LIVETV
Danrem 042/Gapu Ikuti Rapat Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi oleh TNI Jajaran Kodam II/Sriwijaya Polisi Kembali Ciduk Pentolan Geng Motor Kota Jambi Kejari Tanjab Barat Tahan Bos PT Jasmine Indah 15 Link Twibbon Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 2 Orang Pelaku Narkoba Bersenpi Diciduk Polisi, 11 Paket Sabu Siap Edar Disita




Home / Pendidikan

Rabu, 21 November 2018 - 02:17 WIB

LPMP Jambi Beri Dukungan Program PINTAR Tanoto Foundation

FOTO : Kepala LPMP Provinsi Jambi, Dr. Abdul Kamil Marisi, M.Pd Membuka Acara Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran SD/MI dan SMP/MTs Mitra LPTK UNJA dan UIN STS di Gedung Diklat LPMP Jambi, Senin, (19/11/18)

FOTO : Kepala LPMP Provinsi Jambi, Dr. Abdul Kamil Marisi, M.Pd Membuka Acara Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran SD/MI dan SMP/MTs Mitra LPTK UNJA dan UIN STS di Gedung Diklat LPMP Jambi, Senin, (19/11/18)

LINTASTUNGKAL.COM, JAMBI – Cara pembelajaran seorang guru berdiri di depan kelas yang banyak berceramah atau melakukan komunikasi searah terhadap para siswa dinilai kurang bagus. Cara ini dinilai tidak mampu membuat siswa aktif. Sehingga cara tersebut perlu dikoreksi agar para guru lebih banyak melakukan pembelajaran aktif.

Adanya kondisi tersebut, Program PINTAR Tanoto Foundation memberikan pelatihan praktik baik pembelajaran guru SD/MI dan SMP/MTs sebagai mitra lembaga pendidik dan tenaga kependidikan (LPTK) Universitas Jambi (UNJA) dan UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS), mereka mendapat pembekalan model pembelajaran aktif dari fasilitator dosen ke dua kampus tersebut.

Pelatihan terhadap guru SD/MI dan SMP/MTs mitra LPTK dilaksanakan di Gedung Diklat Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jambi, Senin Rabu (19-21/11/2018) untuk gelombang pertama dan Kamis Sabtu (22-24/11/2018) untuk gelombang ke dua.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman praktis bagi guru SD/MI dan SMP/MTs sebagai mitra LPTK Universitas Jambi dan UIN Sulthan Thaha Saifuddin, saya mendukung penuh program PINTAR yang digulirkan oleh Tanoto Foundation, saya harap program ini bisa menyebar ke daerah yang belum mendapatkan intervensi program PINTAR,” kata Kepala LPMP Provinsi Jambi, Dr. Abdul Kamil Marisi, M.Pd kepada sejumlah media, usai membuka acara pelatihan praktik baik pembelajaran SD/MI dan SMP/MTs di gedung Diklat LPMP Jambi, Senin (19/11/2018).

“Untuk mendukung pembelajaran aktif, menurutnya ada dua hal yang harus dilakukan oleh guru, ”Guru harus peduli kepada siswa dengan memanfaatkan lingkungan belajar sebaik mungkin, salah satunya memanfaatkan suasana kelas yang nyaman bagi siswa, termasuk adanya tempelan hasil belajar siswa di ruang kelas, yang ke dua guru harus mampu merefleksi dirinya sendiri atau melalui KKG dan MGMP apa yang sudah diajarkan ke siswa, dengan membangun konstruksi berfikir seperti ini maka diharapkan guru mampu menghadirkan pembelajaran yang aktif bagi siswa,” tambahnya.

Lebih lanjut Dr. Abdul Kamil Marisi, M.Pd menjelaskan kegiatan pelatihan praktik baik ini hendaknya mampu disebarluaskan kepada sekolah lain, ”Best practice atau praktik baik seperti nama pelatihan ini hendaknya mampu diadopsi oleh sekolah atau madrasah lainnya yang belum mendapatkan pelatihan.

”Salah satu yang bisa menjadi praktik baik adalah program literasi, bagaimana literasi mengajarkan kita untuk membaca kehidupan. Dengan kemampuan literasi yang baik akan menempatkan pada peluang mana, sehingga siswa bisa sukses di masa yang akan datang,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Medi Yusva, Koordinator Program PINTAR Tanoto Foundation Provinsi Jambi, menekankan pentingnya guru untuk terus berinovasi, ”Melalui program PINTAR ini, guru diharapkan melakukan pembelajaran aktif dengan terus mengembangkan media-media pembelajaran yang dapat ditemukan di sekitar kelas, lingkungan sekolah maupun masyarakat sekitar,” kata Medi.

Selain itu tambahnya, program PINTAR ini mendorong agar sekolah memiliki program pembelajaran aktif dan budaya baca, ”Sebelum melatih guru, kami juga melatih kepala sekolah, dengan harapan guru dan kepala sekolah mempunyai pemikiran yang sama akan pentingnya pembelajaran aktif dan budaya baca, ketika kepala sekolah sudah dilatih, maka dia akan mendiskusikannya dengan para guru di sekolah mereka,” ujarnya.

Total peserta yang terlibat dalam kegiatan ini sekitar 110 orang guru SD/MI dan SMP/MTs mitra LPTK UNJA dan UIN STS. Sekolah mitra LPTK UNJA terdiri dari SDN 73/ IX Mendalo Barat Muaro Jambi, SDN 76/ IX Sungai Durem Muaro Jambi, SDN 211/IX Mendalo Darat Muaro Jambi, SDN 236/IX Aur Duri Muaro Jambi, SDN 47 Kota Jambi, SDN 131 Kota Jambi, SMPN 01 Muaro Jambi, SMPN 07 Muaro Jambi, SMPN 30 Muaro Jambi.

Sedangkan madrasah mitra UIN STS Jambi meliputi MI Al Mukhlisin, MI Al Muhajirin, MI Nurul Hikmah, MI Nurul Iman, MI Nurul Yaqin, MI Kurnia, MTsN 5 Kota Jambi, MTs 8 Pijoan Muaro Jambi, MTs Labor UIN STS Jambi.

Editor : Tim Redaksi

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Lawan Corona, SMPN 2 Kuala Tungkal Gunakan Beberapa Aplikasi Untuk Pembelajaran Daring

Covid-19

Dampak Covid-19 Guru di Jambi Saling Berbagi RPP Daring

Olahraga

Lima Pelajar SMPN 2 Kuala Tungkal Borong Juara Lomba Lari 10 K

Pendidikan

Pemkab Tanjab Barat Buka Pendaftaran Beasiswa Utusan Daerah Untuk 4 Perguruan Tinggi, Ini Persyaratannya

Pemerintahan

Tingkatkan Kualitas SDM Pemkab Tanjabbar Jalin Kerjasama PEM Akamigas Cepu

Pendidikan

Tingkat Kelulusan SMP di Tanjab Barat Mencapai 98,5 Persen

Advetorial

Tanjab Timur Unjuk Karya Keberhasilan Program PINTAR

Pendidikan

Dikbud Keluarkan Surat Mengenai Kegiatan BDR dan Kegiatan Akhir Semester, Begini Isinya