LIVE TV
Warga Parit Bilal Tangkap Buaya Sepanjang 2,5 Meter Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran, Wabup Temukan Banyak Absen ASN Bolong Bupati dan Pj Gubernur Tinjau Balai Adat dan Pos Pelayanan Ops Ketupat di Terminal Pembengis Wabup Hairan Dampingi Pj Gubernur Tinjau Pos Penyekatan Mudik Perbatasan Jambi-Riau di Batang Asam Danrem 042/Gapu Dampingi Pj Gubernur Tinjau Pos Penyekatan Jambi-Riau

Home / Nasional / Pilkada

Jumat, 5 Juni 2020 - 16:35 WIB

Pilkada Tetap Digelar Diujung Tahun 9 Desember

JAKARTA — Pemerintah menegaskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 tidak akan ditunda lagi.

Pilkada tetap akan dilaksanakan dujujung tahun ini pada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD saat melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ke Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Kamis (04/06/20).

Kunjungan kerja itu juga dimaksudkan untuk meninjau kemungkinan dilakukannya Pilkada serentak 2020.

“Pemerintah ingin memastikan Pilkada tidak akan bergeser dari 2020. Pilkada tetap akan diselenggarakan 9 Desember 2020,” kata Mahfud dalam keterangan persnya.

Pada kesempatan yang sama, Tito menuturkan belum ada jaminan kalau pandemi Covid-19)akan selesai pada 2021 sehingga tidak ada alasan jadwal pelaksanaan Pilkada harus dimundurkan. Apalagi Tito melihat dari berbagai negara juga tetap melangsungkan pemilu sesuai dengan jadwalnya.

BACA JUGA :  Segini Harga Vaksin Gotong Royong Lengkap per Orang

“Kalau lihat 60 negara di dunia semua on schedule, seperti Amerika, November tahun ini melaksanakan pemilu yang lebih besar dari kita. Semua on schedule, Jerman, Perancis juga melaksanakan,” ujarnya.

Anambas, wilayah yang menjadi lokasi kunjungan kerja dua menteri itu masuk ke dalam 270 daerah yang akan melaksanakan Pilkada.

Tito pun meminta kepada Bupatinya supaya anggaran Pilkada untuk KPUD dan Bawaslu daerah, termasuk untuk menambah protokol kesehatan, APD petugas lapangan dan masyarakat pemilih segera dicairkan, agak dapat segera dilaksanakan.

BACA JUGA :  Segini Harga Vaksin Gotong Royong Lengkap per Orang

“Apalagi kita sudah melaksanakan tatanan baru, termasuk juga di politik terutama pilkada, karena 270 kepala daerah ini sudah ada batasnya harus diganti, kalau ditunda, maka akan ada PLT dan kewenangannya terbatas, karena mereka tidak dipilih oleh rakyat,” ungkapnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com. Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network. Tag Terkait Ragam Pilkada Pilkada Serentak 2020 Menkopolhukam Mahfud MD Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

 

 

**Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul : Mahfud MD: Pilkada Tetap Digelar 9 Desember

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

KPU Tanjabbar Dedline Bacalaon Perbaiki dan Lengkapai Berkas Pendaftaran Hingga 16 September

Berita

Ini Surat Edaran Mendagri Nomor 025/4660/SJ Tentang Pakian Dinas Hitam

Tanjab Barat

1 Hari Menuju Pendaftaran Bapaslon, KPU Matangkan Persiapan

Berita

Bersiaplah, KPU Akan Buka Lowongan Petugas PPS dan KPPS Ribuan Orang

Pilkada

MK Telah Terima 21 Pengajuan Sengketa Pilkada 2020, Termasuk Jambi?

Nasional

Wadul, Kepala BKN  Bilang Mungkin Saja 10 Tahun ke Depan PNS Tak Lagi Dibutuhkan

Pilkada

CE-Ratu Pastikan Gugat Hasil Pilgub Jambi ke MK

Nasional

Terobos Mabes Polri, Polisi Tembak Mati Terduga Teroris