Parah, Kabut Asap di Pematang Lumut Betara Ganggu Aktivitas Warga

  • Whatsapp
FOTO : Dok. Foto Diambil Kamis, (12/09/19) pukul 17.00 WIB

BETARA – Kondisi sekitar Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, terdampat kabut asap terparah sejak kemarin hingga hari ini, Kamis (12/09/19). Diduga kabut asap tersebut akibat kebakaran hutan dan lahan di sekitar desa tersebut semakin pekat dan menyengat.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada tanggal 10 September 2019 pukul 11.30 WIB, kemarin melakukan pengukuran kualitas udara di Desa Pematang Lumut, hasilnya ISPU mencapai 214 Partikel Per Million (PPM) atau kualtas udara berada di level Sangat Tidak Sehat.

Baca Juga Berita Ini

Kondisi ini menganggu aktivitas warga setempat, tidak saja menganggu jarak pandang, kabut asap juga dikeluahkan warga menganggu pernapasan dan membuat mata perih.

“Kabut asap ini sangat mengganggu. Sudah satu dua hari ini kayak gini. Bernapas terasa sesak dan mata perih, aroma asap menyengat” kata warga setempat, Anand kepada lintastungkal.com, Kamis (12/09/19) petang.

Dia berharap, kebakaran hutan dan lahan bisa teratasi agar dampaknya tidak membahayakan masyarakat terserang ISPA.

Meski demikian sayangnya warga di desa tersebut belum banyak yang menggunakan masker ketika saat beraktivitas di luar rumah.

Editor : Tim Redaksi

Berita Terkait