LIVETV
SMPN 2 Kuala Tungkal Lolos Sebagai Peserta KSN MTK Nasional Penyelundupan Part Mobil Tua Jenis Land Rover Digagalka Petugas Perbatasan Ivan Wirata Angkat Bicara Terkait Kelangkaan BBM Ini Motif dan Desain Seragam Batik KORPRI Terbaru Yonif Raider Khusus 732/Banau Laksanakan Vaksinasi Covid-19




Home / Pendidikan

Minggu, 13 Januari 2019 - 08:39 WIB

Hebat, Sekolah ini Gelar Diseminasi Setelah Selesai Pelatihan

FOTO : Sejumlah guru aktif mengikuti pelatihan yang diadakan di SMPN Satu Atap 7 Pengabuan  Tanjung Jabung Barat, Sabtu-Senin, (12-14/1/19)

FOTO : Sejumlah guru aktif mengikuti pelatihan yang diadakan di SMPN Satu Atap 7 Pengabuan Tanjung Jabung Barat, Sabtu-Senin, (12-14/1/19)

LINTASTUNGKAL.COM, JAMBI – Dalam rangka mendalami metode pembelajaran dengan pendekatan MIKiR, tujuh belas guru SD dan SMP di Tanjung Jabung Barat mengikuti kegiatan diseminasi pelatihan praktik baik pembelajaran Program PINTAR Tanoto Foundation di SMPN Satu Atap 7 Pengabuan, Sabtu-Senin, (12-14/1/2019).

Tujuh belas peserta tersebut ialah guru yang berasal dari SMPN Satu Atap 7 Pengabuan dan SDN 126 Pengabuan Kab. Tanjung Jabung Barat.

Kegiatan yang dibuka oleh kepala SMPN Satu Atap 7 Pengabuan, H. Sugiono tersebut menitikberatkan pada peningkatan kualitas mutu pembelajaran.

BACA JUGA :  SMPN 2 Kuala Tungkal Lolos Sebagai Peserta KSN MTK Nasional

”Tujuan kegiatan diseminasi ini adalah untuk berbagi pengalaman praktik baik pembelajaran berdasarkan pendekatan metode MIKiR yang dikembangkan oleh program PINTAR Tanoto Foundation,”ujarnya, Sabtu, (12/1/2019).

MIKiR sendiri merupakan akronim dari Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi.

Peserta diharapkan mampu mengembangkan pembelajaran di kelas melalui pendekatan MIKiR, dengan tujuan agar siswa mampu mengoptimalkan seluruh potensi dan kemampuan yang ada dengan memanfaatkan sumber pembelajaran di ruang kelas maupun lingkungan sekolah.

”Saya lihat pendekatan MIKiR ini bagus, saya akan diseminasikan kembali kepada guru-guru yang belum mendapatkan pelatihan,” tukas Suripyati, kepala SDN 126 Pengabuan Tanjung Jabung Barat.

BACA JUGA :  SMPN 2 Kuala Tungkal Lolos Sebagai Peserta KSN MTK Nasional

Rahayu, peserta dari SMPN Satu Atap 7 Pengabuan mengaku merasa beruntung mengikuti diseminasi ini, baginya kegiatan tersebut sangat menarik dan membantu rekan-rekan sesama guru.

”Metode MIKiR tadi sangat bagus dalam memanfaatkan sumber belajar baik di dalam maupun luar kelas, selain itu ada pengaturan tempat duduk meja kursi. Pajangan karya siswa baik yang dipajang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar,” ungkap Rahayu kagum.

Rahayu juga mengakui, dengan mengikuti kegiatan diseminasi ini dirinya menjadi tahu ternyata bukan cuma pertanyaan tertutup dan imajinasi dalam pembelajaran, melainkan ada pertanyaan terbuka faktual dan produktif.

BACA JUGA :  SMPN 2 Kuala Tungkal Lolos Sebagai Peserta KSN MTK Nasional

Senada dengan Rahayu, Nurul peserta dari SDN 126 Pengabuan Tanjung Jabung Barat mengaku mendapatkan inspirasi kreatif setelah mengikuti pelatihan untuk mengoptimalkan lingkungan di sekitar sekolah sebagai sumber belajar.

”Jujur saja selama ini seperti taman sekolah pajangan di dalam kelas tidak begitu optimal pemanfaatannya karena kurangnya pengetahuan guru, setelah pelatihan ini akan saya manfaatkan untuk pembelajaran,”pungkas Nurul.

Editor : Tim Redaksi

Share :

Baca Juga

Pendidikan

SKK Migas-PetroChina Dukung Universitas Jambi Sebagai Tuan Rumah KKN Kebangsaan

Olahraga

Lima Pelajar SMPN 2 Kuala Tungkal Borong Juara Lomba Lari 10 K

Pendidikan

Ini 8 Instansi Buka Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021

Pendidikan

Begini Cara FASDA Tanjab Barat Buat Sekolah Maju

Pendidikan

Bupati Hadiri Syukuran Rencana Pemasangan Batu Andesit Ponpes Chairul Umam Desa Suban

Pendidikan

Tiga Sekolah Ini Wakili Tanjab Barat Lomba LSS Tingkat Provinsi Jambi

Pendidikan

Ini Syarat & Cara Mendaftar Calon Taruna STTD Pola Pembibitan Kemenhub dan Daerah Tahun 2020

Pendidikan

Hasil Rapid Test Tenaga Pendidik SD Kartika II-4 YKJ Korem 042 Gapu Non Reaktif