YTUBE
Dalam 2 Pekan, Satnarkoba Polres Tanjab Timur Ungkap 3 Kasus Narkoba dengan 4 Tersangka PN Jambi Tolak Praperadilan Kasus BBM PT. Jambi Tulo Tiga Pemuda Kota Jambi Diamankan Polisi Atas Kepemilikan 1.925 Gram Ganja Siaga On Call, Personel Polres Tanjab Barat Sisir Delapan Titik Keramaian Tiga Pangkalan Gas Elpiji di Kuala Tungkal di Jaga Polisi

Home / Bisnis / Desa / Kuala Betara

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:19 WIB

Pengolah Kristal Jahe Sungai Gebar Barat Butuh Sertifikat Halal

FOTO : Sampel Kemasan Kristal Jahe Desa Sungai Gebar Barat

FOTO : Sampel Kemasan Kristal Jahe Desa Sungai Gebar Barat

LINTASTUNGKAL.COM, KUALA TUNGKAL – Produk Kristal Jahe “Nabila Krisja” rumah tangga yang diproduksi oleh ibu Rohayani, S.Pd di Desa Sungai Gebar Barat, Kecamatan Kuala Betara, Kabupaten Tanjab Barat cukup menjanjikan, namun sayangnya hingga saat ini usaha tersebut belum megantongi lebel atau sertifikat Halal dari LPPOM MUI.

Pasalnya, sertifikat halal wajib dimiliki bagi pelaku usaha UMKM atau Industri Kecil Menengah (IKM) makanan dan minuman. Hal itu sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang nomor 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Karena sertifikat halal merupakan salah satu lembar pengesahan yang mampu membuktikan kompetensi dan kualitas produk. Selain itu pemerintah memastikan wajib halal di 2019.

Untuk itu pihaknya melalui Camata Kuala Betara meminta bantuan Pemkab Tanjab Barat melalui instansi terkait untuk membantu memperoleh lebel halal atau sertifikat halal dari MUI tersebut.

“Dengan memiliki sertifikat halal agar produk kristal jahe di Sungai Gebar Barat memiliki nilai lebih dan dapat meningkatkan daya saing produk IKM,” ungkap Herry Putra Syam, SE, Camat Kuala Betara kepada lintastungkal kemarin.

Menurutnya jika perusahaan maupun IKM atau home industri yang memegang label halal LPPOM MUI tentu lebih memiliki keunggulan dibandingkan produk yang tidak mempunyai label halal.

“Dengan sertifikat halal ini mampu menghilangkan keragu-raguan masyarakat. Selain itu kepercayaan publik mengkonsumsi produk juga semakin meningkat,” ujarnya.

Terpisah Kepala Dinas KUKM Perindag Syafriwan, SE mengungkapkan pihaknya memberikan apresiasi kepada IKM Kristal Jahe untuk mendapatkan lebel halal MUI.

Pihaknya kata Syafriwan siap membantu untuk mendapatkan sertifikat lebel halal tersebut.

“Silahkan ke Bidang Industri perindag untuk dipersiapkan segala admiistrasinya,” kata Syafriwan.

Editor : Tim Redaksi

Share :

Baca Juga

Bisnis

Daftar Pilihan Kredit Mobil Syariah dan Cara Membayar Pajak Mobil

Kecamatan

Resmikan Penggunaan Kantor Camat Betara dan Dua Puskesmas, Bupati Safrial Minta Tingkatkan Pelayanan

Bisnis

Escape to the Caribbean for Stress-Free Holidays

Desa

Buka Sosialisasi Peraturan Daerah Lingkup Pemerintah Desa, Ini Pesan Sekda ke Kades

Bisnis

Bupati Anwar Sadat Tawarkan Peluang Investasi di Tanjab Barat ke Dato Desmond Lim

Desa

Rata-Rata Kades Petahana Ikut Bertarung Di Pilkades 56 Desa Oktober Mendatang

Berita

64 Bakal Calon Kades Di Tanjab Barat Jalani Tes Tertulis

Advetorial

Desa Tungkal I Juara Lomba P2WKSS Tingkat Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2019