YTUBE
Bupati Tanjab Barat Launching Internet Gratis di Ruang Publik Ketua Bhayangkari Jambi Kunjungi Tahanan Wanita di Lapuanja Penutupan Pembinaan Tradisi dan Pembaretan Bintara Remaja Brimob Polda Jambi Safari Jum’at di Bram Itam Kanan, Bupati Anwar Sadat Sampaikan Ini Twibbon HUT TNI KE 77 Tahun 2022

Home / Nasional

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:11 WIB

Kesenian Tradisional Arakan Sahur Tanjab Barat Sukses Memukau Penonton Pekan Kebudayaan Nasional 2019 di Jakarta

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Tahun 2019 di Jakarta.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dipercaya Dinas Pariwisata Provinsi Jambi tampil berkolaborasi dengan tim kesenian Provinsi Jambi mewakili Permprov Jambi dalam kegiatan PKN 2019.

Maryani peserta dari Tanjab Barat yang berhasil dihubungi mengatakan, Pekan Kebudayaan Nasional akan berlangsung selama satu minggu, yakni pada 07 s.d 13 Oktober 2019 telah dibuka di Istora Senayan Jakarta, Minggu (13/10/19) malam dengan karnaval.

“Tanjab Barat sukses memukau penonton menampilkan Kesenian Tradisional Arakan Sahur pada Karnaval/Pawai Pembukaan PKN,” terang Maryani, Minggu malam di Jakarta.

Maryani menjelaskan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) adalah ruang interaksi seluruh unsur kebudayaan dan merayakan keragaman ekspresi budaya Indonesia yang sesuai mandat Kongres Kebudayaan Indonesia 2018 lalu.

Beberapa tema yang diangkat antara lain Rempah, Ramuan, dan Naskah Kuno; Peranan Komunitas dalam Membangun Budaya Kreatif; Platform Pemajuan Kebudayaan di Tingkat Lokal; dan Dinamika Taman Budaya, Museum Daerah, dan Dewan Kesenian.

Beragam permainan tradisional juga dihadirkan dalam PKN 2019, antara lain gobak sodor, engrang, dan terompah panjang (bakiak).

“Permainan tradisional tersebut dikompetisikan secara nasional di PKN 2019 ini,” ujarnya.

Maryani juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Disparpora kabupaten Tanjab Barat yang telah membatu dalam keberangkatan mengikuti PKN 2019 di Jakarta.

Share :

Baca Juga

Nasional

Korem 042/Gapu Jambi Kirimkan 1.300 Botol Madu untuk Secapa AD

Nasional

Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Jatuh pada Hari Rabu atau Kamis?

Nasional

5 Provinsi Ini Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Nasional

Menpan RB Kembali Terbitan Surat Edaran Penyesuaian Sistem Kerja ASN

Nasional

Dewan Pers Desak DPR Agar Proses Legilasi RUU KUHP Dilakukan Terbuka dan Libatkan Semua Pemangku Kepentingan

Nasional

Soal Penangkapan Farid Okbah, Haedar : Jangan Sampai Kolam RI Keruh

Nasional

Terobos Mabes Polri, Polisi Tembak Mati Terduga Teroris

Nasional

KPK Tetapkan 3 Orang Tersangka Suap Bersama Bupati Musi Banyuasin