LIVE
Eijkman Koreksi Dua Kasus Covid di Jambi Bukan Delta Plus Mengenal Varian Delta Plus yang Terdeteksi di Jambi Minimalisir Sebaran COVID-19, Danrem Gapu : Perlu Tekankan Tiga Hal Ini Danrem 042/Gapu Ikuti Rakor Strategi Penanganan Covid-19 Wilayah PPKM Level 4 Kota Jambi Hampir Saja Terjadi Kebakaran di Jalan Panglima Kuala Tungkal

Home / Nasional / Pilkada

Jumat, 5 Juni 2020 - 16:35 WIB

Pilkada Tetap Digelar Diujung Tahun 9 Desember

JAKARTA — Pemerintah menegaskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 tidak akan ditunda lagi.

Pilkada tetap akan dilaksanakan dujujung tahun ini pada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD saat melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ke Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Kamis (04/06/20).

Kunjungan kerja itu juga dimaksudkan untuk meninjau kemungkinan dilakukannya Pilkada serentak 2020.

“Pemerintah ingin memastikan Pilkada tidak akan bergeser dari 2020. Pilkada tetap akan diselenggarakan 9 Desember 2020,” kata Mahfud dalam keterangan persnya.

Pada kesempatan yang sama, Tito menuturkan belum ada jaminan kalau pandemi Covid-19)akan selesai pada 2021 sehingga tidak ada alasan jadwal pelaksanaan Pilkada harus dimundurkan. Apalagi Tito melihat dari berbagai negara juga tetap melangsungkan pemilu sesuai dengan jadwalnya.

BACA JUGA :  Soroti Penanganan COVID-19, Yusril : Salah Kebijakan Bisa Mati Massal

“Kalau lihat 60 negara di dunia semua on schedule, seperti Amerika, November tahun ini melaksanakan pemilu yang lebih besar dari kita. Semua on schedule, Jerman, Perancis juga melaksanakan,” ujarnya.

Anambas, wilayah yang menjadi lokasi kunjungan kerja dua menteri itu masuk ke dalam 270 daerah yang akan melaksanakan Pilkada.

Tito pun meminta kepada Bupatinya supaya anggaran Pilkada untuk KPUD dan Bawaslu daerah, termasuk untuk menambah protokol kesehatan, APD petugas lapangan dan masyarakat pemilih segera dicairkan, agak dapat segera dilaksanakan.

BACA JUGA :  Website Sekretariat Kabinet Diretas, Ini Pesan Ditampilkan Peretas

“Apalagi kita sudah melaksanakan tatanan baru, termasuk juga di politik terutama pilkada, karena 270 kepala daerah ini sudah ada batasnya harus diganti, kalau ditunda, maka akan ada PLT dan kewenangannya terbatas, karena mereka tidak dipilih oleh rakyat,” ungkapnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com. Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network. Tag Terkait Ragam Pilkada Pilkada Serentak 2020 Menkopolhukam Mahfud MD Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

 

 

**Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul : Mahfud MD: Pilkada Tetap Digelar 9 Desember

Share :

Baca Juga

Nasional

BKN Gelar Uji Kompetensi Inpassing JFK Berbasis Virtual

Nasional

Mendagri Tunjuk Sekda Jadi Plh Kepala Daerah

Advetorial

Wabup Amir Sakib Hadiri Apkasi Otonomi Expo 2019 di Jakarta

Pilkada

Iqbal Linus Dikabarkan Bakal Ikut Ramaikan Pilbup Tanjab Barat 2020

Nasional

Lansia dengan Komorbid Mesti Bawa Surat Keterangan Layak Vaksin

Nasional

Ketegangan di Laut China Selatan, Menhan Jangan Diam

Berita

Begini Cara Mengisi Data Sensus Penduduk Online

Advetorial

Sambut Pilkada 2020, Bawaslu Tanjabbar Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Kilas Balik Pemilu Tahun 2019