by

Komunikasikan Pengamanan Idul Adha, Polsek Tungkal Ulu Sambang Keliling

Kapolsek Tungkal Ulu IPTU Hermanto, SH Bersama Anggota Sambang Keliling di Kelurahan Pelabuhan Dagang, Kecamatan Tungkal Ulu, Selasa (29/8/17)

LINTASTUNGKAL.COM, TUNGKAL ULU – Polsek Tungkal Ulu melaksanakan sambang kesejumlah masjid dan tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda serta Pimpinan Objek Vital di Kelurahan Pelabuhan Dagang, Kecamatan Tungkal Ulu, Selasa (29/8/17).

Kapolsek Tungkal Ulu IPTU Hermanto, SH didampingi Ps. Kanit Provos AIPDA H. T. Munte dan Ps. Kanit Intelkam BRIPKA Irfan Yulianto, mengatakan sesuai perintah Kapolres Tanjabbar AKBP ADG Sinaga, S.IK, sambang dimaksudkan untuk mengkomunikasikan persiapan pelaksanaan Pengamanan Hari Raya Idul Adha 2017 yang diperkirakan jatuh pada tanggal 01 September 2017 atau 10 Dzulhijah 1438H di wilayah Polsek masing-masing.

Diterangkan Kapolsek, beberapa yang disambangi diantaranya Bapak ABU BAKAR, Sag Penyuluh Agama KUA Kecamatan Tungkal Ulu, diharapkan partisipasi aktifnya monitoring pelaksanaan Sholat Id serta pelaksanaan pemotongan hewan qurban. “Pihak KUA siap bersama polri melakukan hal tersebut,” ujar PTU Hermanto, SH, Selasa (29/8/17).

Kemudian, sekira pukul 09.30 Wib, Sambang di Posko Mahasiswa KKN Unja. “Kita mengajak mahasiswa yang  sedang KKN di Kelurahan Pelabuhan Dagang dapat membaur dengan masyarakat sekitar dan dapat membantu pada saat pendistribusian hewan Qurban,” sebut Hermanto.

Sekira pukul 10.00 Wib, dialog dengan Imam Masjid Al Ulya Kel. Pelabuhan dagang SAMSURIZAL, Ketua Pemuda Kel. Pelabuhan Dagang CHANDRA dan Ketua Adat Kel. Pelabuhan Dagang M. HATTA.

“Di Masjid Al Ulya akan melaksanakan Pemotongan Hewan Qurban pada Sabtu (02/9/) sebanyak 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Warga meminta bantuan pengamanan pihak Polsek saat pelaksanaan qurban,” lanjut Kapolsek.

Sementara di Masjid Nurul Islam Pelabuhan Dagang, diketahui dari Bapak Imam Gazali. Bahwa pemotongan hewan Qurban setelah Sholat Id (pagi Jumat).

“Untuk kegiatan pemotongan hewan Qurban, Polri siap membantu dan patroli ke kandang tempat hewan Qurban, sehingga giat preventif menghindarkan dari gangguan kamtibmas ataupun tindak pidana lainnya,” kata Hermanto.

Kepada para panitia Qurban agar senantiasa menjaga hewan Qurbannya di jaga dari tindakan pencurian, tambahnya.

Terkait kepastian listrik, sekira pukul 11.00 Wib, Kapolsek mengunjungi Kepala PLN Sub Ranting Pelabuhan Dagang Bapak KHOLIS. Dimana hasil pembicaraan, pihak PLN menyampaikan tidak ada Jadwal Pemadaman listrik menjelang hari Raya H-3 dan setelah hari Raya H+3 dan pihak PLN telah menyiapkan 9 orang karyawan bagian tekhnisi, apabila sewaktu-waktu ada gangguan non tekhnis di Lapangan.

Staff PDAM Kel. Pelabuhan Dagang, pak DENY, menjelaskan pada saat H-3 Hari Raya Idul Adha 1438 H dan seterusnya Air PDAM Kel. Pelabuhan Dagang akan tetap hidup seperti biasanya.

“Kita berharap setelah kita komunikasikan dengan seluruh stake holder yang ada selama perayaan lebaran idul adha di wilayah Polsek Tungkal Ulu berjalan aman dan kondusif, baik dari pelaksanaan solat Id hingga pelaksanaan ibadah Qurban,” ujar PTU Hermanto.

Editor : Tim Redaksi