by

Panwaslu Tanjabbar dan Kwarcab Gerakan Pramuka Teken MoU Sukseskan Pemilu dan Pilpres 2019

-Advetorial, Pemilu-232 dilihat

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tanjab Barat melakukan kerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tanjab Barat

Kerjasama tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman MoU (Memorandum of Understanding) yang ditandatangai oleh Ketua Panwaslu Hadi Siswa, S.Pd.I dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tanjab Barat H. Wahidin. S.Pd, MM di Sekretariat Panwasli Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jalan Prof Dr Sri Soedewi MS, No 61 dan 63 Kuala Tungkal, Senin (26/02/18).

Ketua Panwaslu Tanjab Barat Hadi Siswa, mengatakan bahhwa Nota Kesepahaman tersebut menetapkan langkah-langhan strategis mencakup bidang Sosial Pengawasan dan Partisipatif Penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 mendatang secara damai, aman, jujur, adil dan demokratis demi suksesnya pemilu tersebut.

“Ruang lingkup dari nota kesepahaman ini meliputi Sosialisasi Pengawasan partisipatif pihak panwaslu kabupaten tanjung jabung barat akan merumuskan dan merencanakan berbagai sosialisasi pengawasan dan berbagai bentuk partisipasi aktif pramuka dalam pengawasan Pemilu 2019 medatang,” ungkap Hadi Siswa.

Sedangkan dari Pihak Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanjung Jabung Barat akan mendorong parsipasi aktif Pramuka Tanjung Jabung Barat dalam rangka Sosialisasi Pengawasan pemilihan dan pengawasan partisipatif pemilihan Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan wakil Presiden.

Hadi juga mengatakan, kenapa MoU dengan pramuka perlu dilakukan? Karena pramuka ada di seluruh pelosok ka Tanjab Barat.

“Pramuka kan dari segi organisasi kuat dan jaringanya luas ada di setiap kecamatan bahkan sekolah. Nah, dengan jaringannya yang kuat dan luas tersebut, kami yakin, Pramuka akan mampu membantu kami mengawasi jalannya pemilu baik dari masa kampanye sampai pada saat pencoblosan dan penghitungan suara. Insya Allah, dengan melibatkan Pramuka, kami (Panwaslu) mampu meminimalisir pelanggaran pemilu,” ujarnya.

Kemudian lanjut Hadi, jangka waktu Nota Kesepahaman ini berlaku sejak ditandatangani sampai dengan berakhirnya Pemilihan Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019

Hadir pada acara tersebut Anggota Panwaslu Dr. Mohd Yasin, SH.I, MH, Monrezi, S.Sos.I dan Kepala Sekretariat Panwaslu Zakaria, S.AP. Sedangkan dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Safaruddin, S.Pd, M.Pada, Kapusdiklat Cabang, Wakil Sekretaris Ariadi dan Staf Sekretariat.

Editor : Tim Redaksi