YTUBE
Bupati Anwar Sadat buka Peluang Singapura Berinvestasi di Sektor Hilirisasi Pertanian dan Perkebunan Puluhan Anggota Pemuda Pancasila Datangi Polda Jambi Pertanyakan 2 LP Dua ASN Tanjabbar Ikuti Short Course Gratis di Singapura, Bupati Ucapkan Terima Kasih Bupati Anwar Sadat Resmikan Gedung Rumah Iqra’ Husnul Khatimah Kampung Nelayan Kapolres Tanjab Barat Hadiri Upacara HUT TNI ke 77 di Kodim 0419/Tanjab

Home / Nasional / Pilkada

Jumat, 5 Juni 2020 - 16:35 WIB

Pilkada Tetap Digelar Diujung Tahun 9 Desember

JAKARTA — Pemerintah menegaskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 tidak akan ditunda lagi.

Pilkada tetap akan dilaksanakan dujujung tahun ini pada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD saat melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ke Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Kamis (04/06/20).

Kunjungan kerja itu juga dimaksudkan untuk meninjau kemungkinan dilakukannya Pilkada serentak 2020.

“Pemerintah ingin memastikan Pilkada tidak akan bergeser dari 2020. Pilkada tetap akan diselenggarakan 9 Desember 2020,” kata Mahfud dalam keterangan persnya.

Pada kesempatan yang sama, Tito menuturkan belum ada jaminan kalau pandemi Covid-19)akan selesai pada 2021 sehingga tidak ada alasan jadwal pelaksanaan Pilkada harus dimundurkan. Apalagi Tito melihat dari berbagai negara juga tetap melangsungkan pemilu sesuai dengan jadwalnya.

BACA JUGA :  Ketum LDII: Kolaborasi LDII dan TNI Menunjukkan TNI Selalu di Hati Rakyat Indonesia

“Kalau lihat 60 negara di dunia semua on schedule, seperti Amerika, November tahun ini melaksanakan pemilu yang lebih besar dari kita. Semua on schedule, Jerman, Perancis juga melaksanakan,” ujarnya.

Anambas, wilayah yang menjadi lokasi kunjungan kerja dua menteri itu masuk ke dalam 270 daerah yang akan melaksanakan Pilkada.

Tito pun meminta kepada Bupatinya supaya anggaran Pilkada untuk KPUD dan Bawaslu daerah, termasuk untuk menambah protokol kesehatan, APD petugas lapangan dan masyarakat pemilih segera dicairkan, agak dapat segera dilaksanakan.

BACA JUGA :  Masa Berlaku Paspor Disahkan Jadi 10 Tahun, Imigrasi Siapkan Petunjuk Teknis

“Apalagi kita sudah melaksanakan tatanan baru, termasuk juga di politik terutama pilkada, karena 270 kepala daerah ini sudah ada batasnya harus diganti, kalau ditunda, maka akan ada PLT dan kewenangannya terbatas, karena mereka tidak dipilih oleh rakyat,” ungkapnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com. Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network. Tag Terkait Ragam Pilkada Pilkada Serentak 2020 Menkopolhukam Mahfud MD Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

 

 

**Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul : Mahfud MD: Pilkada Tetap Digelar 9 Desember

Share :

Baca Juga

Nasional

Ini Tujuh Organisasi Pers yang Sah dan Diakui Dewan Pers

Pilkada

Petugas KPPS Positif Corona  Apakah Akan Diganti, Begini Penjelasan KPU

Pilkada

PSU, Haris-Sani Unggul di TPS 04 Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar

Nasional

Kontak Tembak TNI-Polri di Distrik Kiwirok Pegunungan Bintang 1 Anggota Polri Gugur

Nasional

Teng! Hari Ini Pencairan THR PNS Diumumkan

Nasional

Kapal Selam Singapura Temukan KRI Nanggala 402 Terbelah Tiga di Kedalaman 838 Meter

Pilkada

Hari Ini KPU Jambi Gelar PSU di 88 TPS

Nasional

Pengamat ; Harga Keekonomian BBM Subsidi yang Disampaikan Pemerintah Terlalu Tinggi