by

KPU Tanjab Barat Kembalikan Berkas 12 Parpol Lolos Verifikasi

-Politik-183 KALI DIBACA

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Barat serahkan berkas berita acara hasil verifikasi terhadap perwakilan 12 partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 di Kantor Sekretariat KPU, Jum’at (02/02/18).

Berita acara yang diserahkan kepada perwakilan 12 parpol merupakan hasil pemeriksaan verifikasi KPU Tanjab Barat yang dilakukan selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 30 Januari 2018 s.d 01 Februari 2018.

Divisi Hukum KPU Tanjab Barat Ahmad Hadziq, S.Hi mengatakan bahwa verifikasi kelengkapan berkas aministrasi merupakan ketentuan yang harus ditaati sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Kemudian yang memenuhi syarat akan disampaikan ke masing-masing partai politik sesuai dengan aturan yang berlaku dalam Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2018.

“Hasil verifikasi KPU Tanjab Barat 12 Parpol telah dinyatakan MS. Hari ini hasil tersebut kita dikemalikan lagi kepada pengurus parpol bersangkutan,” terang Ahmad Hadziq.

Dijelaskannya Hadziq Putusan MK itu mewajibkan seluruh parpol melakukan verifikasi ulang. Parpol dinyatakan lolos jika memenuhi 4 unsur diantaranya Kepengurusan inti Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB), Keterwakilan Perempuan, Domisili Kantor dan Keanggotaan Parpol calon peserta pemilu 2019.

“Kemudian dari verifikasi saat ini bila masih ada yang kurang, maka diberikan waktu untuk perbaikan selama 3 hari kedepan mulai tanggal 3-5 Februari 2018,” tukasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan KPU Tanjab Barat 12 parpol yang telah diverifikasi itu diantaranya PDI-P, Partai Demokrat, Partai Gerindra, PAN, PKB, Partai Golkar, PKS, Partai NasDem, Partai PPP, Partai Bulan Bintang, Partai Perindo. Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Editor : Tim Redaksi