YTUBE
Modusnya Terekan CCTV Toko, Pencuri 2 Bal Rokok Class Mild Diringkus Polisi Dua Kali Lakukan Pemerkosaan di Geragai, Pelaku Dibekuk Polisi Saat Hendak Kabur ke Medan DPC AJWI Audiensi dengan Disdik Bogor 2 Nelayan Kuala Tungkal yang Hilang Akibat Mati Mesin Ditemukan, Begini Kondisinya Mendagri Beri Sinyal Pengendalian Inflasi, Pemda Tanjab Barat Jaga Stabilitas Harga Komoditi

Home / Nasional

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:11 WIB

Kesenian Tradisional Arakan Sahur Tanjab Barat Sukses Memukau Penonton Pekan Kebudayaan Nasional 2019 di Jakarta

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Tahun 2019 di Jakarta.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dipercaya Dinas Pariwisata Provinsi Jambi tampil berkolaborasi dengan tim kesenian Provinsi Jambi mewakili Permprov Jambi dalam kegiatan PKN 2019.

Maryani peserta dari Tanjab Barat yang berhasil dihubungi mengatakan, Pekan Kebudayaan Nasional akan berlangsung selama satu minggu, yakni pada 07 s.d 13 Oktober 2019 telah dibuka di Istora Senayan Jakarta, Minggu (13/10/19) malam dengan karnaval.

“Tanjab Barat sukses memukau penonton menampilkan Kesenian Tradisional Arakan Sahur pada Karnaval/Pawai Pembukaan PKN,” terang Maryani, Minggu malam di Jakarta.

Maryani menjelaskan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) adalah ruang interaksi seluruh unsur kebudayaan dan merayakan keragaman ekspresi budaya Indonesia yang sesuai mandat Kongres Kebudayaan Indonesia 2018 lalu.

Beberapa tema yang diangkat antara lain Rempah, Ramuan, dan Naskah Kuno; Peranan Komunitas dalam Membangun Budaya Kreatif; Platform Pemajuan Kebudayaan di Tingkat Lokal; dan Dinamika Taman Budaya, Museum Daerah, dan Dewan Kesenian.

Beragam permainan tradisional juga dihadirkan dalam PKN 2019, antara lain gobak sodor, engrang, dan terompah panjang (bakiak).

“Permainan tradisional tersebut dikompetisikan secara nasional di PKN 2019 ini,” ujarnya.

Maryani juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Disparpora kabupaten Tanjab Barat yang telah membatu dalam keberangkatan mengikuti PKN 2019 di Jakarta.

Share :

Baca Juga

Nasional

Siap-Siap! Tahapan SKD Peserta Seleksi Sekolah Kedinasan Dimulai 13 Juli

Nasional

Ini Empat Persyaratan Seleksi CPNS 2019 Yang Wajib Diperhatikan

Nasional

Kecelakaan Mudik Tahun Ini Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Nasional

Telah Ditandatangani, Ini Aturan Lengkap SKB Pedoman Implementasi UU ITE

Nasional

Bagi Takjil Buka Puasa, Ketum KNPI Ajak Pemuda Berlomba Buat Kebaikan

Berita

Sukses SKD CPNS 2019, Peserta Dapat Lakukan Beberapa Hal Ini

Nasional

3 Pengeroyok Ketua KNPI Ditangkap Polisi, 2 Eksekutor DPO

Nasional

MUI Serukan Salat Gaib untuk Eril Digelar Hari Ini di Seluruh Masjid Jabar