•   LIVE
Resmikan Lapangan Tenis Pelindo II Telainai Pura, Al Haris Berharap Tumbuh Generasi Muda Petenis Jambi Bupati dan Ketua DPRD Merangin Bantu Warga Korban Kebakaran Hairan, Pemkab Targetkan 40 Hingga 50 % Masyarakat Sudah Divaksin Sebelum Pelaksanaan MTQ Diduga Keracunan di Tangki Bensin, 2 Orang Pria di Kuala Tungkal Meninggal Kejar KKB Pimpinan Lamek Taplo, TNI Pertebal Pasukan di Distrik Kiwirok

Home / Advetorial

Senin, 8 Oktober 2018 - 18:47 WIB

Pemkab Tanjab Barat Gelar Bursa Inovasi Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa

FOTO : Dokumentasi Peluncuran Program BID Kabupaten Tanjab Barat, Senin (08/10/18)

FOTO : Dokumentasi Peluncuran Program BID Kabupaten Tanjab Barat, Senin (08/10/18)

KUALA TUNGKAL – Pemkab Tanjung Jabung Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sekses menggelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2018.

Kegiatar tersebut dibuka dan diresmikan oleh Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, Senin, (08/10/18).

Pada kesempatan ini, Bupati Tanjab Barat H. Safrial mengungkapkan bahwa hal yang mendasar dalam Rancang Bangun Program Inovasi Desa adalah Inovasi atau kebaruan dalam praktik Pembangunan dan Pertukaran Pengetahuan.

“Bursa Inovasi Desa bertujuan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa mengenai solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif,” kata Bupati.

BACA JUGA :  Gubernur Jambi Apresiasi Danrem 042/Gapu Bangun Panti Asuhan

Menurut Bupati Inovasi ini didapat dari realita atau hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan kegiatan Pembangunan yang didayagunakan sebagai pengetahuan untuk ditularkan secara meluas.

Selain itu, Safrial juga berharap dengan adanya program tersebut berbagai inovasi dan program tingkat desa bisa dimunculkan sehingga kemudian bisa berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

“Sehingga Penyelenggaraan Inovasi Desa ini dapat memberikan Kontribusi Signifikan terhadap Investasi Desa dalam pemenuhan Kebutuhan Masyarakat serta diharapkan dapat menjawab kebutuhan desa-desa terhadap layanan teknis yang berkualitas, merangsang munculnya inovasi dalam praktik pembangunan dan solusi inovatif untuk menggunakan dana desa secara tepat, efektif dan efisien,” jelas Bupati H. Safrial.

BACA JUGA :  Resmikan Lapangan Tenis Pelindo II Telainai Pura, Al Haris Berharap Tumbuh Generasi Muda Petenis Jambi

Sementara Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanjab Barat H. Mulyadi, S.Pd, M.Kes mengatakan Penyelenggaraan Program BID ini bertujuan untuk memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif serta merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai Investasi dalam Peningkatan Produktivitas dan Kesejahteraan Masyarakat.

Penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2018 diisi dengan dibursakannya 120 kegiatan Inovasi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Desa. Sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2018 tentang Pedoman Umum Program Inovasi Desa.

Dari kegiatan ini diharapkan desa-desa di Kabupaten Tanjab Barat dapat merefplikakan salah satu atau beberapa kegiatan didesa masing-masing sesuai dengan keadaan dan potensi yang ada di desa.

BACA JUGA :  ASN Dikerahkan Jumsih di Kawasan WFC, Wabup : Agar Lebih Indah dan Tertata

“Sehingga Pelaksanaan inovasi desa dapat berjalan secara maksimal dalam mewujudkan Desa yang Maju, Adil, Makmur, Mandiri dan Sejahtera,” tutur H. Mulyadi.

Hadir dalam kegiatan ini,Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib, Kepala Dinas P3AP2 Provinsi Jambi, Ketua DPRD Tanjab Barat, Kapolres AKBP. ADG Sinaga, S.IK, Danramil 419-03/Tki, Staf ahli, para Asisten, Kepala OPD, Tenaga Ahli Pemberdayaan masyarakat dan pendamping desa, Tim Inovasi Kabupaten Program Inovasi Desa, para Camat dan seluruh Kepala Desa Se-Kabupaten Tanjung Jabung Barat.(*)

 

 

Share :

Baca Juga

Advetorial

Bupati Resmikan Penggunaan Kantor Camat Pengabuan Dari Program CSR

Advetorial

APBD Perubahan Kabupaten Tanjab Barat Diketok 1,214 Triliun

Advetorial

Wabup Amir Sakib Hadiri Upacara HUT Korps Brimob Ke 73

Advetorial

Bupati Tanjabbar Terima Penghargaan Tanda Jasa Bakti Koperasi dan UKM 2019

Advetorial

Dandim 0419/Tanjab Pimpin Kampanye Werving Caba PK TNI-AD 2020

Advetorial

Bupati Safrial Resmikan Destinasi Ekowisata Hutan Mangrove Pangkal Babu

Advetorial

Pastikan Patuh Prokes, Kapolres Bersama Kaposek Tungkal Ilir Tinjau Peserta Gema Membumi di Kelurahan Patunas 

Advetorial

Sukseskan Vaksinasi COVID-19, Polres Tanjabbar Luncurkan Pelampung Polri