daerah Jambi dan Cara Pendaftarannya

Advetorial

Ketua Cabang Bhayangkari Tanjab Barat Motivasi Anak-anak Membaca Buku Di Rumah Taman Baca Kemala Pengabuan

Pendidikan

Tenaga Pendidik SD Kartika II-4 Yayasan Kartika Jaya Koordinator Korem 042 Gapu di Rapid Test