LIVE TV
BOR di Kota Jambi Naik Hampir Capai 50 Persen KONI dan Pengurus Teakwondo Tanjab Timur Ucapkan Terima Kasih pada PetroChina Sekda Tanjabbar Minta Provinsi Terbitkan SOP Terkait Kewenangan Penanganan Covid-19 Bupati Tanjab Barat Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Tanjab Timur Turut Memajukan Cabor Taekwondo Tanjab Timur, PetroChina Bantu Peralatan Latihan

Home / Advetorial / Desa

Senin, 8 Oktober 2018 - 18:47 WIB

Pemkab Tanjab Barat Gelar Bursa Inovasi Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa

FOTO : Dokumentasi Peluncuran Program BID Kabupaten Tanjab Barat, Senin (08/10/18)

FOTO : Dokumentasi Peluncuran Program BID Kabupaten Tanjab Barat, Senin (08/10/18)

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Pemkab Tanjung Jabung Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sekses menggelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2018.

Kegiatar tersebut dibuka dan diresmikan oleh Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, Senin, (08/10/18).

Pada kesempatan ini, Bupati Tanjab Barat H. Safrial mengungkapkan bahwa hal yang mendasar dalam Rancang Bangun Program Inovasi Desa adalah Inovasi atau kebaruan dalam praktik Pembangunan dan Pertukaran Pengetahuan.

“Bursa Inovasi Desa bertujuan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa mengenai solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif,” kata Bupati.

Menurut Bupati Inovasi ini didapat dari realita atau hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan kegiatan Pembangunan yang didayagunakan sebagai pengetahuan untuk ditularkan secara meluas.

Selain itu, Safrial juga berharap dengan adanya program tersebut berbagai inovasi dan program tingkat desa bisa dimunculkan sehingga kemudian bisa berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA :  Sekda Tanjabbar Minta Provinsi Terbitkan SOP Terkait Kewenangan Penanganan Covid-19

“Sehingga Penyelenggaraan Inovasi Desa ini dapat memberikan Kontribusi Signifikan terhadap Investasi Desa dalam pemenuhan Kebutuhan Masyarakat serta diharapkan dapat menjawab kebutuhan desa-desa terhadap layanan teknis yang berkualitas, merangsang munculnya inovasi dalam praktik pembangunan dan solusi inovatif untuk menggunakan dana desa secara tepat, efektif dan efisien,” jelas Bupati H. Safrial.

Sementara Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanjab Barat H. Mulyadi, S.Pd, M.Kes mengatakan Penyelenggaraan Program BID ini bertujuan untuk memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif serta merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai Investasi dalam Peningkatan Produktivitas dan Kesejahteraan Masyarakat.

Penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2018 diisi dengan dibursakannya 120 kegiatan Inovasi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Desa. Sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2018 tentang Pedoman Umum Program Inovasi Desa.

BACA JUGA :  Persit KCK Koorcab Rem 042 Tanam Mangrove di Mendaha Tanjab Timur

Dari kegiatan ini diharapkan desa-desa di Kabupaten Tanjab Barat dapat merefplikakan salah satu atau beberapa kegiatan didesa masing-masing sesuai dengan keadaan dan potensi yang ada di desa.

“Sehingga Pelaksanaan inovasi desa dapat berjalan secara maksimal dalam mewujudkan Desa yang Maju, Adil, Makmur, Mandiri dan Sejahtera,” tutur H. Mulyadi.

Hadir dalam kegiatan ini,Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib, Kepala Dinas P3AP2 Provinsi Jambi, Ketua DPRD Tanjab Barat, Kapolres AKBP. ADG Sinaga, S.IK, Danramil 419-03/Tki, Staf ahli, para Asisten, Kepala OPD, Tenaga Ahli Pemberdayaan masyarakat dan pendamping desa, Tim Inovasi Kabupaten Program Inovasi Desa, para Camat dan seluruh Kepala Desa Se-Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Editor : Tim Redaksi

Share :

Baca Juga

Advetorial

Danrem 042/Gapu Canangkan Pembangunan ZI Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Advetorial

Bupati Safrial Lantik Yon Heri Sebagai Pj Sekda Tanjab Barat

Advetorial

Bersama Masyarakat, Bupati Tanjab Barat Sambut Malam Nisfu Sya’ban di Rumah Dinas

Advetorial

Safari Jumat ke Desa Pangkal Duri, Safrial Beri Bantuan Korban Kebakaran

Advetorial

Hadiri Puncak Peringatan Hari Kartini ke-142, Hairan Apresisi Kiprah Kaum Perempuan

Advetorial

Kapolda Jambi, Bupati dan Kapolres Tanjab Barat Deklarasikan Pemilu Damai Bersama Berbagai Elemen

Advetorial

Polres Tanjab Barat Resmi Canangkan Zona Integritas Menuju WBS dan WBBM

Advetorial

Kantor Unit Pelayanan Paspor (ULP) Muaro Jambi Resmi Beroperasi